SOLOPOS.COM - Suasana lomba gendong istri di Dusun Tumpak Ngawu, Playen Gunungkidul, Sabtu (20/9/2014).

Harianjogja.com, GUNUNGKIDUL– Tingginya angka perceraian di Gunungkidul membuat generasi muda di Dusun Tompak, Ngawu, Playen prihatin. Guna membina harmonisasi dalam berkeluarga, bertepatan dengan acara rasulan yang digelar Sabtu (20/9/2014), mereka menggelar lomba gendong istri di ladang yang berlumpur.

Tercatat sebanyak 25 pasangan mengikuti perlombaan tersebut. Panasnya matahari tak menghalangi semangat peserta di ladang yang berlumpur. Genangan air makin mempersulit bagi pasangan suami istri (pasutri) untuk bisa menyelesaikan perlombaan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Peserta harus menyelesaikan medan berlumpur sejauh 25 meter.Caranya, peserta laki-laki harus menggendong pasangannya pulang pergi dari titik start.

Ekspedisi Mudik 2024

Saat lomba berlangsung, banyak peserta yang berjibaku menyelesaikan medan yang berlumpur. Malahan, banyak pula peserta yang harus jatuh bangun dalam ladang yang penuh digenangi air tersebut.

Kontan saja, saat ada peserta yang jatuh dan bermandikan lumpur, langsung disambut gelak tawa dari ratusan penonton yang hadir.

Meski peserta harus susah payah menyelesaikan lomba, tak ada hadiah yang wah dari perlombaan tersebut. Sebab, hadiah diberikan, hanya sebatas alat pelengkap kebutuhan rumah tangga, mulai dari kompor gas dua tungku, hingga hadiah kejutan laniinya.

Namun, tujuan utama diadakan lomba, yakni sebagai sarana mempererat hubungan antar suami istri. “Tujuan dari kegiatan lomba, untuk menghangatkan kembali hubungan suami istri. Mungkin, dengan lomba itu bisa mengingatkan kembali masa-masa indah saat berpacaran dulu,” kata Ketua Karang Taruna Dusun Tompak, Suharjono, saat ditemui di sela-sela acara.

Menurut dia, kegiatan ini juga sebagai bentuk keprihatinan terhadap tingginya angka perceraian di Gunungkidul. Harapannya, lomba gendong istri untuk mengingatkan kepada seluruh warga, apabila sudah berkomitmen dalam membina bahtera rumah tangga, harus siap terhadap segala risikonya, baik dalam keadaan suka maupun
duka.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya