Percepat Vaksinasi Covid-19, Polres Sukoharjo Gandeng Mahasiswa Jadi Sukarelawan

Polres Sukoharjo menggandeng puluhan mahasiswa tingkat akhir dari sejumlah perguruan tinggi menjadi sukarelawan vaksinasi Covid-19.

 Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyematkan pita kepada perwakilan mahasiswa yang menjadi sukarelawan tenaga vaksinasi di Mapolres Sukoharjo pada Kamis (22/7/2021). (Istimewa/Humas Polres Sukoharjo)

SOLOPOS.COM - Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan menyematkan pita kepada perwakilan mahasiswa yang menjadi sukarelawan tenaga vaksinasi di Mapolres Sukoharjo pada Kamis (22/7/2021). (Istimewa/Humas Polres Sukoharjo)

Solopos.com, SUKOHARJO — Polres Sukoharjo menggandeng mahasiswa semester akhir dari sejumlah perguruan tinggi untuk menjadi sukarelawan dalam percepatan vaksinasi Covid-19 di Kabupaten Jamu.

Kapolres Sukoharjo AKBP Wahyu Nugroho Setyawan mengatakan pelatihan terhadap sukarelawan kegiatan vaksinasi telah dilakukan belum lama ini. Mereka di antaranya anggota bhayangkari berlatar belakang tenaga kesehatan sebanyak 15 orang. Kemudian mahasiswa Universitas Aisyiyah 20 orang dan mahasiswa Universitas Duta Bangsa 10 orang.

“Kami mengucapkan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada ibu Bhayangkari dan adik-adik mahasiswa semester akhir yang mau terlibat sebagai relawan kegiatan vaksinasi untuk Sukoharjo,” katanya, Jumat (23/7/2021).

Baca Juga: Respons Aduan PKL, Pemkab Sukoharjo Bareng Baznas Salurkan 5.010 Paket Sembako

Kapolres menuturkan situasi pandemi butuh keterlibatan semua masyarakat dalam penanganan dan vaksinasi Covid-19 termasuk Polres Sukoharjo dan mahasiswa.

Keterlibatan ini dilakukan secara sinergis dan solid dengan mengerahkan semua kemampuan dan sumber daya dalam rangka penanganan pandemi Covid-19.

Apalagi kini pemerintah sedang mendorong program vaksinasi sebanyak-banyaknya untuk dapat mencakup semua lapisan masyarakat dengan harapan dapat tercapai herd immunity. Dalam pelaksanaan program vaksinasi ini ada beberapa tahap yang harus dilalui mulai pendaftaran, screening, vaksinasi, dan observasi.

Baca Juga: Waspada! Covid-19 Varian Delta Ditemukan di Sukoharjo

“Tentunya dibutuhkan banyak tenaga yang terlibat dalam pelaksanaan vaksinasi. Sehingga peran ibu-ibu Bhayangkari dan mahasiswa ini sangat berarti,” katanya.

Vaksinasi Warga Usia 18 Tahun Ke Atas

Saat ini, Pemkab Sukoharjo tengah gencar melaksanakan program vaksinasi. Pemkab bersama PT Konimex, Kementerian Kesehatan dengan didukung The Park Mall Solo Baru dan Halodoc mengadakan vaksinasi corona. Sasarannya warga usia minimal 18 tahun.

Vaksinasi tersebut dimulai 26 Juli mendatang dengan melakukan pendaftaran secara online melalui aplikasi Halodoc. Syarat untuk bisa mengikuti vaksinasi tersebut adalah masyarakat umum minimal usia 18 tahun dan memiliki KTP Sukoharjo.

Baca Juga: Tak Ada Pelamar, Pendaftaran Lelang Jabatan Direktur RSUD Ir Soekarno Sukoharjo Diperpanjang

Untuk menghindari kerumunan, pendaftaran hanya dapat dilakukan secara online dan tidak menerima pendaftaran di tempat. Ada pun link pendafarannya adalah https://halodoc.page.link/qcvEG2YU1Ab1m7Lh8.

Link tersebut akan masuk ke Google Play dan sebelum mendaftar harus mengunduh aplikasi Halodoc terlebih dahulu. Baru setelah itu, pendaftaran dilakukan melalui aplikasi tersebut.

Baca Juga: PPKM Darurat Diperpanjang, Aliansi Elemen Sukoharjo Adukan Nasib Ke DPRD

Sekretaris Daerah (Sekda) Sukoharjo, Widodo, menyampaikan kegiatan vaksinasi tersebut merupakan program Corporate Social Responsibility (CSR) PT Konimex yang memberikan vaksinasi gratis untuk masyarakat Sukoharjo usia 18+.

Semua warga Sukoharjo bisa mengikuti vaksinasi tersebut. “Target peserta tiap hari 1.000 orang daan secara keseluruhan ditargetkan sebanyak 20.000 orang peserta vaksinasi,” ujarnya.


Berita Terkait

Berita Terkini

Kasus Covid-19 Klaster PTM Solo Tersebar di 8 Sekolah, Ini Perinciannya

Temuan kasus konfirmasi positif Covid-19 di kalangan siswa dan guru yang menggelar PTM di Kota Solo tersebar di delapan sekolah SD dan SMP.

3 Fasyankes di Sukoharjo Ini Layani Vaksinasi Tanpa Syarat Domisili

Tiga fasilitas layanan kesehatan di Kabupaten Sukoharjo melayani vaksinasi warga tanpa memandang domilisi selama sepekan ke depan.

Warga Bantaran Mojolaban Sukoharjo Ternyata Banyak Yang Belum Vaksin

Warga bantaran Sungai Bengawan Solo wilayah Mojolaban, Sukoharjo, antusias mengikuti vaksinasi Covid-19 digelar Komunitas Omah Sambung dan Kodim Sukoharjo.

Solar Langka di Soloraya, Pertamina Tegaskan Tak Ada Pengurangan Kuota

Pertamina menyatakan tidak ada pengurangan kuota BBM bersubsidi jenis solar yang belakangan ini banyak dikeluhkan langka di wilayah Soloraya.

Puluhan Sapi Ikut Promosi Festival Kuliner Solo, Ternyata Ini Alasannya

Panitia Festival Kuliner Internasional Solo melibatkan para peternak sapi tunggang dari Boyolali dan Karanganyar dalam promosi agenda tersebut, Kamis (21/10/2021).

Jika Kondisi Darurat, Wonogiri Aktifkan Lagi Tempat Isoter

Pengaktifan kembali tempat isoter di Gedung PGRI menyesuaikan kasus Covid-19.

Tak Diizinkan Orang Tua, Sebagian Siswa SMP di Wonogiri Tak Ikuti PTM

Keikutsertaan siswa SMP dalam PTM terbatas tergantung keputusan siswa/orang tua/wali.

100.000-An Warga Solo Tak Punya Akta Kelahiran, Diduga Ini Penyebabnya

Ternyata masih banyak warga Solo yang belum memiliki akta kelahiran, jumlahnya mencapai 18% atau hampir 100.000 orang dari total penduduk Kota Bengawan.

Automatic Ozone Machine Bikin PTM di SDN II Butuhan Klaten Kian Nyaman

Dua siswa kelas V SDN II Butuhan, Delanggu, mampu membikin automatic ozone machine yang berfungsi membunuh virus dan bakteri dalam suatu ruangan (termasuk Covid-19).

Projo Fasilitasi 1.400 Dosis Vaksinasi di Banyudono Boyolali

 Banyudono dipilih menjadi lokasi sentra vaksinasi ini lantaran cakupan vaksinasi terbilang rendah.

Zona Hijau, Satgas Covid-19 Butuhan Klaten Tetap Gelar Operasi Yustisi

Operasi yustisi yang melibatkan pamong desa, polisi, sukarelawan, dan lainnya di Butuhan itu digelar setiap satu kali dalam sepekan.

Cerita Karyawan Pinjol Bikin IRT di Wonogiri Bunuh Diri: Gajinya Besar

Karyawan perusahaan pinjol ilegal yang diduga menyebabkan ibu-ibu di Wonogiri bunuh diri mengaku digaji besar dan mendapat fasilitas apartemen.

Mantap! Sukoharjo Ekspor Beras Mulai Tahun Depan

Pemkab Sukoharjo menargetkan bisa mulai ekspor beras yang ditanam menggunakan metode Indeks Pertanaman (IP) 400 pada 2022 mendatang.

Umbul Pelem Klaten Bayarkan Iuran BPJS Ketenagakerjaan Ratusan Warga

Umbul Pelem, Wunut, Klaten, membayarkan iuran jaminan sosial BPJS Ketenagakerjaan kepada 650 kepala keluarga.

Selter Pasar Ikan Sumbang Transaksi hingga Rp1 Miliar di SGS 2021

Merchant sektor kuliner khususnya selter Pasar Ikan menyumbang transaksi hingga Rp1 miliar pada event SGS 2021 hingga Kamis (21/10/2021).

Alun-Alun Wonogiri Dibuka, PKL Wajib Ingatkan Konsumen Tak Bermasker

Pemkab Wonogiri membolehkan pedagang kaki lima (PKL) berjualan lagi di kawasan alun-alun mulai Sabtu (16/10/2021) malam.