Ilustrasi Lowongan CPNS (Solopos/Whisnupaksa)

Solopos.com, SRAGEN – Sebanyak 8.398 orang CPNS di Sragen akan mengawali SKD dengan sistem computer assissted test (CAT) selama empat hari terhitung Senin-Kamis (3-6/2/2020) mendatang. Sragen ditunjuk sebagai penyelenggara SKD kali pertama dari lima kabupaten di Soloraya karena cukup berpengalaman dalam penyelenggaraan SKD CPNS 2018 lalu.

Keempat kabupaten lainnya yakni Klaten, Boyolali, Wonogiri, dan Sukoharjo akan menggelar SKD secara berurutan setelah Sragen. Pemerintah Kabupaten Sragen mulai membuat perencanaan untuk persiapan SKD tersebut.

Sekretaris Daerah (Sekda) Sragen, Tatag Prabawanto, menggelar rapat dengan mengundang sejumlah pejabat dinas terkait untuk membahas persiapan SKD CPNS 2019 itu di ruang rapat Sekda Sragen, Jumat (24/1/2020). Tes seleksi kompetensi dasar (SKD) di Soloraya untuk CPNS kali ini digelar di LPPPKS Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar.

Setidaknya ada 51.179 orang calon pegawai negeri sipil (CPNS) di lima kabupaten di Soloraya yang mengikuti seleksi kompetensi dasar (SKD) di Gedung Lembaga Pengembangan dan Pemberdayaan Kepala Sekolah (LPPKS) Jatikuwung, Gondangrejo, Karanganyar, mulai Senin (3/2/2020) mendatang.

Kepala Badan Kepegawaian Pengembangan Sumber Daya Manusia (BKPSDM) Sragen, Sutrisna, saat ditemui Solopos.com, Sabtu (25/1/2020), menyampaikan Gedung LPPKS Karanganyar itu terdiri atas lima lantai. Dia menjelaskan pelaksanaan CAT SKD akan dilaksanakan di lantai V.

Sementara lantai IV, digunakan untuk pengarahan dan lantai III digunakan untuk registrasi peserta. Sutrisna menambahkan, kebutuhan perangkat seperti laptop, disiapkan oleh pemerintah kabupaten (pemkab) masing-masing dengan server disediakan Badan Kepegawaian Negara (BKN).

“Kebutuhan laptop sebanyak 450 unit untuk CAT plus laptop cadangan sebanyak 10%. Satu sesi ada 450 orang disesuaikan dengan jumlah laptop. Sragen dengan peserta 8.398 orang dibutuhkan empat hari. Pada hari pertama empat sesi dan hari kedua sampai keempat lima sesi per hari. Setelah itu disusul kabupaten lain,” ujar Sutrisna.

Dia menjelaskan sebagai penyelenggara CAT SKD pertama, maka persiapan harus matang agar kabupaten lain yang menggelar belakangan tidak terjadi kendala. Dia berencana segera mengumumkan pelaksanaan SKD tersebut.

Sutrisna akan mengatur sedemikian rupa presensi dan registrasi per-50 orang peserta di lantai III. Dia mengatakan, pengaturan akan dimulai di lantai I dan II.

“Pada Rabu (29/1) besok, kami akan menata kursinya. Kemudian pada Sabtu kami akan tata jaringan dan server dari BKN. Minggu kami segera tes semua sarana dan prasana. Kalau sudah beres kemudian disegel oleh BKN. Dari lima kabupaten yang SKD di LPPKS itu, peserta paling banyak dari Boyolali,” ujarnya.

Selain sarana dan prasarana, Sutrisna juga menyiapkan petugas mulai dari petugas keamanan dengan bantuan Polres Karanganyar, Satpol PP dan Dinas Perhubungan Sragen, serta petugas medis dari Dinas Kesehatan Kabupaten (DKK) Sragen. Dia memastikan semua harus benar-benar siap termasuk denah lokasi dan alur peserta.


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya

Kolom

Langganan Konten