SOLOPOS.COM - ilustrasi PPDB online (JIBI/dok)

Solopos.com, SEMARANG — Penerimaan peserta didik baru atau PPDB SMA dan SMK negeri di Jawa Tengah (Jateng) akan dibuka secara online mulai besok, Rabu (14/6/2022). Berikut alur pendaftaran PPDB Online SMA dan SMK negeri di Jateng 2022.

Laman PPDB online SMA dan SMK negeri di Jateng dengan alamat https://ppdb.jatengprov.go.id sudah mulai bisa diakses calon peserta didik mulai Rabu pagi, sekitar pukul 07.00 WIB.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sekretaris Dinas Pendidikan dan Kebudayaan (Disdikbud) Jateng, Suyanta, menjelaskan alur pendaftaran PPDB Online SMA dan SMK 2022 di wilayahnya. Sebelum melakukan rangkaian pendaftaran, Suyanta minta calon peserta didik untuk menyiapkan berkas atau dokumen persyaratan yang dibutuhkan terlebih dahulu.

“Setelah itu, calon peserta didik baru bisa mengakses situs PPDB Online di ppdb.jatengprov.go.id,” ujarnya saat dihubungi Solopos.com, Selasa (14/6/2022).

Ekspedisi Mudik 2024

Setelah mengakses laman atau situs web PPDB Online untuk mendaftar SMA maupun SMK negeri di Jateng pada tahun 2022, calon peserta didik baru diminta untuk mengisi formuli pengajuan akun dan mengunggah atau upload dokumen persyaratan pendaftaran.

Baca juga: Gelagat Kecurangan PPDB Online Jateng, Banyak Data Calon Siswa Palsu

“Setelah mengunggah berkas dan mengajukan akun, calon peserta didik diminta melakukan verifikasi berkas atau dokumen ke sekolah yang dipilih,” jelasnya.

Jika berkas-berkas yang diajukan di setujui oleh satuan pendidikan atau sekolah yang dipilih, calon siswa pun akan mendapat aktivasi akun dan membuat password baru.

Setelah itu, peserta didik baru bisa kembali mengakses laman PPDB Online Jateng di ppdb.jatengprov.go.id untuk melakukan pendaftaran. Proses pendaftaran ini dilakukan pada tanggal 29 Juni hingga 1 Juli 2022, mulai pukul 07.00 WIB-16.00 WIB.

Baca juga: Berikut Pembagian Zonasi SMA Negeri di Semarang pada PPDB Jateng 2022

Setelah melakukan pendaftaran, calon peserta didik baru diminta untuk mencetak tanda bukti pendaftaran. Setelah itu, calon peserta didik diminta untuk menunggu pengumuman hasil seleksi PPDB Online SMA/SMK Jateng 2022 pada 4 Juli 2022.

Jika dinyatakan lolos atau diterima di sekolah yang dipilih, calon peserta didik diinta untuk melakukan pendaftaran ulang di sekolah yang dituju mulai tanggal 5-7 Juli 2022. Setelah diterima, peserta didik baru akan mulai menjalani hari pertama masuk sekolah pada 18 Juli 2022.

Demikianlah alur pendaftaran PPDB Online SMA dan SMK negeri di Jateng pada tahun 2022. Selamat mencoba!

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya