SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berpotensi melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (28/9/2022).

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG ditutup pada posisi 7.112,44 atau turun 0,21 persen pada Selasa (27/9/2022). Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, IHSG ditutup melemah seiring pelemahan bursa saham secara global dan penurunan harga komoditas, serta penurunan nilai tukar rupiah yang menembus Rp 15.100 per dolar AS.

Promosi Anak Usaha Telkom Ikut Garap Proyek Kabel Laut Internasional 11.000 Km

“Pergerakan masih minim sentimen pendorong terutama dari dalam negeri,” jelas Dennies.

Dennies memprediksi IHSG akan melemah pada perdagangan hari ini secara teknikal, candlestick membentuk lower high dan lower low menguji support MA 50, stochastic bergerak di sekitar area oversold mendingikasikan rentang pelemahan mulai terbatas.

Pergerakan akan dipengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah yang mencapai level Rp 15.100 per dolar AS. Investor akan mencermati rilis data kepercayaan konsumen AS serta pidato dari gubernur The Fed.

Baca Juga: Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah, Cek Saham-Saham Berikut

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah pada perdagangan Selasa (27/9/2022). Berdasarkan data Bloomberg, Selasa pada pukul 15.00 WIB IHSG parkir pada posisi 7.112,44 atau terkoreksi 0,21 persen.

Sepanjang perdagangan Selasa, IHSG bergerak pada rentang 7.075,65 – 7.133,41. Tercatat, 279 saham menguat, 263 saham melemah dan 147 saham bergerak di tempat.

Kapitalisasi pasar terpantau pada posisi Rp9.360,23 triliun. PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) terpantau menjadi saham dengan koreksi terbesar hari ini setelah turun 6,87 persen ke Rp244.

Saham lain yang terpantau melemah adalah PT Bank Jago Tbk (ARTO) yang turun 2,44 persen ke Rp7.000, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) yang terkoreksi 3,23 persen ke level Rp900 serta PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dengan pelemahan 1,56 persen ke Rp252.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Cermati Saham-Saham Ini

Saat IHSG melemah, saham PT Kota Satu Properti Tbk. (SATU) melesat 20,59 persen, saham PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) menguat 2,19 persen dan saham PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) naik 4,38 persen.

Analis PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Suryawijaya, mengatakan pergerakan IHSG saat ini masih berada dalam konsolidasi wajar, dengan kisaran support-resistance di level 7.002-7.273.

“Peluang kenaikan terbatas masih terlihat dalam pergerakan IHSG hari ini,” kata William dalam riset harian Yugen Sekuritas Selasa (27/9/2022).

Namun, William mengatakan bahwa tekanan pada IHSG dapat dimanfaatkan pelaku pasar sebagai momentum untuk mengakumulasi pembelian. Pelaku pasar direkomendasikan mengoleksi saham HMSP, KLBF, UNVR, ASRI, GGRM, PWON, BBCA, BSDE dan ICBP.

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya