SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

JOHANNESBURG— Sejumlah pemain mencuri perhatian publik ketika Piala Dunia 2010 memasuki hari ke-11, namun gelandang Portugal ini menunjukkan performa paling menakjubkan.
Tiago mengantar Portugal meraih kemenangan meyakinkan 7-0 atas Korea Utara. Hebatnya, ia mencetak dua gol dan melakukan dua assists di pertandingan tersebut. Ia juga tampil stabil sepanjang pertandingan, sekaligus menjadi motor serangan.

Dikutip dari goal.com, Tiago memulai karier sepak bola profesional di Braga dan langsung tampil impresif. Dia menjadi pasukan inti klubnya pada usia muda. Di klub ini, Tiago menolong klubnya lolos ke kualifikasi Piala UEFA.

Promosi Mendamba Ketenangan, Lansia di Indonesia Justru Paling Rentan Tak Bahagia

Tiago dikenal jago takling dan punya penjagaan wilayah prima. Meski sebagai gelandang bertahan, Tiago terbukti piawai mencetak gol. Ketika bergabung dengan Benfica setelah tiga tahun di Braga, ia mencetak 13 gol pada musim pertamanya.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia kemudian ditarik Jose Mourinho ke Chelsea. Namun ia gagal menjadi pilihan pertama di London, hingga membuatnya memilih hengkang ke Prancis bersama Lyon. Sebelum ke Atletico Madrid, Tiago sempat berlabuh di Juventus.

Bersama Timnas Portugal, Tiago menjadi penggawa tak tergantikan. Pada Piala Dunia 2006 di Jerman, ia bermain lima kali atau seluruh laga yang dijalani Portugal. Di Afrika Selatan pada Piala Dunia 2010 ini, ia tetap menjadi andalan.

Seusai sukses membawa Portugal meraih kemenangan besar, Tiago mantap menatap laga berikutnya melawan juara dunia lima kali, Brazil. Pesta gol setidaknya menambah kepercayaan diri skuat Seleccao, julukan Portugal.

“Sekarang kami bisa sedikit bernapas dan bersiap-siap melanjutkan laga. Sekarang kami lebih percaya diri. Memang tak mudah menghadapi Brazil, tapi kami akan mencoba mengambil alih posisi puncak grup,” ujar Tiago kepada fifa.com

Nama lengkap: Tiago Cardoso Mendes
Nama panggilan: Tiago
Tanggal lahir: 1 Mei 1981
Tempat lahir: Viana do Castelo
Kewarganegaraan: Portugal
Tinggi badan: 178 cm
Berat badan: 70 kg.
Posisi: Gelandang

JIBI/SOLOPOS/vdy/kha/Rtr

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya