SOLOPOS.COM - Perbankkan Syariah (Dok/JIBI)

Perekonomian Jateng mendapat dukungan dari perbankan syariah.

Kanalsemarang, SEMARANG-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Kantor Regional IV Jateng-DIY menyatakan perbankan syariah membantu pertumbuhan ekonomi secara umum di wilayah Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta itu.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Jika jangkauan pasar perbankan syariah semakin luas maka dapat mendukung pertumbuhan ekonomi secara keseluruhan,” kata Kepala Bagian Pengawasan Bank OJK Kantor Regional IV Jateng-DIY Azilsyah Noerdin di Semarang, Selasa (18/8/2015).

Mengenai kompetensi dengan perbankan konvensional, menurutnya hal tersebut wajar mengingat kompetensi akan terjadi di setiap sektor.

“Bahkan antarbank konvensional atau syariah pasti juga berkompetensi baik itu dari sisi penghimpunan dana maupun penyaluran dana,” katanya.

Menurutnya dengan adanya persaingan yang sehat antara perbankan syariah dengan konvensional, diharapkan dapat membantu masyarakat khususnya dari sisi kebutuhan pembiayaan.

“Jika dibandingkan dengan negara lain, peran perbankan di Indonesia masih sangat besar. Kondisi tersebut jarang terjadi di daerah lain yang lebih mengutamakan pasar modal untuk urusan pembiayaan,” katanya.

Menurutnya, dibandingkan dengan industri keuangan yang lain di antaranya pasar modal dan asuransi, untuk perbankan lebih mudah dan sederhana dalam proses transaksi.

“Ketika punya uang tinggal memasukkan ke bank dan bisa mengambilnya kapan saja, ini yang masih diminati oleh masyarakat Indonesia,” katanya.

Meski demikian, OJK berupaya terus mengembangkan seluruh sektor dalam industri keuangan baik itu konvensional maupun syariah.

“Tahapan perkembangan tersebut mulai dari perbankan baru kemudian pasar modal dan asuransi. Dalam hal ini OJK wajib mengembangkan baik itu jenis konvensional maupun syariah,” katanya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya