Perdana CFD Colomadu, Masih Banyak Pengendara Motor Curi-curi Kesempatan

Masih banyak pengendara motor nekat melintas di area bebas kendaraan bermotor pada gelaran perdana CFD Jl. Adisucipto di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Minggu (25/9/2022).

Minggu, 25 September 2022 - 17:05 WIB Penulis: Akhmad Ludiyanto Editor: Sri Sumi Handayani | Solopos.com

SOLOPOS.COM - Kesenian reog turut memeriahkan pembukaan CFD Colomadu, Karanganyar, Minggu (25/9/2022). (Solopos/Akhmad Ludiyanto)

Solopos.com, KARANGANYAR — Masih banyak pengendara motor yang nekat melintas di area bebas kendaraan bermotor pada gelaran perdana Car Free Day (CFD) Jl. Adisucipto di Kecamatan Colomadu, Kabupaten Karanganyar, Jawa Tengah, Minggu (25/9/2022).

Pengendara sepeda motor hanya diperbolehkan memotong jalan menyeberang area CFD Colomadu di titik-titik perpotongan jalan yang sudah ditentukan. Selanjutnya, mereka masuk gang di seberangnya untuk meneruskan perjalanan.

Tetapi, sebagian dari mereka nekat mencuri-curi kesempatan menyusuri jalan di area CFD Colomadu. Pengendara motor itu menyelinap di antara orang-orang untuk menuju gang lain yang jaraknya lumayan jauh.

Pengunjung CFD yang mengetahui hal itu langsung menegur pengendara sepeda motor tersebut dan meminta mereka menepi. “Motor gak boleh lewat sini Pak. Masuk gang,” kata seorang pengunjung.

Meski ada pengendara motor yang nekat menyusuri area CFD Colomadu, masih banyak pengendara motor lain yang tertib dan tahu diri. Mereka keluar dari gang dan memotong jalan CFD langsung menuju gang lain di seberangnya. Bahkan, mereka mematikan mesin kendaraan dan menuntun sepeda motor untuk menghormati pejalan kaki.

Baca Juga : Perdana, Puluhan Ribu Orang Padati CFD Colomadu Sepanjang 3,4 Kilometer

Pemerintah Kecamatan Colomadu selaku panitia CFD akan melakukan evaluasi, terutama terkait petugas penjaga gang atau parkir. “Tentu dalam pelaksanaan CFD yang pertama ini masih ada kekurangan. Memang tadi masih ada sepeda motor yang melaju di area [CFD Colomadu]. Mungkin tidak terawasi oleh petugas karena di area CFD sepanjang simpang empat Colomadu hingga The Alana Hotel and Convention Center ini terdapat 48 gang. Nanti akan kami evaluasi,” ujar Camat Colomadu, Sriyono Budi Santoso, di sela-sela kegiatan.

Ia mengatakan evaluasi CFD Colomadu akan diadakan Rabu (28/9/2022). “Masing-masing bagian kami minta untuk memberikan laporan serta masukan untuk perbaikan pelaksanaan berikutnya Rabu pekan depan,” imbuhnya.

Selain masih ada pengendara motor yang nekat masuk ke area CFD Colomadu, Camat mengatakan ada pedagang kaki lima (PKL) dadakan yang ikut berjualan meski belum terdata panitia. Camat meminta penanggung jawab di masing-masing zona untuk mendata PKL dadakan itu agar dapat diatur sesuai tempat tersedia.

“Setiap penanggung jawab zona ini kami minta untuk mengatur perparkiran dan PKL. Jadi yang PKL baru ini kami minta untuk didata. Selain untuk pengaturan tempat, juga pendataan omzet. CFD ini kami minta PKL mengisi form omzet secara online di aplikasi website yang kami sediakan,” imbuhnya.

Sementara itu, para pedagang yang sudah terdaftar sebagai PKL CFD Colomadu sudah menempati lokasi pada zona yang ditentukan. Tohar, pedagang yang terdata sebagai PKL di depan Kantor Imigrasi Kelas I TPI Surakarta sudah menempati lokasi yang ditentukan. “Lokasi saya ini sudah sesuai,” ujar pedagang aneka minuman tersebut.

Baca Juga : CFD Colomadu Perlu Dimeriahkan Beragam Event Biar Awet Ramai

Hanya Untuk Anda

Inspiratif & Informatif
HEADLINE soloraya Alhamdulillah Lega! Warga Bengle Boyolali Dapat Bantuan Sumur Bor dari KIPS 11 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Tok! Hanya Naik Rp10.299, UMK 2023 Boyolali Diusulkan Rp2,1 Juta 44 menit yang lalu

HEADLINE soloraya Percepatan Pemulihan Pascapandemi Jadi Tema ISETH ke-8 UMS 1 jam yang lalu

HEADLINE soloraya UMK 2023 Klaten Diusulkan Naik 6,78%, Jadi Rp2,1 Juta 2 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Gending Bertema Persis Solo akan Dibawakan saat Pernikahan Kaesang-Erina 2 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Pidato Tuntas Subagyo saat DBLA di Purbayan Sukoharjo Membius Ribuan Orang 2 jam yang lalu

HEADLINE soloraya ISI Solo Siapkan 2 Grup Karawitan di Pernikahan Kaesang-Erina 3 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Tanpa Dukungan Penuh Pemkab, Wonogiri Sulit Capai Target Bebas AIDS Tahun 2030 3 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Fakta-Fakta Penangkapan Terduga Teroris di Sukoharjo Pada Kamis Pagi 4 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Sudah 40 Persen, DPU BMCK Jateng Hentikan Pekerjaan Jembatan Ganefo Sragen 4 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Menjelajahi Geopark Dunia di 7 Geosite Wonogiri 4 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Membeludak! Ribuan Orang Ikut Doa Bersama Lintas Agama di Purbayan Sukoharjo 5 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Truk Uruk Tol Solo-Jogja Terguling di Ceper Klaten, Tak Ada Korban Jiwa 5 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Pelat Baja Diganti Baru, Getaran di Jembatan Mojo Berkurang Drastis 5 jam yang lalu

HEADLINE soloraya Tenyata Ada 2 Warga Pendatang yang Pernah Ditangkap Densus 88 di Ngruki RT 01 5 jam yang lalu