Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah Terbatas

Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (16/8/2022) hari ini.

 Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA —  Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan melemah pada perdagangan Selasa (16/8/2022) hari ini.

Analis Artha Sekuritas, Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, IHSG ditutup melemah dengan rentang cukup terbatas dikarenakan aksi profit taking oleh investor jelang libur akhir pekan.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Ia menuturkan, pergerakan masih ditopang oleh musim rilis laporan kinerja per semester I/2022. “Di sisi lain, data neraca perdagangan tercatat kembali surplus di bulan Juli 2022,” jelasnya. Dennies memprediksi IHSG akan melemah.

Secara teknikal, IHSG membentuk lower high dan lower low disertai stochastic yang membentuk deadcross mengindikasikan potensi pelemahan jangka pendek.

Selain itu, pasar diperkirakan bergerak terbatas dikarenakan hari perdagangan yang lebih sedikit di pekan ini.

Baca Juga: Awal Pekan, Begini Prediksi IHSG dan Rekomendasi Saham Hari Ini

“Rentang pelemahan diperkirakan terbatas karena pergerakan didukung musim rilis kinerja emiten per semester I/2022 yang secara rata-rata mencatat pertumbuhan,” kata Dennies. Selanjutnya, Dennies memperkirakan IHSG bergerak pada level support 7.035 dan 7.064 serta resistance 7.139 dan 7.185.

Sebelumnya, IHSG ditutup turun 0,57 persen atau 40,6 poin ke posisi 7.088,642 pada akhir perdagangan, Senin (15/8/2022).

Adapun saham kebab Baba Rafi tetap kencang. Berdasarkan data Bloomberg, ada 236 saham menguat, 286 saham melemah, dan 179 saham stagnan.

Sepanjang hari, IHSG bergerak di kisaran 7.081,304 hingga 7.156,920 dan membukukan kapitalisasi pasar senilai Rp9.315,11 triliun.

Baca Juga: Tren Penguatan IHSG Diprediksi Berlanjut, Cek Saham-Saham Ini

Emiten yang tercatat masuk dalam jajaran top gainers di tengah penurunan IHSG antara lain perusahaan pengelola waralaba Kebab Turki Baba Rafi, PT Sari Kreasi Boga Tbk. (RAFI) yang menguat 34,38 persen ke posisi Rp258.

MEDS, JARR, BNBR, dan FREN menyusul di bawahnya dengan kenaikan di kisaran 8,47 7 persen hingga 34 persen.

Adapun emiten yang memimpin posisi top losers perdagangan hari ini yaitu PT Panin Financial Tbk. (PNLF) turun 6,91 persen menjadi Rp350. CAKK, EMTK, MDLN, dan BRPT menyusul dengan koreksi di rentang 5,85 persen hingga 6,45 persen.

Sebelumnya, pada pembukaan perdagangan, tim analis NH Korindo Sekuritas memproyeksikan IHSG bergerak bergerak consolidating atau pullback dengan level support di rentang 7.110-7.075 dan 7.020-7.000, serta level resistance di kisaran 7.175-7.181.

Baca Juga: BEI HUT ke-45, Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Menguat Tipis

Sementara itu, tekanan inflasi dan harga energi terus meningkat. Hal ini dapat menjadi sentimen negatif PDB dan pasar modal.

Pemerintah saat ini tengah mempertimbangkan apakah akan membatasi konsumsi bahan bakar bersubsidi atau menaikkan harga, akibat kenaikan konsumsi bahan bakar yang lebih cepat dari perkiraan karena pemulihan mobilitas sosial.

Analis Samuel Sekuritas, Lionel Priyadi mengatakan, faktor tersebut dapat meningkatkan inflasi secara langsung sebesar 1 persen, dan juga berdampak terhadap PDB nasional.

“Kami juga memperkirakan akan ada dampak negatif terhadap PDB yang menurun sebesar 0,7 poin persentase. Oleh karena itu, pertumbuhan PDB di semester II/2022 diperkirakan turun menjadi sekitar 4,5% year-on-year (yoy),” ujarnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      BRI Kembali Buka BFLP IT untuk Cari Talenta Unggul di Bidang IT

      Untuk terus bertumbuh menjadi perusahaan kelas dunia, BRI terus menjalankan program rekrutmen untuk mendapatkan SDM unggul di bidang IT melalui BFLP IT.

      Baznas Solo dan Solopos Apresiasi Perjuangan dan Kerja Keras Pengasong Koran

      Baznas Solo bersama Solopos Media Group (SMG) menyalurkan paket bantuan kepada 50 pengasong koran di Solo, Jumat (30/9/2022).

      46 Tenant Ramaikan Semarak SGS 2022 di Atrium Solo Square

      Event festival dan bazar tersebut digelar di Atrium Solo Square Mall Jl. Slamet Riyadi Solo akan berlangsung selama empat hari mulai Jumat (30/9/2022) hingga Senin (3/10/2022).

      Widodo Makmur Perkasa Perluas Pasar Daging Ayam ke China

      PT Widodo Makmur Perkasa (WMPP) akan memperluas pangsa pasar ke China.

      Perajin Tahu di Solo Tak Kesulitan Dapat Stok Kedelai, Tapi Harganya Mahal

      Sejumlah perajin tahu dan penjual bahan olahan kedelai di Kota Solo tak mengalami kesulitan mencari stok kedelai.

      Webinar Internasional hingga Membatik 12 Jam dalam Batik Art Festival 2022

      Berbeda dengan pelaksanaan sebelum-sebelumnya, tahun ini BAF lebih banyak melibatkan perguruan tinggi dan diwarnai dengan webinar empat negara serta kegiatan membatik 12 jam.

      Pengamat UNS: Penataan PKL TSTJ Solo Harus Mempertimbangkan Berbagai Faktor

      Rencana Pemerintah Kota (Pemkot) Solo untuk menata pedagang kaki lima (PKL) dari Taman Satwa Taru Jurug (TSTJ), dinilai berpotensi menimbulkan masalah baru.

      SGIC V 2022 Wujud Apresiasi Tertinggi kepada Inovator Terbaik Perusahaan

      PT Semen Gresik (PTSG) memberikan apresiasi tertinggi kepada para innovator terbaik di lingkup perusahaan dalam ajang awarding Semen Gresik Innovation Convention (SGIC) V 2022.

      Harga 43 Komoditas Pangan Pasar Legi Solo Stabil

      Harga komoditas pangan di dua pasar di Kota Solo terpantau stabil.

      Antam dan UBS Kompak Naik! Cek Harga Emas Pegadaian, Jumat 30 September 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Jumat (29/9/2022) hari ini kompak naik untuk kadar 24 karat UBS dan Antam.

      Ajak Anak Muda Peduli Lingkungan, Cinta Laura: BRI The Best ESG’s Mover

      Public figure multitalenta sekaligus brand ambassador BRI Cinta Laura Kiehl mengungkapkan rasa kagumnya terhadap komitmen BRI dalam menjalankan prinsip-prinsip berkelanjutan dalam ESG.

      Sekarang Kamu Bisa Convert Pulsa Jadi Uang Cepat & Aman!

      Saat ini aplikasi Viapulsa sudah di download 1 juta orang lebih, yang artinya sudah banyak orang yang merasakan manfaatnya.

      IHSG Dibayangi Ambruknya Wall Street, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) diperkirakan kembali melemah pada perdagangan, Jumat (30/9/2022) hari ini.

      Dinobatkan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan, Ini Kata Dirut PLN

       Direktur Utama PT PLN (Persero) Darmawan Prasodjo dinobatkan sebagai Tokoh Transformasi Digital Kelistrikan Nasional karena perannya memimpin transformasi PLN.

      Ratusan Stan Jajanan Meriahkan Festival Sekaten di Halaman Masjid Agung Solo

       Ratusan stan jajanan dan mainan tradisional yang tergabung dalam event Festival Sekaten Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) Kauman akan meramaikan Sekaten Keraton Solo.

      Jelang Akhir Pekan, Cek Jadwal KRL Commuterline Solo-Jogja Hari Ini

      Commuterline atau yang lebih dikenal KRL Solo-Jogja hadir untuk melayani masyarakat yang ingin menempuh perjalanan dari Jogja-Solo atau sebaliknya.