SOLOPOS.COM - Ilustrasi hasil tes Covid-19. (Reuters)

Solopos.com, MADIUN -- Seorang anak perempuan dan ibunya asal Kelurahan Kartoharjo, Kecamatan Kartoharjo, Kota Madiun, Jawa Timur, terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Kota Madiun, Subakri, mengatakan dari ibu dan anak itu, yang pertama terkonfirmasi adalah sang anak yakni seorang perempuan berinisial D yang berusia 26 tahun.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

"Pasien D ini merupakan warga Kota Madiun yang bekerja di Kota Surabaya dan pulang ke Madiun pada tanggal 3 Juli," kata Subakri, Senin (17/8/2020).

Solo Tambah 5 Kasus Positif Corona, 2 Di Antaranya Bapak-Anak Asal Banjarsari

Setelah dua hari di rumah, D mengeluh demam dan kondisi kesehatan badannya semakin menurun. Kemudian D kembali ke Surabaya pada 7 Juli untuk memeriksakan diri di salah satu rumah sakit swasta di kota tersebut.

Selain memeriksakan diri, pasien ini juga melakukan tes swab. Tiga hari kemudian hasil tes swab keluar dan perempuan Madiun itu dinyatakan positif Covid-19.

Namun bukannya tetap tinggal dan menjalani karantina di Surabaya, D justru memutuskan pulang ke Madiun guna melakukan karantina mandiri di rumah bersama ibunya.

160 Napi Rutan Solo Dapat Remisi Hari Kemerdekaan, Ada Yang Dari Nigeria

Selama menjalani isolasi mandiri di rumah, D dua kali pulang-pergi ke Surabaya untuk melakukan tes swab. Dari dua kali tes swan itu, satu kali masih positif Covid-19 dan tes swab ketiga baru dinyatakan negatif.

Keluhan Demam

Selama isolasi mandiri di Madiun, perempuan yang positif Covid-19 ini hidup bersama ibunya yang berinisial AH. Perempuan berusia 56 tahun itu pun tertular virus corona dari anaknya. "Pasien AH ini merupakan kontak erat dari pasien nomor 47 atau anaknya," kata Bakri.

AH mulai mengalami keluhan demam sejak 11 Juli lalu. Karena merupakan kontak erat pasien positif, ibu-ibu ini juga menjalani isolasi mandiri di rumah. Pasien ini beserta anaknya memeriksakan diri dan menjalani tes swab di Surabaya.

Hadiri Ijab Kabul Anak di Nguter Sukoharjo: Bapak Meninggal, 5 Anggota Keluarga Positif Covid-19

Tes swab pertama AH dilakukan tanggal 23 Juli bersamaan dengan tes swab kedua pasien nomor 47 atau anaknya. Hasilnya, AH terkonfirmasi positif Covid-19.

Selanjutnya pada tes swab kedua yang dilaksanakan pada tanggal 7 Agustus, perempuan Madiun itu masih positif Covid-19. "Saat ini pasien masih menjalani isolasi mandiri di rumah sambil mengonsumsi obat-obatan dan vitamin," ujarnya.

Dengan adanya tambahan dua kasus ini, akumulasi kasus konfirmasi positif Covid-19 di Kota Madiun mencapai 48 orang. Dari jumlah itu 24 pasien di antaranya dinyatakan sembuh dan satu orang meninggal dunia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya