SOLOPOS.COM - Ilustrasi narkoba (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Ilustrasi narkoba (JIBI/Harian Jogja/Reuters)

Peredaran narkoba di Jawa Tengah terus diantisipasi. Di Banjarnegara, BNN Purbalingga merazia rumah tahanan (rutan) banjarnegara untuk memastikan ada tidaknya narkoba di tempat tersebut  

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

 

Kanalsemarang.com, BANJARNEGARA—Petugas Badan Narkotika Nasional (BNN) Purbalingga, Jawa Tengah, Rabu menggelar razia narkoba di Rumah Tahanan (Rutan) Banjarnegara.

Razia tersebut dilakukan dengan menyisir seluruh ruang yang dihuni para warga binaan pemasyaratan untuk mencari kemungkinan adanya penyalahgunaan narkoba di Rutan Banjarnegara.

Dalam razia tersebut, petugas sempat menemukan beberapa butir obat di dalam salah satu kamar warga binaan.

Akan tetapi setelah diperiksa, obat-obatan itu berasal dari Poliklinik Rutan Banjarnegara untuk pengobatan salah seorang warga binaan yang sedang sakit.

Selain razia, BNN Purbalingga juga menggelar tes urine dan sosialisasi bahaya penyalahgunaan narkoba yang ikuti seluruh warga binaan pemasyarakatan dan petugas Rutan Banjarnegara.

Saat ditemui wartawan, Kepala BNN Purbalingga Ajun Komisaris Besar Polisi Edy Santosa mengatakan bahwa kegiatan tersebut dilakukan sesuai instruksi Presiden Joko Widodo terkait Indonesia darurat narkoba sehingga BNN diperintahkan untuk melakukan upaya pencegahan.

Oleh karena itu, kata dia, BNN berkoordinasi dengan Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia untuk melakukan pencegahan penyalahgunaan narkoba melalui kegiatan razia, sosialisasi, dan tes urine.

“Hal ini dalam rangka pencegahan penyalahgunaan narkoba di lapas-lapas [lembaga pemasyarakatan] seluruh Indonesia,” katanya.

Berdasarkan hasil tes urine di Rutan Banjarnegara, kata dia, seluruhnya dinyatakan negatif karena tidak ditemukan adanya zat-zat adiktif.

Sementara dalam razia di ruangan, lanjut dia, hanya ditemukan obat-obatan yang diberikan oleh Rutan Banjarnegara.

“Setelah dikonfrontasi oleh anggota kami, obat-obatan itu memang diberikan untuk pengobatan,” jelasnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya