SOLOPOS.COM - Pengalihan arus yang dilakukan Satuan Lalu Lintas (Satlantas) Polresta Magelang. (Dok Satlantas Magelang).

Solopos.com, MAGELANG — Puncak perayaan Waisak 2557 BE di Indonesia akan dilaksanakan di Candi Borobudur, Magelang, Jawa Tengah (Jateng), Minggu (4/6/2023). Untuk itu, bakal ada rekayasa atau pengalihan arus lalu lintas di jalur sekitar Candi Borobudur hingga ke Candi Mendut.

Kasatlantas Polresta Magelang, Kompol Agus Santoso, mengatakan Jalan dari Candi Mendut menuju Candi Borobudur sepanjang 3,7 km akan disterilkan atau ditutup. Nantinya, bakal ada empat jalur pengalihan bagi pengendara.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Penutupan jalan berlaku pada hari Minggu 4 Juni 2023 pukul 04.30 WIB sampai 09.00 WIB,” kata Kompol Agus kepada Solopos.com, Sabtu (3/6/2023).

Terkait empat jalur pengalihan tersebut, pertama ada di Simpang (SP) 3 Srondol yang dialihke belok kanan menuju Jalan Magelang – Yogyakarta atau SP 3 Pabelan. Kedua berada di SP 3 Cabean yang dialihkan belok kanan menuju Jalan Soekarno Hatta atau SP 4 Kubah Kuning.

Kemudian berada di SP 4 Ngaran Bawah yang dialihke belok kiri menuju Jalan Soekarno Hatta atau SP3 An-nur. Terakhir berada di parkir pengunjung via pintu 3 Taman Wisata Candi Borobudur (TWCB) bisa melalui SP4 Koramil-SP4 Pasar Borobudur-SP3 Polpar-pintu 3 TWCB.

“Di setiap titik akan ada anggota yang berjaga. Kemudian juga ada penunjuk arah rambu untuk mengarajkan para pengendara,” imbuhnya.

Kasatlantas Magelang mengimbau pengendara untuk berhati-hati dan mematuhi atau meliwati pengalihan arus yang telah disiapkan saat prosesi Waisak berlangsung di Candi Borobudur. Tak hanya itu, masyarakat juga diminta untuk senantiasa memantai informasi pengalihan arus yang telah dibagikan di Instagram Satlantas Magelang.

Sekadar informasi, panitia penyelenggara memperkirakan sedikitnya 4.500 umat Buddha dari berbagai wilayah akan hadir pada puncak perayaan Tri Suci Waisak 2567 BE/ 2023 di pelataran Candi Borobudur pada Minggu (4/5/2023). Perayaan puncak Waisak Nasional 2567 BE/2023 di Candi Borobudur akan ditutup dengan Dharmasanti Festival Lampion Trisuci Waisak Nasional di Taman Lumbini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya