Perhutani Kenalkan Penghijauan Sejak Dini kepada 30 Siswa TK

Sekitar 30 siswa mengikuti penanaman pohon di seputaran Embung Pincil, Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021).

 Para pegawai Perhutani bersama anak-anak TK Tunas Rimba Tangen bersama-sama menanam pohon di hutan petak 12A, RPH Tangen, tepatnya dekat Embung Pincil, Desa Ngrombo, Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021). (Istimewa/KPH Perhutani Solo)

SOLOPOS.COM - Para pegawai Perhutani bersama anak-anak TK Tunas Rimba Tangen bersama-sama menanam pohon di hutan petak 12A, RPH Tangen, tepatnya dekat Embung Pincil, Desa Ngrombo, Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021). (Istimewa/KPH Perhutani Solo)

Solopos.com, SRAGEN – Kesatuan Pemangkuan Hutan (KPH) Solo bersama Ikatan Istri Karyawan Perhutani (IIKP) Cabang Solo, Yayasan Taruna Rimba Perhutani (YTRP) Solo, dan TK Tunas Rimba mengajarkan dan mengenalkan penghijauan sejak dini kepada 30 orang siswa TK Tunas Rimba. Penanaman pohon tersebut dilaksanakan di seputaran Embung Pincil, Desa Ngrombo, Kecamatan Tangen, Sragen, Jumat (3/12/2021).

Lokasi penanaman pohon tersebut di petak 12A, Resort Pembangkuan Hutan (RPH) Tangen, Bagian Kesatuan Pemangkuan Hutan (BKPH) Tangen, Sragen. Penanaman pohon itu diikuti Administratur KPH Solo Hengki Herwanto, Kepala Seksi SDM dan Umum Sugiarto, Asper BKPH Tangen Sunarto beserta jajaran, Ketua Lembaga Masyarakat Desa (LMDH) Sidodadi Tenan Samiyono, perwakilan Balai Besar Wilayah Sungai Bengawan Solo Tri Bowo, pengurus IIKP dan YTRP Cabang Solo Rahayu Suciwati Sugiarto dan Kepala TK Tunas Rimba Sri Nujulukitaningrum serta siswa TK Tunas Rimba Tangen.

Baca Juga: Lakukan Aksi Penanaman Pohon di Area Pabrik, Semen Gresik Komitmen Terapkan Prinsip Industri Hijau

Dalam rilis yang diterima Solopos.com, Sabtu (4/12/2021), kegiatan tersebut dilaksanakan dalam rangka menyukseskan Hari Menanam Pohon Indonesia (HMPI) dan mengenalkan penanaman pohon kepada siswa TK secara dini. Jenis bibit pohon yang ditanam meliputi jati, kesambi, dan buah-buahan.

Administratur KPH Solo Hengki Herwanto dalam sambutannya menjelaskan selain memperingati HMPI, Perhutani juga mempunyai program penanaman yang diselenggarakan tiap tahun.

Dia melanjutkan kawasan hutan ini kondisinya sedikit gundul sehingga perlu dilakukan penanaman yang bertujuan untuk memulihkan dan menjadikan kawasan ini menjadi hutan kembali dan memberi perlindungan sumber daya lingkungan.

Baca Juga: Kayu Manis Perhutani Temanggung Jadi Incaran Maling

Pengurus IIK Perhutani dan YTRP Cabang Solo, Rahayu Suciwati Sugiarto, bersyukur pada kegiatan berjalan lancar dan berterima kasih atas antusias guru dan wali murid TK Tunas Rimba yang mengikuti penanaman. Dia berharap kegiatan ini bisa membawa berkah untuk memanfaatkan hutan daerah sekitar embung.

“Semoga pohon yang ditanam bisa tumbuh besar sehingga dapat berfungsi untuk menjaga mata air dan bermanfaat untuk masyarakat,” ujarnya.

Kepala TK Tunas Rimba Sri Nujulukitaningrum mengatakan kegiatan ini mengusung tema mengenalkan pentingnya pohon atau tanaman kepada anak-anak untuk lingkungan. Nantinya pohon itu akan tumbuh guna menambah sirkulasi oksigen, mencegah banjir dan menjaga mata air. Dengan kegiatan ini, kata dia, anak-anak akan mengerti tentang menjaga kelestarian lingkungan di sekitar.

Baca Juga: Bahan Baku Menipis, Perajin Gerabah Melikan Inginkan Lahan Perhutani

Ketua LMDH Sidodadi Tenan Samiyono merasa bangga dalam kegiatan yang melibatkan anak-anak TK Tunas Rimba karena bisa mengenalkan fungsi dan jenis pohon yang ditanam. Ke depannya diharapkan mereka dapat menanam secara mandiri untuk mewujudkan hutan yang hijau dan lestari.

Berita Terkait

Espos Plus

Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

+ PLUS Jaksa Ajukan Banding, Jurnalis Tempo Masih Dilindungi LPSK

Jurnalis Tempo di Kota Surabaya, Jawa Timur, Nurhadi, hingga kini masih dalam perlindungan Lembaga Perlindungan Saksi dan Korban (LPSK). Jaksa penuntut umum mengajukan banding atas vonis terhadap dua polisi penganiaya Nurhadi.

Berita Terkini

Penyebab Truk Ngglondor Hantam Kontainer di Tanjakan Keboan Boyolali

Evakuasi truk yang terlibat kecelakaan sempat mengalami kendala karena barang bawaan truk tronton tidak mudah dievakuasi dan terkendala cuaca.

Komunitas Isuzu Panther Soloraya Jadi Duta Wisata Karanganyar

Komunitas Isuzu Panther Soloraya menjadi duta wisata yang membantu mempromosikan tempat-tempat pariwisata Karanganyar.

Atit Novitasari Berpulang, Klaten Kehilangan 16 Kades Aktif

Sebelum kades Glagahwangi, Atit Novitasari, meninggal dunia, jumlah kades aktif yang meninggal dunia telah mencapai 15 orang.

Gibran Dilaporkan ke KPK, Legislator DPRD Solo: Laporkan Balik

Wakil Ketua DPRD Solo Taufiqurrahman menilai perlu untuk Gibran dan Kaesang yang telah dilaporkan ke KPK untuk melaporkan balik si pelapor.

Sampah Kayu di Kali Buntung Sukoharjo Bersih Usai Dikeruk Alat Berat

Proses pengerukan sampah kayu di Jembatan Cendini selama sekitar tiga jam dan akhirnya aliran air Kali Buntung kembali lancar.

Kabar Duka, Kades Glagahwangi Klaten Berpulang pada Usia 41 Tahun

Kades Glagahwangi, Polanharjo, Klaten, Atit Novitasari, meninggal dunia di RSUP dr. Sardjito Yogyakarta, Selasa (18/1/2022) pukul 09.00 WIB.

Soal Bank Sampah di Tiap RW untuk Papi Sarimah, DLH Solo: Dikaji Dulu!

Dinas Lingkungan Hidup atau DLH Solo menyatakan perlu dikaji dulu soal usulan satu bank sampah di tiap RW untuk mendukung program Papi Sarimah.

Ketimpangan Pengeluaran dan Pengaruh Buta Huruf Terhadap Kemiskinan

Angka ketimpangan pengeluaran dan rasio angka buta huruf dan pengaruhnya terhadap kemiskinan.

Ternyata Ada Jembatan Amien Rais di Klaten, Ini Lokasinya

Jembatan itu kerap disebut dengan nama Jembatan Amien Rais lantaran pengecoran jembatan dilakukan warga memanfaatkan gelontoran bantuan dari tim Amien Rais kala menjadi capres pada Pilpres 2004.

Overpass DI Pandjaitan Diharap Kelar Sebelum Rel Layang Joglo Dimulai

Dishub Solo berharap pengerjaan peninggian overpass di Jl DI Pandjaitan, Ngemplak, Banjarsari, bisa selesai sebelum rel layang Joglo dan perbaikan viaduk Gilingan dimulai.

Kejari Karanganyar Tuntut 2 Pelaku Kekerasan Seksual Bayar Ganti Rugi

Kejari Karanganyar tahun ini menuntut dua terdakwa kasus kekerasan seksual dengan membayar ganti rugi (restitusi) kepada korban selain menuntut hukuman penjara dan denda.

Jembatan Kereta Zaman Belanda di Klaten Kini Jadi Penghubung 2 Desa

Jembatan penghubung antara Desa Mranggen dengan Desa Blimbing merupakan bekas jalur kereta pengangkut tebu pada era kolonial Belanda.

PT Swasta Tak Bisa Lagi Digandeng Jadi Penguji Seleksi Perdes di Sragen

Bupati Sragen Kusdinar Untung Yuni Sukowati ingin ke depan seleksi perangkat desa (perdes) hanya bekerja sama dengan peguruan tinggi negeri dan Badan Kepegawaian Negara (BKN) si Jogja.

Polemik Pasar Mebel Gilingan Solo, Gibran Siap Ajak Ngobrol Pedagang

Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka memastikan siap berdialog dengan pedagang Pasar Mebel Gilingan terkait rencana pembangunan sentra IKM.

Laris Banget, Warung Sate di Sragen Ini Habiskan 55-60 Kelinci/Hari

Warung sate kelinci Pak Peng di Jl. Maospati-Solo, Lemah Abang, Sambungmacan, Sragen ramai dikunjungi pembeli. Putra Presiden Jokowi, Kaesang Pangarep, pernah makan sate di sini.