SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Ilustrasi (JIBI/Harian Jogja/wordpress.com)

Kanalsemarang.com, MAGELANG—Survei yang dilakukan Bank Indonesia menyebutkan, keyakinan konsumen pada Juli kembali menguat dibandingkan bulan sebelumnya. Kondisi tersebut tercermin dari indeks keyakinan konsumen (IKK) Juli 2014 tercatat 115,8, lebih tinggi dibanding indeks bulan sebelumnya 112,9.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

“Menguatnya indeks tersebut didorong oleh peningkatan seluruh indeks pembentuknya, baik indeks kondisi ekonomi (IKE) saat ini maupun indeks ekspektasi konsumen (IEK) terhadap kondisi ekonomi pada 6 bulan mendatang,” ujar Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia Kantor Perwakilan Wilayah V Jateng-DIY Marlison Hakim di Semarang, Selasa (12/8/2014).

Menurutnya setelah mengalami tren penurunan sejak Maret 2014 hingga Juni 2014, IKE Juli 2014 meningkat 4,3 poin menjadi 110,9.

Kondisi tersebut menggambarkan persepsi positif konsumen terhadap kondisi ekonomi saat ini dibandingkan dengan kondisi enam bulan sebelumnya, menurutnya peningkatan tersebut salah satunya didorong oleh meningkatnya indeks ketersediaan lapangan kerja yang cukup tinggi 11,7 poin menjadi 91,8.

“Peningkatan indeks ketersediaan lapangan kerja tersebut diperkirakan terkait dengan meningkatnya aktivitas ekonomi terutama didorong oleh faktor berlangsungnya idul Fitri, sebagai imbasnya indeks penghasilan juga turut mengalami peningkatan 1,9 poin menjadi 123,3,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya