Perhatikan! Ini 6 Tanda Imun Tubuh Menurun
Ilustrasi orang sakit. (Freepik)

Solopos.com, SOLO – Sistem imun adalah tameng untuk melindungi tubuh dari serangan berbagai virus dan penyakit. Daya tahan tubuh tidak datang dengan sendirinya, harus dibangun dengan makanan dan gaya hidup sehat.

Apakah Anda sering merasa mudah lelah dan sakit? Hati-hati karena itu menjadi pertanda imun menurun. Dikutip dari Detik.com, berikut tanda daya tahan tubuh melemah:

Gampang Stres

Menurut laporan America Psychological Association, stres yang berlebihan dan berjangka panjang bisa melemahkan respons imun tubuh. Jika itu terjadi, bisa membuat kamu rentan terinfeksi virus.

"Itu karena stres bisa menurunkan limfosit atau sel darah putih yang membantu tubuh untuk melawan infeksi. Jika tingkat limfosit semakin rendah, kamu bisa berisiko terkena virus seperti flu biasa," jelas salah satu dokter di Delancey Internal Medicine, Dr Nadia Hasan, DO.

Lagi Mabuk, Geng Eker Komplotan Begal Sadis di Kendal Ditangkap Polisi

Sering sakit

Sangat normal jika seseorang sakit pilek tiga kali dalam satu tahun. Sebagian besar orang terkena pilek akan sembuh dalam 7-10 hari.

"Daya tahan tubuh membutuhkan waktu 3-4 hari untuk bisa mengembangkan antibodi dan melawan virus yang mengganggu," kata Dr Hasan.

Tetapi, jika pilek tidak sembuh juga dan sering kambuh, bisa jadi itu menandakan imun tubuh sedang berjuang mengimbanginya.

Banyak yang Tak Tahu! 5 Artis Cantik Ini Ternyata Punya Suami Polisi 

Diare atau sembelit

Jika kamu sering mengalami diare atau sembelit, bisa jadi sistem imun tubuh terganggu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa hampir 70 persen sistem kekebalan tubuh berada di saluran pencernaan.

Bakteri mikroorganisme menguntungkan yang hidup di sana melindungi usus kamu dari berbagai infeksi dan mendukung daya tahan tubuh.

Jika jumlah bakteri baik di usus bisa membuat kamu berisiko terinfeksi virus, mengalami peradangan kronis, dan gangguan autoimun.

Mimpi Ketemu Tuhan, Adjie Notonegoro Mantap Pindah Agama

Luka Sulit Sembuh

Kulit merupakan bagian tubuh yang paling rentan terluka, terbakar, terpotong, dan tergores. Jika kulit terluka, proses penyembuhannya bergantung pada imun tubuh.

Saat daya tahan tubuh menurun, kulit tidak bisa beregenerasi. Hal ini menyebabkan luka-luka yang ada di kulit membutuhkan waktu lama untuk sembuh.

Inilah Wujud Ular Bandotan yang Gigit Tangan Warga Sumberlawang Sragen hingga Melepuh & Menghitam

Kelelahan

Kelelahan sepanjang hari meski sudah cukup tidur bisa menjadi tanda imun tubuh sedang lemah. Dr Hasan menyarankan untuk menghemat energi agar imunitas tubuh bisa bekerja lebih untuk melawan virus yang masuk.

Adapun cara meningkatkan daya tahan tubuh adalah mengonsumsi makanan yang seimbang, cukup istirahat, olahraga teratur, menjaga berat badan, menerapkan pola hidup sehat, serta menjaga pikiran tetap positif. (Siti Umairoh/JIBI/Solopos.com)



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya




Kolom