SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Durban — Keberhasilan Korea Selatan melewati fase grup mencatatat sebuah sejarah. Ini adalah kali pertama Negeri Ginseng itu mencapai babak 16 Besar di luar ‘kandang’ mereka pada 2002 silam.

Sebelum perhelatan tahun ini, Korsel yang pertama kali mengikuti Piala Dunia pada 1954 di Swiss itu sudah tujuh kali mengikuti turnamen sepakbola paling bergengsi tersebut. Lima kali gagal lolos kualifikasi sementara enam kali tidak mengikuti.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Korsel yang pada 2010 ini memasuki edisi kedelapan mengikuti Piala Dunia berhasil menorehkan sejarah baru. Hasil imbang 2-2 yang dipetik kala melawan Nigeria, Rabu (23/6) dinihari WIB sukses mengantarkan Park Ji-Sung dkk. menembus perdelapanfinal.

Meski hanya satu poin yang diraup tetapi ini sudah cukup untuk membawa Korsel menjadi runner up Grup B dengan nilai empat. Sebab, di saat yang bersamaan Yunani yang menjadi pesaing terdekatnya justru kalah 0-2 dari Argentina sang juara grup dan hasil ini membuat The Pirate Ship terpaku di urutan tiga dengan nilai tiga.

Momen ini terasa sungguh spesial. Pasalnya, ini adalah kali pertama Taeguk Warriors berhasil melewati fase grup di luar negara mereka pada 2002 di mana kala itu Korsel menggelar Piala Dunia bersama Jepang dan mengakhirinya dengan finis di tempat keempat.

Hasil gemilang ini tentu saja disambut oleh suka cita seluruh tim. Apalagi, Korsel datang ke Afrika Selatan ini memang telah menargetkan menembus hingga babak knock out. Sesuatu yang tidak kunjung dicapai jika berlaga di luar negara mereka.

“Tujuan kami adalah mencapai babak 16 besar. Kami sukses dalam melakukan hal ini untuk yang pertama kali di luar rumah,”ujar sang skipper, Park Ji-Sung kepada AP yang diberitakan Yahoo Sports.

“Jadi saya amat bahagia dengan apa yang sudah kami capai ini di Afrika Selatan. Semua pemain tahu seberapa pentingnya momen ini,” pungkas pemain Manchester United itu.

dtc/tya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya