Perbanyak Ibadah di Bulan Dzulhijjah

Dzulhijjah menjadi bulan yang baik untuk memperbanyak ibadah.

 Ilustrasi orang beribadah. (Freepik.com)

SOLOPOS.COM - Ilustrasi orang beribadah. (Freepik.com)

Solopos.com, SOLO - Dzulhijjah disebut paling istimewa dari bulan-bulan haram (bulan suci) lain. Di dalam Bulan Dzulhijjah terdapat ibadah haji bagi yang mampu. Bulan paling di agungkan karena terdapat limpahan kebaikan.

Dinukil dari nasehat al-Habib Zein bin Ibrahim bin Smith, telah datang riwayat beberapa hadis dari Rasulullah Shallallahu ‘Alaihi Wasallam tentang anjuran melakukan amal kebajikan di sepuluh hari Dzulhijjah. Rasulullah bersabda bahwa tidak ada amal kebajikan yang di dalamnya lebih Allah cintai dari 10 hari Dzulhijjah.

PromosiNimo Highland, Wisata Hits di Bandung yang Mirip Santorini Yunani

Rasulullah kembali ditanya; “tidak pula jihad di jalan Allah ya Rasulullah?” Rasulullah menjawab; “tidak pula jihad di jalan Allah kecuali seorang laki-laki yang keluar dengan membawa diri dan hartanya kemudian ia tidak kembali lagi.”

Video Viral Sunmori di Tawangmagu, Pemotor Berjubel di Cemoro Kandang

Setiap hari mulai tanggal satu mengandung cerita tentang kebesaran Allah bersama para nabi. Misalnya hari pertama Dzulhijjah adalah ketika Allah mengampuni Nabi Adam AS. Hari kedua Dzulhijjah ialah hari ketika Allah mengabulkan doa Nabi Yunus AS dengan mengeluarkannya dari mulut ikan. Siapa yang berpuasa pada hari itu seakan-akan telah beribadah selama setahun penuh tanpa disertai kemaksiatan sekejap mata sekalipun.

Selanjutnya puasa hari kedelapan atau tarwiyah dilakukan untuk memperingati kisah ketaatan Nabi Ibrahim AS. Terakhir adalah ibadah puasa arafah pada hari kesembilan Dzulhijjah. Hadist Riwayat (HR) Muslim menuliskan bahwa puasa di hari ini mampu menghapus dosa-dosa selama dua tahun yakni setahun yang silam dan setahun akan datang.

10 Hari Awal

Motivator remaja muslim yang juga pendiri komunitas Pemuda Hijrah Ikhwatufillah, Azmi Assegaf, saat diwawancara Solopos.com, Selasa (14/7/2020), mengatakan sepuluh hari di awal bulan Dzulhijjah ini sungguh mulia. Maka kita diminta beramal saleh sebanyak-banyaknya pada waktu tersebut. Misalnya perbanyak zikir dan istighfar pada malam hari kemudian berpuasa di siang hari.

“Tentunya puasa membuat kita lebih dekat dengan Allah. Puasa satu hari saja yang dilakukan semata-mata karena Allah memiliki kemuliaan yang luar biasa. Mereka yang berpuasa satu hari saja semata-mata karena Allah maka dijauhkan dirinya dari siksa api neraka. Maka ahli puasa juga disebut ahli surga, bukan ahli neraka,” terangnya.

Azmi menambahkan puasa selama Dzuhijjah ini menyamai pahala puasa selama satu tahun. Menghidupkan satu malam dalam kurun waktu tersebut pahalanya menyamai malam lailatul qadr.

“Hendaklah memiliki jejak langkah kejujuran dalam kebajikan dan hendaklah ia berusaha untuk menghadang curahan rahmat Allah dengan cara memperbanyak dzikir dan do’a serta memperbanyak hadir ke majelis ilmu, dan berusaha dalam menghilangkan segala penghalang yang dapat menghalangi dari mendapatkan rahmad,” terangnya.

5 Bulan Ngenes, Pengelola Umbul Brintik Klaten Berharap Bisa Segera Buka

Nabi Muhammad Sholallahu Alaihi Wa Salam bersabda bahwa tidak ada yang paling afdhol di sisi Allah kecuali sepuluh hari pertama di bulan Dzulhijjah. Maka kita diminta memperbanyak tahlil dan takbir, dan berdzikir kepada Allah. Sesungguhnya puasa di hari tersebut menyamai puasa satu tahun dan beramal baik di hari-hari tersebut dilipatgandakan oleh Allah sampai 700 kali.

“Sebenarnya kita hidupkan hari-hari di bulan Dzulhijjah ini kembali pada peristiwa Nabi Ibrahim yakni keikhlasan. Mentarbiyah diri kita agar sabar, ikhlas dan selalu menerima ketetapan Allah SWT. Goalnya gimana kita tarbiyah diri kita agar ikhlas, sabar hadapi ujian Allah SWT. Juga bagaimana kita mendidik anak-anak kita,” tambahnya.

Daftar dan berlangganan Espos Plus sekarang. Cukup dengan Rp99.000/tahun, Anda bisa menikmati berita yang lebih mendalam dan bebas dari iklan dan berkesempatan mendapatkan hadiah utama mobil Daihatsu Rocky, sepeda motor NMax, dan hadiah menarik lainnya. Daftar Espos Plus di sini.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News

Solopos.com - Panduan Informasi dan Inspirasi

Berita Terkait

Berita Lainnya

      Berita Terkini

      Guru Besar FKUI Jelaskan Kerongkongan Bergeser seperti Kabar Lesti Kejora

      Guru besar Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia (FKUI) Prof. Tjandra Yoga Aditama beri penjelasan seputar kemungkinan kerongkongan bergeser seperti kabar yang berembus terkait kondisi Lesti Kejora.

      Ahli Imbau Anak-Anak Suntik Vaksin Gegara Kasus Covid Anak Naik

      Tren kasus positif Covid-19 anak-anak kian meningkat. Menurut Guru Besar Departemen Ilmu Kesehatan Anak FKUI-RSCM Prof. Dr. dr. Hindra Irawan Satari, Sp.A(K), MTroPaed terjadinya peningkatan Covid-19 ini akibat adanya aktivitas di ruang publik, termasuk Pembelajaran Tatap Muka (PTM) di sekolah.

      Arti Mimpi Pasangan Selingkuh

      Terasa menakutkan, berikut ini arti mimpi pasangan selingkuh.

      Ketahui Ciri Suami Selingkuh Menurut Psikolog

      Ada sejumlah ciri suami selingkuh menurut psikolog.

      5 Langkah yang Harus Dilakukan Para Korban KDRT seperti Lesti Kejora

      Saat menjadi korban KDRT, ketahui langkah apa sajakah yang harus diambil.

      Dialami Lesti Kejora, Begini Hukum KDRT dalam Islam

      Dialami oleh penyanyi dangdut Lesti Kejora, begini hukum KDRT dalam Islam menurut pandangan Nahdlatul Ulama (NU online).

      Arti Mimpi Dikejar Anjing Memiliki Pertanda Baik dan Buruk

      Tak selalu menakutkan, berikut ini arti mimpi dikejar anjing.

      Menakar Untung Rugi Cukai Minuman Berpemanis dalam Kemasan

      Pengenaan cukai untuk minuman berpemanis dalam kemasan (MBDK) ini memiliki dua tujuan mulia yaitu untuk tujuan menjaga kesehatan penduduk Indonesia serta memberi tambahan pemasukan negara.

      Ketahui Dampak Buruk saat Anak Terpapar Gula Tambahan Terlalu Dini

      Orang tua patut lebih bijak dalam memilih makanan dan minuman dalam kemasan yang baik untuk dikonsumsi buah hati agar anak tidak terkena dampak buruk terpapar gula tambahan. 

      Ukuran Payudara Besar Lebih Berisiko Terkena Kanker Ternyata Hanya Mitos

      Kenali gejala, faktor risiko, dan juga sederet mitos dari kanker payudara.

      Arti Mimpi Melahirkan Bukan Pertanda Buruk

      Arti mimpi melahirkan sangat beragam tergantung kondisi Anda saat mendapatkan bunga tidur itu.

      Akhir Petualangan Serigala Berbulu Domba, Ayah Sejuta Anak yang Menjual Anak

      Suhendra sempat mendapat julukan sebagai “Ayah Sejuta Anak” karena menampung 55 bayi yang kelahirannya di dunia tidak diinginkan orang tuanya. Namun, ia akhirnya ditangkap polisi karena terlibat kasus penjualan anak.

      Tips Menabung agar Gaji Tidak Menguap

      Agar gaji tidak menguap begitu saja, sebaiknya terapkan tips menabung berikut ini.

      Doa yang Dibaca saat Rabiul Awal, Bulan Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat doa yang dibaca saat Rabiul Awal, bulan Maulid Nabi Muhammad SAW.

      Khutbah Jumat Hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW

      Berikut ini terdapat contoh teks khutbah Jumat bertemakan tentang hikmah Maulid Nabi Muhammad SAW.