SOLOPOS.COM - Disiplin seperti yang biasa diterapkan di dunia kemiliteran memiliki manfaat antara lain untuk meningkatkan kepercayaan diri. (en.wikipedia.org)

Disiplin seperti yang biasa diterapkan di dunia kemiliteran memiliki manfaat antara lain untuk meningkatkan kepercayaan diri. (en.wikipedia.org)

Disiplin seperti yang biasa diterapkan di dunia kemiliteran memiliki manfaat antara lain untuk meningkatkan kepercayaan diri. (en.wikipedia.org)

Ih, kamu kepedean deh! Mungkin orang suka bilang gitu ketika kita kelihatan sangat yakin dengan yang kita lakukan atau katakan. Jangan khawatir. Kadang-kadang kepedean lebih baik daripada kita tenggelam karena rasa minder dan tidak pede.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Bahkan seperti yang disebutkan dalam sebuah artikel di Time.com, kita bisa sedikit “berlebih percaya diri.” Sedikit melebihkan kepercayaan diri bisa menjadi pemicu kinerja dan meningkatkan produktivitas.

Tapi ketika benar-benar sedang dalam kondisi anjlok rasa pede kita, apa yang bisa dilakukan? Adakah cara cepat untuk mengembalikan rasa pede dan keyakinan diri kita?

1.) Lihat lagi daftar kemampuan kita
Meninjau ulang daftar kemampuan, keahlian atau prestasi yang kita miliki, khususnya yang biasa kita tuliskan di daftar riwyat hidup kita, bisa mengingatkan kepada seberapa berbakat kita sebenarnya. Dengan melihat dan mengingat kembali apa saja kelebihan yang kita miliki, kita bisa mengatrol lagi derajat kepedean kita.

Tapi gimana kalau kita enggak punya prestasi yang menurut kita layak dibangggakan? Ingat saja, prestasi tidak selalu harus diwujudkan dengan piala, medali atau piagam. Pujian yang pernah kamu terima terkait kemampuanmu, entah itu pujian dari guru di kelas, pujian dari orang tua, atau ucapan terima kasih dari seseorang yang pernah kamu bantu bisa membuatmu berpikir bahwa kau pernah melakukan sesuatu yang berarti dan itu penting.

2.) Berdiri dan duduklah dengan tegak!

Pikiran akan menggerakkan badan kita. Tapi cara kita bergerak juga mempengaruhi pikiran kita. Sejumlah riset terbaru menunjukkan kita bisa mempengaruhi cara berpikri dan bersikap melalui perubahan pada cara kita duduk, berdiri dan bergerak.

Disiplin militer yang juga biasa diterapkan di luar insititusi militer seperti dalam pelatihan paskibra juga selalu menuntut personel yang dilatih untuk berdiri tegak. Alasannya jelas: ada koneksi antara postur tubuh dengan kekuatan dan wibawa yang selalu ditunjukkan dari waktu ke waktu.

Jadi, tiap kali kamu ingin memberikan kesan positif terhadap dirimu, segera tegakkan tubuhmu!

3.) Bicara dengan diri sendiri
Bicara dengan diri sendiri, kalau bisa dengan suara keras disebut bisa memperbaiki daya ingat, membantu memfokuskan diri dan bahkan meningkatkan kinerja fisik tubuh. Tapi jangan di depan umum ya… bisa-bisa dikira… hehehe…

Nah, lantas apa yang bisa diungkapkan? Ucapkan saja kata-kata yang positif. Kalau kita sedang ragu-ragu dengan kemampuan diri kita, bantahlah diri kita, debat keraguan diri itu.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya