Pererat Kerja Sama, FKIP UKSW Terima Kunjungan STT Ikat Jakarta

Sekolah Tinggi Teologi (STT) Ikat Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), baru-baru ini.

Rabu, 21 September 2022 - 09:07 WIB Penulis: Bc Editor: Anik Sulistyawati | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Sekolah Tinggi Teologi (STT) Ikat Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), baru-baru ini. (Istimewa)

Solopos.com, SALATIGA — Sekolah Tinggi Teologi (STT) Ikat Jakarta melakukan kunjungan kerja ke Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Kristen Satya Wacana (UKSW), baru-baru ini.

Bertempat di gedung E201 FKIP UKSW, kunjungan ini membahas rencana kerja sama antara STT Ikat dan UKSW dalam hal pelaksanaan Tri Dharma Perguruan Tinggi. Dalam kesempatan tersebut, rombongan STT Ikat juga mengadakan kunjungan ke Perpustakaan O. Notohamidjojo UKSW serta Sekolah Laboratorium UKSW.

Kegiatan ini dihadiri oleh Pembantu Rektor III Bidang Kemahasiswaan Dr. Andeka Rocky Tanaamah, S.E., M.Cs., Dekan FKIP UKSW Dr. Herry Sanoto, S.Si., M.Pd., dan Ketua Program Pendidikan Profesi Guru (PPG) FKIP UKSW Dr. Tri Widiarto, M.Pd.

Sementara itu, dari STT Ikat hadir Rektor STT Ikat Jakarta Pdt. Dr. Jimmy Lumintang, M.Th., MBA., Ketua 1 STT IKAT Dr. Lasino, M.Th., M.Pd., Ketua 3 STT IKAT Dr. Simon Baitanu, M.Th., Ketua 4 STT IKAT Dr. Ruben Nesimnasi, M.Th., Direktur Pelaksana Pascasarjana STT IKAT Dr. Abdon Amtiran, M.Th., serta pimpinan dan staf STT Ikat lainnya.

Dalam sambutannya, Dr. Andeka Rocky Tanaamah, mengungkapkan bahwa UKSW sangat terbuka dalam nilai-nilai kekristenan untuk pengembangan UKSW di berbagai aspek.

“Kami sangat senang menerima kunjungan dari STT Ikat karena melalui ini kita dapat memperkuat ikatan dan hubungan antar perguruan tinggi. Dari rencana kerja sama ini kita akan bersinergi dan saling belajar satu sama lain. Kiranya rencana kerja sama ini dapat berjalan dengan baik,” tuturnya.

Baca Juga: Juarai Peksimida Jateng, Vokal Grup Lentera Kasih UKSW Maju ke Tingkat Nasional

Sementara itu, Pdt. Dr. Jimmy Lumintang mengungkapkan terima kasih atas sambutan yang diberikan UKSW.

“Kami masih terus mempelajari banyak hal demi pengembangan STT Ikat. Terimakasih kepada UKSW atas kesempatan yang diberikan kepada kami untuk belajar,” ungkapnya.

Dibuka dengan perkenalan dari kedua belah pihak, kegiatan dilanjutkan dengan diskusi yang dipimpin oleh Dr. Tri Widiarto.

Tantangan Indonesia dalam memfasilitasi mahasiswa yang ingin melanjutkan studi di PPG Pendidikan Agama Kristen (PAK) dikupas dalam diskusi tersebut.

Dr. Tri Widiarto mengungkap hal ini dikarenakan hingga saat ini PPG PAK diselenggarakan dengan seleksi yang sangat ketat dan hanya dapat dilakukan di 3 Perguruan Tinggi yang ada di Maluku, Sumatra Utara, dan Toraja.

Baca Juga: Mantap! 5 Mahasiswa UKSW Dikirim Kuliah ke Universitas Top Luar Negeri

Berangkat dari situasi tersebut, Dr. Herry Sanoto, mengungkap UKSW khususnya melalui FKIP akan membantu mahasiswa STT Ikat melalui kegiatan pembekalan bagi mahasiswanya.

“Dalam rencana kerja sama ini, nantinya UKSW akan memberikan pelatihan-pelatihan kepada mahasiswa tingkat akhir dan guru-guru alumni STT Ikat untuk mempersiapkan diri mengikuti seleksi PPG PAK yang dilakukan oleh pemerintah,” jelasnya.

Selain hal tersebut, UKSW juga akan membantu persiapan STT Ikat dalam rencana membuka program PPG PAK. Lebih lagi, UKSW juga akan membuka kesempatan shopping around bagi mahasiswa STT Ikat yang ingin mengambil mata kuliah di FKIP UKSW.

“Rencana lainnya adalah dalam hal penelitian dan pengujian. UKSW dan STT Ikat akan saling membantu dalam hal penelitian untuk memberikan masukan-masukan bagi mahasiswa maupun dosen. Selain itu, kerja sama akan dilakukan dalam pengujian. Dalam hal ini, UKSW akan menjadi penguji eksternal dalam program S2 dan S3 STT Ikat,” tambah Herry Sanoto.

Baca Juga: Begini Keramahan UKSW International Office Meet and Greet 2022

Sementara itu, Dr. Lasino, mengungkapkan STT Ikat memilih UKSW karena UKSW telah mempunyai pengalaman dalam bidang pendidikan yang telah terakreditasi.

“Dalam kerja sama ini akan dilakukan pelatihan online selama lebih dari 2 bulan, dan juga kegiatan penerbitan jurnal ilmiah,” jelasnya.

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE jateng Resmi! Intiyas Utami Jabat Rektor UKSW 2022-2027 9 jam yang lalu

HEADLINE news Dimeriahkan Jikustik, UKSW Berikan Penghargaan bagi Civitas Akademika 2 hari yang lalu

HEADLINE news UKSW E-Sport Tournament Jadi Ajang Pembuktian E-sport Bukan Sekadar Game 5 hari yang lalu

HEADLINE jateng Serunya Visiting Day KB-TK Kristen I Satya Wacana Salatiga 5 hari yang lalu

HEADLINE jateng Didampingi Tim UKSW, Desa Agrowisata di Magelang Ini Olah Sayur Jadi Nuget 5 hari yang lalu

HEADLINE jateng Paduan Suara UKSW Bawa Pulang Trofi Juara Kedua Pesparawi Nasional 6 hari yang lalu

HEADLINE jateng Unik! Mahasiswa UKSW Populerkan Permainan Tradisional dengan Robot 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng UKSW Salatiga Pamerkan 26 Produk Inovasi Mahasiswa dan Dosen 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng UKSW Resmikan Perwasatna Child Care (PCC), Ini Tujuannya 1 minggu yang lalu

HEADLINE news Kudapan Bergizi Tinggi Cegah Stunting, Ada Nasi Telur Gulung Daun Kelor 1 minggu yang lalu

HEADLINE news Kompetisi Pemrograman dan Keamanan Siber di UKSW, 5 Jam Tuntaskan Studi Kasus 1 minggu yang lalu

HEADLINE news Ikut Lomba Vokal PIM UKSW, Tegang Hilang setelah Mulai Bernyanyi 1 minggu yang lalu

HEADLINE jateng Pengunjung Bisa Rasakan Pengalaman Nyata Bermain Robot di UKSW 2 minggu yang lalu

HEADLINE jateng Ratusan Mahasiswa dan Siswa SD Kunjungi Student on Stage FKIP UKSW 2 minggu yang lalu

HEADLINE news Kebutuhan Auditor Teknologi Informasi Melonjak, Peluang Pekerjaan Menjanjikan 2 minggu yang lalu