PERFORMA KLUB : United Jeblok karena Produktivitas Gol Minim

PERFORMA KLUB : United Jeblok karena Produktivitas Gol Minim

SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester United sedang merayakan gol dalam sebuah pertandingan. Ist/dok

Performa klub Manchester United musim ini tetap belum menggembirakan. United jeblok karena produktivitas gol minim.

Solopos.com, MANCHESTER— Hasil tak memuaskan Manchester United (MU) musim ini sepertinya bukan hal yang terlalu megejutkan. Hal itu jika merujuk jumlah gol tim secara kolektif maupun koleksi pencetak gol terbanyak secara individu.

Ya, di balik kegagalan United bersaing di tiga besar klasemen akhir, skuat besutan Louis van Gaal itu mencatat torehan memprihatinkan dalam hal produktivitas gol ke gawang lawan.

Setan Merah, sebutan United, hanya mengukir 62 gol di Liga Premier musim ini, dua gol lebih sedikit daripada era David Moyes pada musim 2013/2014. Jumlah itu adalah terburuk kedua dalam 23 tahun terakhir setelah pada musim 2004/2005 Setan Merah hanya mengemas 58 gol secara keseluruhan di ajang Liga Premier.

Lebih dari itu, fakta lain tak kalah mengejutkan adalah buruknya koleksi pencetak gol terbanyak United musim ini jika dibandingkan dengan musim-musim lain sebelumnya. Rooney menjadi penyumbang gol terbanyak United dengan total menyumbangkan 14 gol di semua kompetisi. Dari seluruh jumlah itu, 12 di antaranya dilesakkan di ajang Liga Premier.

Sejarah mencatat pencetak gol terbanyak Setan Merah dengan koleksi lebih kecil adalah pada 33 tahun silam. Saat itu Frank Stapelton menjadi pemain tersubur klub meski hanya mampu mengukir total 13 gol pada musim 1981/1982.

Terkait Rooney, koleksi 12 golnya di Liga Premier hanya menyamai pundi-pundi gol striker Southampton, Grazioano Pelle, dan kalah dari Christian Benteke (Aston Villa, 13), Saido Berahino (West Bromwich Albion, 14), Chalie Austin yang menorehkan 18 gol untuk QPR, dan nama-nama populer di Liga Premier semacam Sergio Aguero, Harry Kane, Diego Costa, Alexis Sanchez, hingga Olivier Giroud, dan Eden Hazard.

Maka tak aneh jika Manajer United, Louis van Gaal, menegaskan pentingnya mendatangkan pemain kelas dunia musim panas ini. Terlebih, Setan Merah bertekad kembali ke jalur perburuan gelar dan hanya selangkah dari lolos ke babak grup Liga Champions musim depan.

“Saya khawatir dewan klub akan mengatakan: sekarang saatnya kita bertarung untuk gelar. Itu menjadi sebuah tantangan fantastis, tetapi itu tergantung upaya klub untuk mendapatkan pemain baru kelas dunia dan mengembangkan keseimbangan tim,” ujar Van Gaal dilansir Daily Mail, Rabu (27/5/2015).

Rumor yang santer beredar menyebutkan United tengah menimbang kemungkinan salah satu dari Harry Kane (Tottenham Hotspur) dan Danny Ings. Selain keduanya, Setan Merah membuka peluang memboyong Gareth Bale dari Real Madrid atau Raheem Sterling dari Liverpool. Hal itu jika dua bintang Eropa itu tersedia di bursa transfer pemain musim panas. (Triyono/JIBI/Solopos)

Berita Terkait

Berita Terkini

Perpanjang PPKM Mikro Dipastikan Berdampak ke Pariwisata Jateng

Gubernur Jateng Ganjar Pranowo memperpanjang PPKM Mikro hingga 17 Mei 2021 dan dipastikan berdampak ke sektor pariwisata Jateng.

Ratusan Pemudik Masuk Solo Saat Pengetatan, Ada Yang Positif Covid-19

Sekitar 500 pemudik sudah masuk ke Kota Solo selama masa pengetatan mudik sejak 22 April lalu, salah satunya terkonfirmasi positif Covid-19.

Larangan Mudik Dimulai, Jalan Tol Layang MBZ Ditutup

Vera mengatakan penutupan Jalan Layang MBZ dilakukan untuk pengendalian transportasi yang bertujuan membatasi pergerakan arus lalu lintas keluar dan masuk Jabotabek.

Salatiga Tutup Pasar Tiban & Objek Wisata

Pemkot Salatiga menutup fasilitas umum yang berpotensi menimbulkan kerumunan massa Lebaran 2021, termasuk pasar tiban dan objek wisata.

Jadwal Imsak dan Magrib di Solo Hari Ini, Kamis 6 Mei 2021

Di bawah ini ada jadwal imsak dan magrib Kota Solo di Jawa Tengah hari ini, Kamis, 6 Mei 2021 dari Kementerian Agama atau Kemenag.

Mobil Rombongan Pemudik Hantam Truk di Jalan Tol Madiun

Sebuah minibus pengangkut rombongan pemudik terlibat kecelakaan menabrak truk di jalan tol Madiun Km. 603 A dari arah barat ke timur.

Tingkatkan Kompetensi Lulusan, Politeknik Negeri Madiun Siap Upgrading 6 Prodi D3

Direktur Jenderal Pendidikan  Vokasi Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Wikan Sakarinto, mengatakan kebijakan program studi D3 ditingkatkan menjadi Sarjana Terapan atau D4 ini diharapkan disambut baik seluruh perguruan tinggi vokasi.

Kekinian Banget! Kafe Di Pasar Nguter Sukoharjo Ini Sajikan Jamu Dengan Nama-Nama Unik

Kafe jamu di Pasar Nguter, Sukoharjo, yang diresmikan Puan Maharani pada 2019 menyajikan aneka minuman dengan nama unik.

6-17 Mei, KAI Batasi 20 Perjalanan KRL Jogja-Solo

KAI Commuter membatasi operasional kereta rel listrik atau KRL Jogja-Solo, dan KA Prameks dalam kurun waktu 6-17 Mei 2021.

4 Zodiak Ini Kata Astrologi Punya Ingatan Tajam

Astrologi barat menengarai adanya pemilik tanda zodiak yang memiliki ingatan lebih tajam dari orang kebanyakan.

Festival Pendidikan Astra: Transformasi Pendidikan Mencapai SDGs

Pendidikan menjadi salah satu pilar pendukung untuk mencapai kesejahteraan masyarakat pada 2030.

Volume Kendaraan Masuk Solo Naik Sejak 3 Hari Menjelang Larangan Mudik

Jumlah kendaraan yang keluar masuk Solo pada tiga hari menjelang pemberlakuan larangan mudik Lebaran mengalami peningkatan.