Pergerakan IHSG Diprediksi Melemah, Cek Saham-Saham Ini

Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berpotensi melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (28/9/2022).

 Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG). (Dok/JIBI/Bisnis)

Solopos.com, JAKARTA — Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) disebut berpotensi melemah pada perdagangan hari ini, Rabu (28/9/2022).

Berdasarkan data Bloomberg, IHSG ditutup pada posisi 7.112,44 atau turun 0,21 persen pada Selasa (27/9/2022). Analis Artha Sekuritas Dennies Christoper Jordan dalam risetnya menjelaskan, IHSG ditutup melemah seiring pelemahan bursa saham secara global dan penurunan harga komoditas, serta penurunan nilai tukar rupiah yang menembus Rp 15.100 per dolar AS.

PromosiAngkringan Omah Semar Solo: Spot Nongkrong Unik Punya Menu Wedang Jokowi

“Pergerakan masih minim sentimen pendorong terutama dari dalam negeri,” jelas Dennies.

Dennies memprediksi IHSG akan melemah pada perdagangan hari ini secara teknikal, candlestick membentuk lower high dan lower low menguji support MA 50, stochastic bergerak di sekitar area oversold mendingikasikan rentang pelemahan mulai terbatas.

Pergerakan akan dipengaruhi fluktuasi nilai tukar rupiah yang mencapai level Rp 15.100 per dolar AS. Investor akan mencermati rilis data kepercayaan konsumen AS serta pidato dari gubernur The Fed.

Baca Juga: Pergerakan IHSG Hari Ini Diprediksi Melemah, Cek Saham-Saham Berikut

Sebelumnya, IHSG ditutup melemah pada perdagangan Selasa (27/9/2022). Berdasarkan data Bloomberg, Selasa pada pukul 15.00 WIB IHSG parkir pada posisi 7.112,44 atau terkoreksi 0,21 persen.

Sepanjang perdagangan Selasa, IHSG bergerak pada rentang 7.075,65 – 7.133,41. Tercatat, 279 saham menguat, 263 saham melemah dan 147 saham bergerak di tempat.

Kapitalisasi pasar terpantau pada posisi Rp9.360,23 triliun. PT Sari Kreasi Boga Tbk (RAFI) terpantau menjadi saham dengan koreksi terbesar hari ini setelah turun 6,87 persen ke Rp244.

Saham lain yang terpantau melemah adalah PT Bank Jago Tbk (ARTO) yang turun 2,44 persen ke Rp7.000, PT Medco Energi Internasional Tbk (MEDC) yang terkoreksi 3,23 persen ke level Rp900 serta PT GoTo Gojek Tokopedia Tbk. (GOTO) dengan pelemahan 1,56 persen ke Rp252.

Baca Juga: IHSG Diprediksi Menguat Terbatas, Cermati Saham-Saham Ini

Saat IHSG melemah, saham PT Kota Satu Properti Tbk. (SATU) melesat 20,59 persen, saham PT Bumi Resources Tbk. (BUMI) menguat 2,19 persen dan saham PT Bukalapak.com Tbk. (BUKA) naik 4,38 persen.

Analis PT Yugen Bertumbuh Sekuritas, William Suryawijaya, mengatakan pergerakan IHSG saat ini masih berada dalam konsolidasi wajar, dengan kisaran support-resistance di level 7.002-7.273.

“Peluang kenaikan terbatas masih terlihat dalam pergerakan IHSG hari ini,” kata William dalam riset harian Yugen Sekuritas Selasa (27/9/2022).

Namun, William mengatakan bahwa tekanan pada IHSG dapat dimanfaatkan pelaku pasar sebagai momentum untuk mengakumulasi pembelian. Pelaku pasar direkomendasikan mengoleksi saham HMSP, KLBF, UNVR, ASRI, GGRM, PWON, BBCA, BSDE dan ICBP.

 

Disclaimer: Berita ini tidak bertujuan mengajak membeli atau menjual saham. Keputusan investasi sepenuhnya ada di tangan pembaca. Solopos.com tidak bertanggung jawab terhadap segala kerugian maupun keuntungan yang timbul dari keputusan investasi pembaca.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      IHSG Berpotensi Lanjutkan Penguatan, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks harga saham gabungan (IHSG) diprediksi melanjutkan penguatan pada Kamis (1/12/2022) hari ini seiring dengan rilis data inflasi.

      Jadwal Perjalanan KRL Solo-Jogja Hari Ini, Cocok untuk Sarana Liburan

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja atau Commuterline pada hari ini, Kamis (1/12/2022).

      Bunga KPR 2022 Belum Naik Meski Suku Bunga Acuan di Level 5,25%

      Bunga Kredit Pemilikan Rumah (KPR) 2022 belum mengalami kenaikan meski Bank Indonesia menaikan suku bunga acuan.

      Sejarah Mesin ATM Pertama di Indonesia

      Berikut adalah sejarah sejarah mesin ATM pertama di Indonesia.

      KA Batara Kresna Suguhkan Sensasi Perjalanan Solo-Wonogiri

      Kereta Api (KA) Perintis Batara Kresna yang menghubungkan Solo-Wonogiri menawarkan sensasi lain dalam menikmati perjalanan.

      Meroket 2 Kali Lipat, Volume Transaksi BRImo Tembus Rp2.000 Triliun

      Beberapa fitur yang paling sering digunakan atau killer features BRImo antara lain Digital Saving, Registrasi BRImo, BRImo Fast Menu, Tarik Tunai Tanpa Kartu.

      Waskita Beton Precast Raih Kontrak Baru Senilai Rp1,41 Triliun

      PT Waskita Beton Precast Tbk. (WSBP) optimistis kinerja perusahaan terus membaik seiring dengan adanya sejumlah katalis positif.

      Kopdar UMKM se-Jateng Program Sinergi RAMtivi Berlangsung Meriah

      Ratusan pelaku UMKM se-Jawa Tengah mengikuti acara kopi darat (kopdar) pertama kalinya dalam Program Sinergi Sejuta UMKM RAMtivi di Desa Bahasa Borobudur, Magelang, Minggu (27/11/2022).

      Produk Fesyen Lokal Tak Gentar, Media Sosial jadi Patokan

      Produk fesyen lokal mulai digandrungi masyarakat, dengan media sosial yang menjadi ceruk promosi menarik konsumen baru.

      Pemerintah Gelontorkan Beras ke Pasar untuk Stabilkan Harga Jelang Natal

      Pemerintah melalui Badan Pangan Nasional/National Food Ageny (NFA) dan Perum Bulog menggelontorkan beras ke pasar untuk menstabilkan harga komoditas pangan pokok tersebut menjelang Natal 2022 dan Tahun Baru 2023.

      Jokowi Minta Target Investasi Rp1.200 Triliun pada 2022 Tercapai

      Jokowi mengatakan target investasi Rp1.200 triliun tersebut akan berdampak besar terhadap pertumbuhan ekonomi di dalam negeri.

      Harga Pakan Nasional Naik, PT Widodo Makmur Unggas Tbk Raup Laba Rp91 Miliar

      PT Widodo Makmur Unggas, Tbk (WMUU) berhasil mencatatkan laba sebesar Rp91 miliar pada kuartal III 2022, dengan total pendapatan perseroan mencapai Rp2 triliun.

      Antam Turun! Simak Harga Emas Pegadaian Rabu, 30 November 2022

      Harga emas yang dijual di Pegadaian, Rabu (30/11/2022) hari ini, terpantau turun tipis untuk cetakan Antam dan cetakan UBS.

      Pergerakan IHSG Diprediksi Menguat, Cek Saham-Saham Ini

      Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) berpotensi menguat pada perdagangan terakhir November 2022, Rabu (30/11/2022) hari ini.

      Solo-Jogja Cuma 1 Jam, Simak Jadwal Perjalanan KRL Hari Ini

      Simak jadwal perjalanan KRL Solo-Jogja pada hari ini, Rabu (30/11/2022).