SOLOPOS.COM - Para pemain Manchester United sedang merayakan gol dalam sebuah pertandingan. Ist/dok

Performa klub Manchester United musim ini tetap belum menggembirakan. United jeblok karena produktivitas gol minim.

Solopos.com, MANCHESTER— Hasil tak memuaskan Manchester United (MU) musim ini sepertinya bukan hal yang terlalu megejutkan. Hal itu jika merujuk jumlah gol tim secara kolektif maupun koleksi pencetak gol terbanyak secara individu.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ya, di balik kegagalan United bersaing di tiga besar klasemen akhir, skuat besutan Louis van Gaal itu mencatat torehan memprihatinkan dalam hal produktivitas gol ke gawang lawan.

Setan Merah, sebutan United, hanya mengukir 62 gol di Liga Premier musim ini, dua gol lebih sedikit daripada era David Moyes pada musim 2013/2014. Jumlah itu adalah terburuk kedua dalam 23 tahun terakhir setelah pada musim 2004/2005 Setan Merah hanya mengemas 58 gol secara keseluruhan di ajang Liga Premier.

Lebih dari itu, fakta lain tak kalah mengejutkan adalah buruknya koleksi pencetak gol terbanyak United musim ini jika dibandingkan dengan musim-musim lain sebelumnya. Rooney menjadi penyumbang gol terbanyak United dengan total menyumbangkan 14 gol di semua kompetisi. Dari seluruh jumlah itu, 12 di antaranya dilesakkan di ajang Liga Premier.

Sejarah mencatat pencetak gol terbanyak Setan Merah dengan koleksi lebih kecil adalah pada 33 tahun silam. Saat itu Frank Stapelton menjadi pemain tersubur klub meski hanya mampu mengukir total 13 gol pada musim 1981/1982.

Terkait Rooney, koleksi 12 golnya di Liga Premier hanya menyamai pundi-pundi gol striker Southampton, Grazioano Pelle, dan kalah dari Christian Benteke (Aston Villa, 13), Saido Berahino (West Bromwich Albion, 14), Chalie Austin yang menorehkan 18 gol untuk QPR, dan nama-nama populer di Liga Premier semacam Sergio Aguero, Harry Kane, Diego Costa, Alexis Sanchez, hingga Olivier Giroud, dan Eden Hazard.

Maka tak aneh jika Manajer United, Louis van Gaal, menegaskan pentingnya mendatangkan pemain kelas dunia musim panas ini. Terlebih, Setan Merah bertekad kembali ke jalur perburuan gelar dan hanya selangkah dari lolos ke babak grup Liga Champions musim depan.

“Saya khawatir dewan klub akan mengatakan: sekarang saatnya kita bertarung untuk gelar. Itu menjadi sebuah tantangan fantastis, tetapi itu tergantung upaya klub untuk mendapatkan pemain baru kelas dunia dan mengembangkan keseimbangan tim,” ujar Van Gaal dilansir Daily Mail, Rabu (27/5/2015).

Rumor yang santer beredar menyebutkan United tengah menimbang kemungkinan salah satu dari Harry Kane (Tottenham Hotspur) dan Danny Ings. Selain keduanya, Setan Merah membuka peluang memboyong Gareth Bale dari Real Madrid atau Raheem Sterling dari Liverpool. Hal itu jika dua bintang Eropa itu tersedia di bursa transfer pemain musim panas. (Triyono/JIBI/Solopos)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya