SOLOPOS.COM - JALAN SEHAT -- Bupati Wonogoro, H Danar Rahmanto (kanan, membelakangi lensa) menyalami peserta jalan sehat dalam rangkaian acara peringatan HUT ke-6 merger PD BPR BKK Wonogiri dan pengundian hadiah Tabungan Sicipta, Sabtu (21/1/2012). (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

JALAN SEHAT -- Bupati Wonogoro, H Danar Rahmanto (kanan, membelakangi lensa) menyalami peserta jalan sehat dalam rangkaian acara peringatan HUT ke-6 merger PD BPR BKK Wonogiri dan pengundian hadiah Tabungan Sicipta, Sabtu (21/1/2012). (JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono)

WONOGIRI – Wonogiri masih menduduki posisi terbawah dalam hal jumlah aset lembaga perbankan. Karena itu Bank Indonesia menegaskan potensi pasar keuangan di wilayah ini masih perlu lebih maksimal digarap karena prospeknya yang sangat besar.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Deputi Pemimpin Bank Indonesia (BI) Solo, Yiyok T Herlambang mengatakan, data di BI Solo pada November 2011, total aset lembaga perbankan di Wonogiri berada pada posisi buncit dari tujuh kabupaten/kota yakni senilai Rp1,58 triliun. Demikian juga kredit yang dikucurkan kepada masyarakat di Wonogiri masih rendah senilai Rp 2,03 triliun. Posisi pertama baik total aset maupun kredit diraih lembaga perbankan Solo, yaitu total aset senilai Rp 23,33 T dan jumlah kredit yang disalurkan senilai Rp 8,93 T.

Pernyataan itu disampaikan Yiyok T Herlambang saat ditemui Espos di sela-sela menghadiri acara penarikan undian Tabungan Sicipta PD BPR BKK Wonogiri Kota di pendapa Rumah Dinas Bupati, Sabtu (21/1/2012). “Kami berharap semua pengelola perbankan lebih maksimal lagi karena potensi di Wonogiri cukup besar. Apalagi rangking kepemilikan aset maupun penyaluran kredit di Wonogiri paling rendah di Soloraya,” ujarnya.

Sekda Wonogiri, Budiseno menyatakan, PD BPR BKK Wonogiri Kota berperan penting bagi Pemkab Wonogiri. menurutnya, PD BPR BKK menjadi salah satu lembaga penghasil pendapatan asli daerah (PAD). “Karenanya, tingkatkan pelayanan dan cari strategi yang tepat sehingga terjaring nasabah yang cukup banyak,” pesannya.

Dijelaskan oleh Budiseno, peran lain yang dimiliki PD BPR BKK adalah sebagai penggerak perekonomian masyarakat perdesaan. Sebelum dilakukan penarikan undian tabungan Sicipta (simpanan cocok idola pelajar dan wiraswasta) dilakukan jalan sehat dengan kibasan bendera star oleh Bupati Wonogiri, H Danar Rahmanto.

Direktur PD BPR BKK Wonogiri Kota, Sucipto menjelaskan, aset yang dimiliki hingga akhir Desember 2011 senilai Rp165,42 miliar atau naik 9,47% dibanding setahun sebelumnya yang hanya senilai Rp151,11 M dengan jumlah nasabah pada akhir Desember 2011 sebanyak 60.952 orang.

Menurutnya, jumlah nasabah itu terbagi atas empat jenis layanan tabungan, yakni tabungan masyarakat desa (tamades), simpanan cocok idola pelajar dan wiraswasta (sicipta), tabungan wajib dan deposito. “Agar tidak ditinggalkan nasabah, kami selalu menjalin komunikasi dengan nasabah. Salah satunya, mengikutsertakan pemilik usaha kecil di setiap kegiatan PD BPR BKK. Selain itu, menggelar bakti sosial seperti pendonoran darah, pemberian bantuan bibit kelapa dan penarikan undian,” paparnya.

Menyinggung soal Tabungan Sicipta, Sucipto menyatakan aset yang dihimpun dari masyarakat senilai Rp30,78 miliar atau naik 31,32% dibanding aset setahun sebelumnya yang hanya senilai Rp23,44 miliar. “Aset tersebut cukup spektakuler. Kenapa? Karena Tabungan Sicipta diperuntukkan bagi pelajar dan wirausaha. Jumlah nasabah pada akhir Desember 2011 tercatat sebanyak 19.303 orang dengan perbandingan fifty-fifty antara pelajar dengan wirausahawan,” katanya.
Hadiah utama Tabungan Sicipta berupa mobil pikap diraih oleh Sri Sukatmi, warga Lingkungan Jatirejo, Kelurahan Wonoboyo, Kabupaten Wonogiri.

JIBI/SOLOPOS/Trianto Hery Suryono

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya