SOLOPOS.COM - Ilustrasi Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jawa Tengah. (bkprn.org)

Perda Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) Jateng menurut kalangan legislator sudah waktunya direvisi.

Semarangpos.com, SEMARANG — Kalangan anggota DPRD Jawa Tengah menilai Peraturan Daerah (Perda) No. 6/2010 tentang Rencana Tata Ruang Wilayah (RTRW) sudah waktunya disesuaikan dengan perkembangan di lapangan. “Perda RTRW perlu direvisi karena sudah banyak terjadi perkembangan kebijakan tata ruang mulai dari tingkat pusat hingga daerah,” kata anggota Fraksi Partai Golkar DPRD Jateng Samsul Bahri di Kota Semarang, Kamis (15/3/2018).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Menurut dia, perkembangan tata ruang wilayah dipengaruhi faktor internal dan eksternal wilayah. Contoh faktor eksternal adalah dicanangkannya Program Nawa Cita dalam pelaksanaan pembangunan di Indonesia, yang dijabarkan dalam Peraturan Presiden Nomor 2 Tahun 2015 tentang RPJMN 2015-2019. Selain itu, terjadinya perubahan beberapa peraturan perundangan yang menjadi dasar hukum pembentukan Perda No. 6/2010.

“Dalam perkembangan perubahan dasar hukum Perda No. 6/2010, muncul kebijakan-kebijakan baru yang dapat memengaruhi substansi materi muatan Perda No. 6/2010,” ujarnya. Hal yang menjadi faktor internal, salah satunya perkembangan pembangunan di daerah yang dapat memengaruhi atau ditanggapi perkembangannya oleh RTRW Jateng.

Sekretaris Fraksi Partai Gerindra DPRD Jateng Sriyanto Saputro menambahkan RTRW mempunyai peran sentral dalam proses pembangunan daerah karena menjadi acuan penyusunan rencana pembangunan jangka pendek, menengah, maupun panjang. “Oleh karena itu, Fraksi Partai Gerindra berpendapat jika perubahan RTRW harus mampu menyinkronkan dan menyinergikan daerah-daerah di Jateng sehingga tidak terjadi tumpang tindih kepentingan antara kabupaten/kota di Jateng,” katanya.

Pelaksana Tugas Gubernur Jawa Tengah Heru Sudjatmoko mengaku sependapat dengan pendapat masing-masing fraksi DPRD Jateng, bahkan revisi Perda RTRW perlu dibahas serius oleh kalangan eksekutif dan legislatif.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya