Gedung Universitas Muhammadiyah Surakarta (Istimewa)

Perguruan Tinggi terbaik untuk versi Webometrics ditempati UGM. Peringkat UNS dan UMS di ranking Webometrics menurun tajam.

Solopos.com, SOLO – Universitas Sebelas Maret (UNS) terlempar dari sepuluh besar ranking web universities versi Webometrics. Pada kuartal ketiga ini, Peringkat UNS merosot dari peringkat ke-8 ke peringkat 14.

UNS baru saja diumumkan sebagai salah satu Perguruan Tinggi Negeri (PTN) terbaik versi Kementerian Riset, Teknologi (Kemenristek) dan Pendidikan Tinggi (Dikti). Sayangnya, dalam pemeringkatan Webometrics, UNS justru tak masuk sepuluh besar.

Dikutip Solopos.com dari Webometrics.info, Selasa (19/8/2015), UNS berada di bawah Universitas Syah Kuala hingga Petra Christian University.

Dari daftar itu Universitas Gajah Mada (UGM) berada di peringkat pertama dan disusul oleh Institut Teknologi Bandung (ITB), Universitas Indonesia (UI) serta Universitas Airlangga (Unair) di peringkat ke-2 hingga ke-4. Sedangkan peringkat ke-5 diisi Universitas Brawijaya (Unibraw).

Menurut analisis dari Alexa situs uns.ac.id juga mengalami penurunan pengunjung dalam beberapa bulan terakhir. Hal ini membuat peringkat UNS di tingkat dunia versi Webometric merosot ke 2367.

Selain UNS, kampus swasta Universitas Muhammadiyah Surakarta (UMS) juga turun peringkat. UMS yang sempat berada di 20 besar kini anjlok ke posisi 37.

Menurut laporan Webometrics, di kuartal pertama UMS berada di peringkat 28 sedangkan UNS berada di peringkat 8. Sedangkan di kuartal kedua peringkat UNS harus turun ke posisi 12.

Webometric adalah salah satu perangkat atau sistem untuk mengukur atau memberikan penilaian terhadap kemajuan seluruh universitas atau perguruan tinggi terbaik di dunia (World Class University) melalui Website universitas tersebut.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten