SOLOPOS.COM - Bukit yang ada di Dusun Karang Lor, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, dikepras menggunakan bahan peledak dinamit.

Solopos.com, GUNUNGKIDUL — Bukit yang ada di Dusun Karang Lor, Jepitu, Girisubo, Kabupaten Gunungkidul, DI Yogyakarta, dikepras menggunakan bahan peledak dinamit. Pengeprasan bukit itu untuk pembangunan Jalur Jalan Lintas Selatan (JJLS).

“Yang jelas aspek keamanan harus benar-benar diperhatikan,” kata Lurah Jepitu, Sudarta, kepada Harianjogja.com (Solopos Media Group), Rabu (26/10/2022).

Promosi Sejarah KA: Dibangun Belanda, Dibongkar Jepang, Nyaman di Era Ignasius Jonan

Dia mengatakan peledakan bukit menggunakan dinamit untuk mempercepat pembangunan JJLS sudah disosialisasikan kepada warga. Sosialisasi pertama dilakukan di balai kalurahan, sedangkan kedua langsung mendatangi rumah-rumah warga sekitar lokasi.

“Sudah agak lama dan saya tidak ingat waktu pastinya. Yang jelas, warga sudah diberikan sosialisasi,” katanya.

Baca Juga: Banyak Hewan Liar Masuk Rumah di Jogja saat Musim Hujan, Ada Ular hingga Musang

Sudarta tidak mengetahui kapan peledakan dilaksanakan, namun pada Selasa (25/10/2022) sore sudah ada uji coba. Sebelum peledakan dilakukan, ada tim yang bertugas menyisir agar warga tidak berada di sekitar lokasi.

“Meski disisir agar steril. Tapi, ada juga warga yang melihat, namun dari jarak yang aman karena di lokasi juga ada pekerja maupun unsur dari TNI,” katanya.

Ia memastikan Pemerintah Kalurahan Jepitu mendukung penuh program pembangunan JJLS karena ada harapan dapat meningkatkan roda perekonomian masyarakat. Hanya saja, untuk pelaksanaan pembangunan diminta memperhatikan faktor keamanan sehingga prosesnya tidak meresahkan atau membahayakan bagi warga.

Baca Juga: Ini Deretan Tempat Wisata yang Lokasinya Dekat dari Obelix Village Jogja

“Untuk teknisnya kami serahkan ke rekanan yang mengerjakan karena proses sudah berjalan dan tanah warga juga sudah dibebaskan. Jadi, kami minta pelaksanaannya [khususnya peledakan bukit] benar-benar memperhatikan aspek keamanan,” katanya.

Berita ini telah tayang di Harianjoga.com dengan judul Bukit di Gunungkidul Diledakkan Pakai Dinamit, Pemdes Cemaskan Keamanan Warga

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya