Perhutani Surakarta Bimbing 75 Mahasiswa UNS dalam Praktikum Pengelolaan Hutan

Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta membimbing 75 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo.

 Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta membimbing 75 mahasiswa Fakultas Pertanian UNS Solo di Petak 29i-2, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pulosari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonogiri, Sabtu (3/10/2022).(Istimewa)

SOLOPOS.COM - Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta membimbing 75 mahasiswa Fakultas Pertanian UNS Solo di Petak 29i-2, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pulosari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonogiri, Sabtu (3/10/2022).(Istimewa)

Solopos.com, SOLO — Perhutani Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Surakarta membimbing 75 mahasiswa Fakultas Pertanian Universitas Sebelas Maret (UNS) Solo di Petak 29i-2, Resort Pemangkuan Hutan (RPH) Pulosari, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Wonogiri, Kabupaten Wonogiri, Sabtu (3/10/2022).

Hadir dalam kegiatan tersebut, Asper/KBKPH Wonogiri, Satrio Budi Utomo beserta jajaran, Kepala Program Studi Pengelolaan Hutan Fakultas Pertanian UNS Solo, Prof. Dr. Supriyadi, M.P., dosen pengampu mata kuliah Pemanenan Hutan, Rissa Rahmadwiati, S.Hut., M.Sc., Ana Agustina, S.Hut., M.Si, dan 75 mahasiswa yang mengikuti praktikum.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

Tujuan kegiatan adalah melaksanakan praktikum pemanenan hutan yang merupakan mata kuliah wajib semester 5 mahasiswa Program Studi Pengelolaan Hutan UNS.

Mata kuliah Pemanenan Hutan mempelajari tentang rangkaian proses kegiatan pemanenan kayu mulai dari perencanaan pemanenan sampai dengan teknik pemanenan yang ramah lingkungan.

“Melalui kegiatan praktikum pemanenan hutan yang dilakukan di wilayah kerja KPH Surakarta, kami berharap mahasiswa dapat melihat dan memiliki pengalaman secara langsung bagaimana proses pemanenan kayu di lapangan dan mahasiswa dapat mengetahui teknik-teknik penebangan yang ramah lingkungan,” ujar ketua pembimbing praktikum Rissa Rahmadwiati, selaku dosen mata kuliah Pemanenan Hutan dalam rilis yang diterima Solopos.com, Kamis (6/10/2022).

Baca Juga : Secuil Cerita dari Mereka yang Memilih Seni Tradisi di Wonogiri

“Kami berharap agar kedepan kerja sama dapat terus terjalin untuk meningkatkan khasanah keilmuan di bidang pengelolaan hutan baik melalui kegiatan pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat,” imbuhnya.

Menyampaikan pesan Administratur KPH Surakarta, Asper/KBKPH Wonogiri Satrio Budi Utomo menjelaskan bahwa BKPH Wonogiri mempunyai luas kawasan hutan terbesar yaitu 19.000 hektare lebih atau hampir 60% luas wilayah Perhutani KPH Surakarta.

Dia berharap kegiatan praktikum yang dilaksanakan ini bisa menambah wawasan mahasiswa tentang pengelolaan hutan yang bertujuan untuk membekali mahasiswa dengan pengalaman kerja dalam lingkungan masyarakat serta bisa menambah wawasan mahasiswa tentang praktik Pengelolaan Hutan.

“Semoga praktikum dapat bermanfaat bagi mahasiswa terutama memperoleh pengalaman kerja di lapangan sesuai dengan bidang yang dipelajari,” ujarnya.

Baca Juga: Berikut Data Produksi Kopi Arabika dan Robusta di Wonogiri

Koordinator praktikum yang juga selaku Co. Asisten mata kuliah pemanenan hutan, Sukma Hari Prabowo mengucapkan terima kasih pada Perhutani yang telah memberikan kesempatan untuk melaksanakan praktik lapangan mahasiswa dalam kegiatan pemanenan di BKPH Wonogiri.

Menurutnya, pelaksanaan praktikum sangat menarik karena pihak Perhutani menjelaskan secara terperinci proses demi proses sehingga mahasiswa menjadi paham dengan alur pemanenan hasil hutan kayu terutama di Perhutani.

“Kami banyak mendapatkan hal baru yang mungkin hal itu tidak didapatkan pada masa perkuliahan. Kegiatan ini juga sangat menyenangkan dan menambah wawasan terkait TPK, LMDH, persemaian dan pemanenan getah pinus,” ujar Sukma Hari Prabowo.

“Penjelasan dari pihak perhutani pun sangat jelas dan mudah dipahami meski kita di lapangan hanya sehari, namun kedepannya kami akan menerapkan ilmu yang didapat,” imbuhnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Layani Aduan Masyarakat, Polres Sukoharjo Berikan Pos Polisi Keliling

      Pos polisi keliling tersebut melayani aduan masyarakat seperti kehilangan barang, seperti kartu keluarga (KK), ATM, KTP, dan sebagainya.

      Daftar Agenda Donor Darah PMI Wonogiri Sepanjang Desember 2022

      PMI Wonogiri membuka pelayanan bagi warga yang ingin melakukan donor darah.

      Tak Hanya CFD, Sederet Agenda Tetap Jalan Meski Ada Pernikahan Kaesang di Solo

      Sejumlah agenda rutin maupun insidental tetap berlangsung meski ada acara tasyakuran pernikahan Kaesang Pangarep dengan Erina Gudono di Solo, Minggu (11/12/2022).

      Solopos Hari Ini: Siaran Analog Berhenti, STB Dicari

      Penghentian siaran televisi bersistem analog di wilayah Soloraya membuat set top box (STB) diburu.

      Beli Rp10.000 Dapat 1 Paket Sembako di Pasar Murah Sragen

      Program pasar murah dan kegiatan padat karya tersebut sengaja digelar Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Sragen sebagai amanat Peraturan Menteri Keuangan (PMK) untuk antisipasi dampak inflasi akibat kenaikan harga bahan bakar minyak (BBM).

      Wali Kota Gibran Pastikan Tak Libatkan Seniman Ibu Kota untuk Nikahan Kaesang

      Gibran mengklaim semua seniman Solo mulai, antara lain, musik dan tari-tarian ada. Informasi lengkap tentang panggung hiburan akan dilakukan dengan jumpa pers pekan ini.

      Stok Darah PMI Karanganyar Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Karanganyar hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak pada artikel ini.

      Stok Darah PMI Sragen Hari Ini 5 Desember 2022

      Informasi mengenai stok darah di PMI Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa disimak di sini.

      Keluarga Presiden Bagikan Makanan bagi Penonton Kirab Nikah Kaesang di CFD Solo

      Keluarga Presiden Jokowi akan membagikan makanan dan suvenir saat kirab pernikahan Kaesang-Erina.

      Pilkades Antarwaktu di 2 Desa di Bulu Sukoharjo Kondusif, Ini Hasilnya

      Kepala Bidang (Kabid) Pemerintahan Desa Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD) Sukoharjo Sigit Nugroho mengatakan pada 2022 pemilihan Kades Pengganti Antarwaktu telah digelar selama tiga kali.

      Inilah 15 Lokasi Parkir Mobil Tamu Undangan Pernikahan Kaesang-Erina di Solo

      Panitia menyiapkan 15 kantong parkir mobil tamu undangan saat pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Ratusan Kamera CCTV Solo Smart City Awasi Potensi Gangguan Saat Nikahan Kaesang

      Petugas keamanan akan dibantu ratusan kamera CCTV Solo Smart City untuk mendukung pengamanan pelaksanaan pernikahan Kaesang-Erina di Solo.

      Kisah Pendiri Sardi Elektro di Boyolali, Penyandang Disabilitas Daksa Mandiri

      Penyandang disabilitas daksa di Boyolali, Sardi, berhasil mengajak para penyandang difabel untuk berkarya di bidang servis elektro.

      Prakiraan Cuaca Wonogiri Hari Senin Ini: Hujan Lebat Siang

      Prakiraan cuaca Wonogiri hari ini Senin 5 Desember 2022 tersaji dalam artikel ini secara lengkap.

      Prakiraan Cuaca Sragen Hari Ini 5 Desember 2022, Hujan Petir

      Informasi mengenai prakiraan cuaca Sragen hari ini, Senin (5/12/2022), bisa Anda baca pada artikel ini.