Peretasan Data Polisi: Akun Penggunggah Database Polri Ditangguhkan

Twitter batasi akun penyebar data personel Polri.

 Tampilan akun pengunggah data personel Polri dibatasi di Twitter.

SOLOPOS.COM - Tampilan akun pengunggah data personel Polri dibatasi di Twitter.

Solopos.com, JAKARTA – Database anggota Polri diumbar secara gratis di media sosial, Rabu (17/11/2021), oleh akun @son1x777. Akun tersebut ditangguhkan oleh Twitter dan Bareskrim menyatakan tengah mengusut dugaan peretasan sistem computer dan pencurian data.

Berdasarakan penelusuran Solopos.com, Kamis (18/11/2021), kasus dugaan kebocoran data itu mencuat setelah akun @son1X777 mengunggah tautan. Akun itu mengunggah data dengan tajuk Polri- Indonesian National Police Hacked, 28k logins and personal information leaked”.

Baca Juga: Versi Lapan: Soloraya Bisa Lihat Gerhana Bulan Sebagian 19 November

Dilansir Suara.com, Kamis, Direktorat Tindak Pidana Siber (Dittipidsiber) Bareskrim Polri tengah mengusut dan mendalami dugaan peretasan sistem komputer dan pencurian data yang diduga data anggota Polri oleh peretas asal Brasil. “Ya, sedang ditangani oleh Dittipidsiber Bareskrim. Nanti kalau sudah ada updatenya diinfokan,” kata Kepala Divisi Humas Polri Irjen Pol Dedi Prasetyo.

Peretas asal Brasil yang menamai dirinya son1x dalam akun Twitternya mengaku telah berhasil membobol data pribadi anggota Polri beserta orang-orang terdekatnya keluarganya. Sementara menurut pakar, aksi peretas ini bertujuan untuk mencari reputasi.

Baca Juga: Microsoft Luncurkan Kawasan Pusat Data di Swedia

Dilansir Liputan6.com, tujuan itu sebagaimana disampaikan pakar keamanan siber, Pratama Persadha. “Kemungkinan besar serangan ini sebagai salah satu bentuk hacktivist, sambil mencari reputasi di komunitasnya dan masyarakat, atau pun untuk melakukan perkenalan tim hacking-nya,” kata Pratama melalui keterangan tertulisnya, Kamis.

Menurut pantauannya, dua database yang diunggah itu berisi banyak informasi penting bermuatan data pribadi personel kepolisian. Pratama menyebut data personil Polri yang bocor antara lain nama, nrp, pangkat, tempat dan tanggal lahir, satker, jabatan, alamat, agama, golongan darah, suku, email, bahkan nomor telepon.

Baca Juga: Meta, Induk Facebook Digugat $100 Miliar

“Terdapat juga kolom data rehab putusan, rehab putusan sidang, jenis pelanggaran, rehab keterangan, id propam, hukuman selesai, tanggal binlu selesai. Kemungkinan data yang bocor ini merupakan data dari pelanggaran yang dilakukan oleh personil Polri,” ucapnya menambahkan.

Pratama juga menyebut sebelumnya Polri juga berkali-kali diretas. Mulai diretas untuk diubah tampilannya (deface), diretas untuk situs judi online sampai peretasan pencurian database personilnya. Sebagai informasi, akun pengunggah database Polri itu juga terdeteksi sebagai pelaku deface website Badan Siber dan Sandi Negara (BSSN).

Berita Terkait

Berita Terkini

+ PLUS Torium Memenuhi Kebutuhan Energi 10 Miliar Orang Selama 20.000 Tahun

Torium bisa memenuhi kebutuhan energi 10 miliar orang untuk jangka waktu 10.000 tahun hingga 20.000 tahun.

Infinix INBOOK X2 Dengan Kamera Pencahayaan Ganda

Infinix INBOOK X2 hadir dengan versi yang lebih ringan dan tipis jika dibandingkan dengan versi sebelumnya

Vivo V23 5G Rilis Akhir Januari, Ini Bocoran Spesifikasinya

Vivo V23 segera hadir dengan desain elegan dan fast charging, untuk memenuhi kebutuhan kecepatan dan kecanggihan teknologi saat ini.

+ PLUS Drone Makin Dibutuhkan, Pengembangan Teknologi Pesat

Teknologi drone berkembang pesat. Kegunaan drone makin beragam di banyak sektor. Perusahaan-perusahaan drone mengembangkan pasar berbasis kebutuhan dan manfaat.

Kemenkominfo: Tingkat Keamanan Digital Indonesia Tidak Memuaskan

Kemenkominfo menyebut tingkat keamanan digital Indonesia paling rendah dibandingkan dengan pilar literasi digital lainnya.

Catat! Redmi Note 11 Diluncurkan 26 Januari

Seri Redmi Note 11 akan diluncurkan di pasar global pada 26 Januari mendatang. Demikian kabar dari Xiaomi melalui unggahan teaser di Twitter.

Find N Ponsel Lipat dari Oppo, Cek Spesifikasinya

Oppo memamerkan smartphone flagship atau ponsel lipat pertamanya Oppo Find N dalam ajang Inno Day yang digelar secara offline di Indonesia.

Data Pribadi Dijual sebagai NFT, Ini Langkah Kemenkominfo

Kementerian Komunikasi dan Informatika atau Kemenkominfo mengungkapkan telah menindak platform yang ketahuan memperjualbelikan data privasi sebagai NFT.

Kodak Luncurkan Pengisi Daya Nirkabel untuk Iphone 12 dan 13

Bekerja sama dengan perusahaan India, Georgian Enterprises, Kodak meluncurkan pengisi daya (charger) nirkabel untuk seri Apple iPhone 12 dan iPhone 13 di India.

Rekomendasi 5 HP Murah di Bawah Rp1 Juta Terbaik 2022

Berikut 5 rekomendasi hp murah di bawah Rp1 juta terbaik 2022 yang bisa Anda pilih.

Ini Cara Mengatasi Laptop yang Tidak Tersambung ke Wifi Ponsel

Inilah cara mengatasi laptop yang tidak terhubung ke wifi ponsel.

Harga Rp9 Jutaan, Apa Saja Keunggulan Samsung Galaxy S21 FE 5G

Samsung Galaxy S21 FE 5G memiliki dua keunggulan besar dibanding dengan pendahulunya Galaxy S20 FE.

Ini Cara Merekam Fitur Obrolan Audio Spaces di Twiiter

Twitter memberi opsi untuk host agar dapat merekam obrolan audio di fitur Spaces yang tersedia di Android dan iOS.

Cegah Bug Pada Aplikasi, Apple Rilis iOS dan iPadOS 15.2.1

Dengan pembaruan ini pengguna bisa lebih nyaman menggunakan perangkat pintar besutan Apple.

Metrodata Electronic dan Anaplan Kerja Sama Perluas Layanan

Kerja sama Metrodata Electronics dengan Anaplan diharapkan dapat memperluas layanan perencanaan bisnis lebih dari sekedar layanan perencanaan keuangan.

Waduh! Data Pelamar Kerja Anak Perusahaan Pertamina Diduga Bocor

Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo) menyatakan tengah mengusut dugaan kebocoran data pelamar kerja di anak perusahaan Pertamina.