Tutup Iklan

Perhutani Pasang Portal Gegara Viral Motor Serbu Bukit Mongkrang Karanganyar

Perum Perhutani KPH Surakarta akan memasang portal batas wilayah Jawa Tengah dengan Jawa Timur di Bukit Mongkrang, Karanganyar.

 Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menanam bibit pohon di Bukit Mongkrang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Rabu (12/2/2020). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

SOLOPOS.COM - Gubernur Jateng, Ganjar Pranowo, menanam bibit pohon di Bukit Mongkrang, Kecamatan Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jateng, Rabu (12/2/2020). (Solopos-Sri Sumi Handayani)

Solopos.com, KARANGANYAR — Perum Perhutani KPH Surakarta akan memasang portal batas wilayah Jawa Tengah dengan Jawa Timur di Bukit Mongkrang, Karanganyar setelah viral motor menyerbu bukit tersebut.

Diberitakan sebelumnya, ada pengendara sepeda motor yang naik hingga puncak bukit tersebut. Hasil penelusuran sejumlah pihak terkait menyebutkan pengendara sepeda motor itu naik Bukit Mongkrang dari wilayah Jawa Timur.

Administratur Muda Perum Perhutani KPH Surakarta, Sugi Purwanta, menuturkan setiap orang berusaha memanfaatkan hutan Gunung Lawu dengan benar sesuai kebutuhan masing-masing. Untuk itu, semua tindakan pemanfaatan yang berpotensi menyimpang dari kebutuhan akan ditindak.

Bupati Sragen Evaluasi Pembelajaran Tatap Muka Setelah 1 Pekan

“Kalau semua bentuk pemanfaatan hutan, apapun bentuknya harus ada legalitas. Kemarin sempat viral di media, ada jip [di Ngargoyoso] dan motor di Bukit Mongkrang. Itu langsung dicek ke lapangan dan komunikasi dengan stakeholders. Ternyata setelah dicek, itu naik dari wilayah Jawa Timur,” kata Sugi saat berbincang dengan wartawan di kompleks Bukit Sakura Lawu, Kecamatan Tawangmangu, Senin (31/8/2020).

Sugi menambahkan menindaklanjuti hal itu, Perum Perhutani KPH Surakarta akan membuat portal di wilayah perbatasan Jawa Timur dan Jawa Tengah. Dia juga mengancam siapa pun yang berani melompati portal itu menuju Bukit Mongkrang secara ilegal.

Cara Bikin Hidung Mancung Secara Alami Tanpa Oplas, Nomor 3 Yakin Bisa?

Lompati Portal Bakal Dilaporkan Polisi

“Kalau ada yang mau naik, lompat portal. Kalau lompat, kami tangkap. Kami serahkan ke Polres Karanganyar. Secara hukum artinya kami tidak main-main. Menjaga hutan. Semua ada tugas masing-masing. Kami bersinergi untuk mengamankan dan melestarikan hutan di Kabupaten Karanganyar,” tegas dia.

Asisten Perhutani (Asper) BKPH Lawu Utara Perum Perhutani KPH Surakarta, Widodo, menyampaikan pengawasan pemanfaatan hutan di Gunung Lawu melibatkan seluruh pihak karena Perhutani tidak bisa bekerja sendiri.

Ngeyel Tak Pakai Masker, 3.500 Orang di Jateng Terjaring Razia, Apa Sanksinya?

Widodo menyebut pihak-pihak itu dengan stakeholders, mereka merupakan masyarakat sekitar, TNI/Polri, dan sukarelawan. Mereka termasuk ikut mengawasi jika ada pihak lain yang nekat melanggar portal dan naik ke Bukit Mongkrang.

“Biasanya saya akan dapat laporan. Langsung saya lakukan [tindak lanjuti]. Hutan yang saya awasi 5.000-an hektare. Dengan sekian personel. Keterbatasan personel kalau tanpa bantuan masyarakat ya tidak akan bisa. Karena hutan kan tidak dipagari,” terang dia.


Berita Terkait

Berita Terkini

Seleksi Duta Antikorupsi, Puluhan Pelajar Klaten Bikin Makalah Soal Ini

Seleksi terhadap puluhan pelajar kali ini merupakan rangkaian pemilihan duta pelajar antikorupsi yang diselenggarakan IPPK Klaten dan Exclusive Kingdom Klaten.

BMKG: Hujan Disertai Petir dan Angin Kencang Berpotensi Landa Jateng

BMKG juga memprakirakan hujan dengan intensitas sedang hingga lebat turun di sebagian besar wilayah Indonesia pada Sabtu.

Geger Pria Asal Bekasi Ditemukan Meninggal Dunia di Masjid Laweyan Solo

Pihak kepolisian menyatakan berdasarkan dugaan sementara, almarhum Sukirman meninggal karena sakit.

Minat Baca Memuaskan, Solo Butuh Rumah Baca Berbasis RW

Hasil survei Disarpus Kota Solo menunjukkan indeks minat baca dan indeks kegemaran membaca warga Kota Solo 74,54 dan 79,37.

Solo Optimalkan Medsos untuk Promosi Wisata

Promosi pariwisata Solo berbasis sosial media akan dilakukan dengan melibatkan seluruh stakeholder pariwisata.

Kini, Jajan Jenang dan Gorengan Lebih Mudah dengan Bank Digital

Pemkot Solo mendorong digitalisasi Pasar Tradisional sebagai upaya mendorong pemulihan ekonomi di masa pandemi.

Sejarah Pola Situasional dalam Suksesi KGPAA Mangkunagoro Solo

Penerus kepemimpinan di Pura Mangkunegaran bisa berasal dari putra Mangkunagoro sebelumnya, atau keponakan, dan adik.

Kebun Raya Indrokilo Boyolali Jadi Habitat Pelestarian Flora-Fauna

Kebun Raya Indrokilo bisa menjadi habitat atau pusat perlindungan dan pelestarian flora dan fauna di daerah.

Minim, Capaian Pajak Pengangkutan Galian C di Klaten

Bupati Klaten, Sri Mulyani, mengatakan hingga pertengahan November 2021, nilai pajak yang diterima baru sekitar Rp584 juta.

Kisah Guru Honorer Ikut Tes PPPK, Ada yang Lega Ada yang Masih Berjuang

Krisnowati memilih tak banyak mengeluh dan tetap menekuni profesinya sebagai guru meski berstatus sebagai tenaga honorer selama belasan tahun terakhir.

Ratusan Honorer Non K2 Masih Harus Berjuang agar Lolos PPPK

Ketua Forum Honorer Non Kategori 2 (K2) Klaten, Slamet Riyadi, memperkirakan masih banyak honorer non K2 yang tidak lolos tes PPPK.

Ribuan Guru dan Pegawai  Honorer Klaten Diguyur Rp15 Miliar

Para penerima merupakan guru dan pegawai honorer yang masuk dalam Data Pokok Pendidikan (Dapodik) Kemendikbud.

Pasoepati Ganti Pot Jalan Solo-Jogja, Kapolsek Ceper: Jangan Terulang

Polisi berharap kejadian perusakan pot bunga serupa tak terulang di waktu mendatang.

Rudy Adiyanto, Guru Matematika Tapi Seperti Intel

Heri yang kini dikenal sebagai sejarawan muda Kota Solo mengaku sering berurusan dengan Rudy karena ulah nakalnya.

Liburan Gitu-Gitu Aja? Berkebun ke Nava Hotel Tawangmangu Yuk!

Nava Hotel di Tawangmangu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah menawarkan sensasi berkebun sampai menanam sayur langsung untuk para tamu.

Diusulkan 2019, Wacana Perda Produk Halal Terpental di DPRD Solo

Usulan FPKS soal Perda produk halal mental di pembahasan Bapemperda lantaran tidak mendapat dukungan dari fraksi lainnya.