SOLOPOS.COM - Pencapaian Asus (Liputan6.com)

Performa perusahaan Asus selama 2015 lalu berhasil meraih 4.368 penghargaan.

Solopos.com, JAKARTA — Dalam salah satu sesi di gelaran Asus Notebook Unveil 2016, Juliana Cen, Country Product Group Leader Asus Indonesia, memaparkan penghargaan dan performa perusahaan Asus secara global dan di pasar Indonesia pada 2015.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut Juliana, performa perusahaan asal Taiwan itu semakin baik dan mengantongi total 4368 penghargaan secara global. “Dengan 4368 penghargaan, artinya ada 13 sampai 14 penghargaan per harinya yang didapat oleh Asus,” ujar Juliana, seperti dilansir Liputan6.com, Hotel Le Meridien Jakarta, Selasa (15/3/2016).

Ekspedisi Mudik 2024

Sementara itu, di pasar Indonesia, Asus antara lain meraih penghargaan Top Brand. Lebih spesifik lagi, produk-produk Asus di Indonesia berhasil membuat Asus untuk menjadi top 3 tablet brand, number 1 desktop brand dengan pangsa pasar 33%, top 2 smartphone brand dengan pangsa pasar 16,03%, dan number 1 notebook brand dengan pangsa pasar 37,18%.

Di Taiwan, Asus kini sudah menjadi sebuah generic brand. “Ibarat kata, kalau di Indonesia orang tahu Indomie itu mi instan, nah di Taiwan orang sudah pasti tahu Asus itu apa, bahkan tahu kantornya di mana,” kata Juliana menerangkan.

Untuk diketahui, di gelaran Asus Notebook Unveil 2016, Asus akan memperkenalkan produk-produk terbarunya yang siap menggempur pasar Indonesia. Deretan produk tersebut disebutkan sudah mengusung prosesor terbaru Intel generasi ke-6.

Dikutip dari laporan di website IDC, terungkap 8,3 juta smartphone telah dikapalkan di Indonesia selama kuartal keempat 2015. Angka tersebut mengalami peningkatan sebesar 14,4% dari 7,3 juta unit untuk periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Peningkatan di kuartal keempat 2015 tersebut jauh lebih tinggi daripada periode yang sama pada tahun sebelumnya karena vendor mengirimsmartphone dalam volume yang lebih tinggi sebelum izin impor mereka berakhir di akhir 2015 atau awal 2016.

Pertumbuhan selama setahun penuh ada di angka 17,1%, dengan pengapalan 29,3 juta unit. Dari laporan itu terungkap Asus menjadi juara di pasar penjualan smartphoneIndonesia dengan pangsa pasar 22%.

Senior Market Analyst Mobile Phones, Reza Haryo, mengatakan Asus mengirimkan smartphone lebih banyak secara signifikan di kuartal keempat 2015 karena beberapa model yang diluncurkan pada akhir kuartal ketiga 2015 dikirimkan selama kuartal penuh di kuartal keempat 2015.

Selain itu, lanjut Reza, Asus meluncurkan model bar -Zenfone Go dan Zenfone Selfie pada waktu yang sama. Ia juga menuturkan, Asus mengambil langkah-langkah pre-emptive untuk menyediakan stok Zenfones di Indonesia sebelum izin impor Asus berakhir pada akhir kuartal keempat.

Vendor yang berbasis di Taiwan itu terus memperluas pangsa pasar mereka di pasar Indonesia, yang mana pangsa pasar mereka meningkat menjadi 21% di kuartal keempat 2015 dari 15% pada periode yang sama pada tahun sebelumnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya