SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

GUNUNGKIDUL—Zona selatan Gunungkidul yang notabene merupakan wilayah perbukitan seharusnya memiliki saluran drainase yang baik. Tujuannya agar tidak terjadi penumpukan air di satu titik tanah sehingga menyebabkan rekahan.

“Pada intinya amblesan tanahini terjadi karena mengumpulnya air di suatu cekungan tanah. Hal ini bisa di minimalisir jika warga memiliki saluran drainase,” papar Dosen Geologi UGM, Saptono, disela melihat dari dekat kondisi rekahan tanah di Desa Pundungsari, Gunungkidul, kemarin.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Terkait kondisi rekahan saat ini, Saptono mengimbau warga tidak terlalu cemas. Fenomena ini lanjut dia adalah hal lumrah dalam kajian ilmu Geologi. Apalagi secara geografis wilayah Gunungkidul didominasi wilayah perbukitan.

Dia meminta warga secepatnya menimbun dengan tanah jika melihat ada rekahan baru. “Secepatnya ditimbun akan lebih baik. Sebab jika hujan turun maka potensi amblesan akan meningkat,” tandas dia. (HARIAN JOGJA/Sunartono dan Kurniyanto)

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya