SOLOPOS.COM - Kamera ETLE dengan dua lampu flash terpasang di dekat lampu traffic light di atas simpang empat Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen, Senin (5/6/2023). (Solopos.com/Tri Rahayu)

Solopos.com, SRAGEN — Bagi pengendara kendaraan bermotor wajib mematuhi aturan lalu lintas. Tidak adanya polisi bukan berarti tak diawasi. Kini ada kamera CCTV yang akan mengawasi para pengendara kendaraan bermotor di Kabupaten Sragen.

Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polres Sragen memasang kamera di sembilan lokasi dari Grompol di Masaran, Sidoharjo, Sragen, Ngrampal hingga perbatasan Jawa Tengah (Jateng)-Jawa Timur (Jatim), tepatnya di Sambungmacan. Dua kamera di antaranya digunakan untuk electronic traffic law enforcement (ETLE) atau tilang elektronik.

Promosi Pegadaian Buka Lowongan Pekerjaan Khusus IT, Cek Kualifikasinya

Kapolres Sragen, AKBP Piter Yanottama, melalui Baur Tilang Satlantas, Aiptu Lilik Jatmiko, mengatakan dengan menggunakan dua kamera ETLE, pelanggaran lalu lintas bisa dipantau dari dan langsung dikenakan tilang. Dua kamera ETLE itu berada di simpang empat Alun-alun Sasana Langen Putra Sragen dan di timur simpang empat Pilangsari, Kecamatan Ngrampal.

“Dua kamera ETLE itu hibah dari Korlantas Mabes Polri. Ada empat daerah yang mendapatkan hibah ETLE dan perangkat kerasnya, di antaranya Sragen, Karanganyar, dan Salatiga. Kamera itu sudah aktif tinggal jaringannya yang belum siap. Kami juga mendapat hibah layar LED besar untuk pemantauan. Kebutuhan sumber daya manusia (SDM) juga sudah dilatih di Jakarta,” jelasnya.

Begitu barang hibah itu diserahterimakan, Jatmiko menegaskan kamera ETLE sudah bisa jalan. Ada tiga SDM yang disiapkan dan dilatih selama sepekan di Jakarta. Dia menerangkan kamera ETLE itu sudah terkoneksi dengan traffic management center (TMC) di Satlantas Polres Sragen.

“Kamera itu memiliki kapasitas tinggi dan bisa memotret dengan kualitas gambar yang jelas pada objek yang jauh. Orang naik mobil tidak pakai sabuk pun kelihatan, termasuk pelat nomornya,” katanya.

Jatmiko menerangkan selain dua kamera ETLE, Satlantas juga memiliki kamera untuk mendeteksi kecepatan sekaligus  menghitung jumlah kendaraan yang lewat. Dua kamera untuk menghitung keluar masuk kendaraan itu ditempatkan di Grompol, Masaran dan Sambungmacan, sedangkan speed camera dipasang di wilayah Masaran.

Berikut daftar 9 lokasi pantauan lalu lintas Satlantas Polres Sragen

  1. Persimpangan Grompol Masaran
  2. Persimpangan Pungkruk Sidoharjo
  3. Persimpangan Gambiran, Sragen Kota
  4. Persimpangan Beloran, Sragen Kota
  5. Persimpangan Alun-alun Kota Sragen
  6. Persimpangan Pilangsari, Ngrampal
  7. Persimpangan Paldaplang, Ngrampal
  8. Persimpangan Tunjungan Sambungmacan
  9. Persimpangan Sambungmacan

Sumber: Satlantas Polres Sragen (trh)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya