SOLOPOS.COM - Kampus Universitas Sebelas Maret (UNS) Kentingan, Solo (ilustrasi/kampus-info.com)

Perguruan tinggi, UNS Solo akan menambah tiga fakultas baru.

Solopos.com, SOLO–Universitas Sebelas Maret Surakarta (UNS) berencana menambah tiga fakultas baru yang sebelumnya menjadi program studi di sejumlah fakultas yang ada saat ini. Tiga fakultas yang saat ini sedang dirintis pendiriannya tersebut adalah Fakultas Ilmu Olahraga, Fakultas Peternakan, dan Fakultas Psikologi.

Promosi Efek Ramadan dan Lebaran, Transaksi Brizzi Meningkat 15%

Rektor UNS, Ravik Karsidi, mengemukakan saat ini UNS telah memiliki Program Studi (Prodi) Olahraga namun masih menginduk di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), lalu Prodi Peternakan menginduk di Fakultas Pertanian (FP), dan Prodi Psikologi menginduk di Fakultas Kedokteran (FK).

Rencana pengembangan ketiga prodi tersebut menjadi fakultas dengan pertimbangan kebutuhan dan tingginya minat masyarakat. “Rencana membentuk fakultas sendiri untuk Ilmu Olahraga, Psikologi dan Peternakan ini sebenarnya sudah lama. Saat ini kami mulai merintis untuk persiapan pengajuan pembukaan tiga fakultas itu,” ujar Ravik ketika dimintai konfirmasi, Jumat (22/4/2016).

Ravik mengaku belum bisa memastikan realisasi pembukaan tiga fakultas tersebut. Namun langkah yang dilakukan UNS terkait persiapan tersebut antara lain menyiapkan berkas dan berbagai persyaratan yang dibutuhkan. Pengajuan izin akan dikirim ke Kementerian Riset Teknologi dan Pendidikan Tinggi (Kemenristek dan Dikti).

Ditemui secara terpisah, rencana pembukaan Fakultas Peternakan UNS juga dibenarkan Guru Besar Peternakan UNS, Sudibya MS. “Kesiapan SDM (sumber daya manusia) sudah memadai dan kampus juga sudah disiapkan,” jelas dia.

Dia menyebutkan saat ini UNS telah memiliki seorang guru besar dan sekitar 10 doktor bidang peternakan. Jumlah itu sudah memenuhi untuk membuka fakulas baru. Mereka sekarang telah mengampu Prodi Peternakan di bawah FP. Alasan peningkatan status menjadi fakultas karena animonya banyak.
“Animo banyak dan SDM bidang peternakan masih banyak dibutuhkan,” imbuhnya.

Dia mengakui letak UNS yang berada di tengah Pulau Jawa ini yang mempengaruhi tingginya minat lulusan SMA/SMK masuk ke peternakan. “Rintisan pembukaan Fakultas Peternakan sebenarnya sudah lama. Konon lebih dulu dari Fakultas Seni Rupa dan Desain (FSRD). Tapi realisasinya kalah cepat. Itulah sebabnya sekarang tim penyusun proposal Fakultas Peternakan tengah kerja maraton,” jelas dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya