SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, SOLO — Seorang pengamen, Maryanto alias Bagong, 24, tepergok saat hendak mencuri motor di Kampung/Kelurahan Danukusuman RT 003/RW 009, Serengan, Solo, Minggu (7/7/2013) siang. Warga Tanjunganom, Kwarasan, Grogol, Sukoharjo itu ditangkap oleh pemilik motor yang menjadi sasarannya.

Informasi yang dihimpun Solopos.com saat gelar tersangka dan barang bukti di Mapolsek Serengan, Kamis (18/7/2013), Maryanto melancarkan aksinya menggunakan modus menyalakan mesin motor sasaran, Suzuki Crystal berpelat nomor AD 3216 NH, pukul 14.00 WIB. Nahas baginya, mesin motor yang dinyalakan Maryanto dengan cara menggenjot tuas tidak berhasil kendati digenjot berulang kali. Usaha Maryanto pun mengundang perhatian pemilik motor, Mathius Joko Priyanto, yang ketika itu sedang berada di dalam rumah. Pemilik motor yang memergoki Maryanto tengah menggenjot tuas motornya langsung menghampiri dan menanyainya.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Maryanto yang telanjur tepergok kepada Mathius berdalih hanya ingin meminggirkan motor itu. Tak percaya dengan alasan tersebut Mathius menangkap dan menggelandang Maryanto ke Polsek Serengan.

Kapolsek Serengan, Kompol Edy Sulistiyanto, kepada wartawan mengungkapkan, saat ditanya korban tersangka semula tidak mengakui perbuatannya. Tetapi, setelah diperiksa penyidik ia mengakui akan mencuri motor korban. Atas dasar itu, kata Edy, penyidik menjeratnya dengan Pasal 53 junto Pasal 362 KUHP tentang Percobaan Pencurian. Barang bukti berupa satu unit motor milik korban yang hendak dicuri tersangka  disita petugas.

“Perbuatan tersangka baru percobaan. Kendati demikian perbuatan itu sudah termasuk melanggar hukum. Makanya kami menjeratnya dengan pasal percobaan pencurian,” papar Edy.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya