PERFORMA PERUSAHAAN : Begini Nasib Sony di 2016
Sony Ilustrasi (Ciso.co.id)

Performa perusahaan Sony yang akan berjuang di bisnis smartphone pada 2016.

Solopos.com, SOLO – Sejumlah perusahaan di Jepang dikabarkan mengalami kerugian yang cukup besar di tahun 2014. Hal itu membuat produksi sejumlah produk pun tersendat di 2015.

Bahkan menurut Tokyo Shoko Research Ltd (TSR) seperti dilansir Kabar24, Rabu (14/1/2015), menyatakan terjadi kegagalan bisnis terkontraksi 10,4% pada 2014 atau 9.731 kasus kebangkrutan di Jepang. Angka itu menjadi yang terendah sejak 1990.

Fakta itu pun berdampak pada sejumlah perusahaan besar di Negeri Sakura, termasuk Sony. Pada awal hingga menjelang akhir 2015, Sony dikabarkan akan menjual divisi ponselnya pada 2016. Hal itu tak terlepas dari kerugian yang didapat dalam memproduksi ponsel pintar. Ditambah fakta meruginya Sony dengan Vaio dan Ericsson.

Sony dinilai kalah dari Apple, Samsung, bahkan vendor anyar asal Tiongkok, Xiaomi maupun Huawei. Laman Ubergizmo, Jumat (20/2/2015), melaporkan, tak hanya smartphone, Sony pun sempat ingin menjual bisnis TV mereka. Sebagai gantinya, mereka akan fokus pada bisnis video game dan image sensor.

Seperti diketahui bisnis video game Sony cukup populer. Bahkan konsol game terbaru milik Sony, Play Station 4, menjadi yang terlaris di kelasnya. PS 4 mengalahkan Xbox One bikinan Microsoft.

Sementara sektor image sensor, Sony juag cukup popule. Prototipe untuk sensor kamera milik Sony kerap digunakan vendor-vendor ternama di smartphone high-end milik mereka. Belum lagi bisnis kamera DSLR maupun mirrorles yang cukup menjanjikan.

Meski sempat diisukan bakal menjual divisi ponselnya, CEO Sony Mobile, Hiroki Totoki, menampik isu tersebut dalam laman GSM Arena yang dilansir Antaranews.com, Selasa (6/10/2015). Totoki menegaskan Sony tak bakal menjual bisnis smartphone di 2016, bahkan mereka berencana mengeluarkan smartphone terbaru kelas atas.

Totoki Optimistis Sony Mobile akan meningkatkan kinerjanya pada 2016 dengan meluncurkan produk-produk berkualitas yang dikemas dengan teknologi yang canggih. Totoki menyebut beberapa kualis smartphone yang ditingkatkan adalah display, kamera dan audio.

Saat ini sudah ada beberapa rumor mengenai smartphone anyar kelas atas milik Sony yang bakal diluncurkan di 2016. Seperti Sony Xperia Z5 versi pink dan Xpereia Z6 Lite. Menarik ditunggu gebrakan Sony di 2016 ini.



Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom