SOLOPOS.COM - Perbankkan Syariah (Dok/JIBI)

Perbankan syariah diharapkan terus berkembang di Indonesia.

Kanalsemarang.com, SEMARANG-Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 4 Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (DIY) bekerja sama dengan perbankan syariah menggelar Expo IB Vaganza di Mall Ciputra Semarang, Kamis-Minggu ( 20-23/8/2015).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kegiatan yang diikuti sejumlah parbankan syariah tersebut dibuka Gubernur Jawa Tengah (Jateng) Ganjar Pranowo, Kamis (20/8/2015).

Kepala OJK Regional 4 Jateng dan DIY Y. Santoso Wibowo mengatakan kegiatan Expo IB Vaganza untuk mengkampanyekan lembaga kuangan syariah kepada masyarakat.

“Kami mentargetkan dalam acara ini bisa menggaet sekitar 10.000 nasabah baru syariah,” katanya.

Kampanye ini sangat penting karena menurut Santoso pertumbuhan industri perbankan syariah secara nasional masih kecil yakni di bawah 5%. “Pertumbuhan perbankan syariah secara nasional hanya 4,7 persen, kendati untuk Jateng dan DIY sudah mencapai enam persen,” ujarnya.

Sementara itu, Ganjar Pranowo meminta kalangan perbankan syariah agar menjemput bola dengan turun langsung mendatangi ke nasabah.

Pasalnya, ujar Ganjar, masih banyak pelaku usaha mikro kecil dan menengah (UMKM) dan calon pengusaha yang masih mengalami kendala permodalan.

“Perbankan syariah agar turun langsung menemui nasabah ke pasar-pasar pasti akan diterima nasabah,” ujar dia.

Perbankan syariah, sambung Ganjar bisa memanfaatkan kondisi ekonomi nasional sekarang ini setelah mata uang Tiongkok Yuan mengalami devaluasi.

”Konisi ekonomi yang lesu ini bisa dimanfaatkan perbankan syariah yang menggunakan sistem bagi hasil akan bisa diterima masayarakat,” kata Ganjar.

Manager Solopro selaku event organizer partner Dewi Lestari mengungkapkan Expo IB Vaganza diikuti 16 perbankan syariah, antara lain BCA syariah, BNI syariah, Panin bank syariah, BTPN syariah, Bank Syariah Bukopin, BRI syariah, Bank Syariah Mandiri, BPD Jateng syariah, dan Bank Mega syariah, CIMB niaga syariah, Bank Muamalat, Sinar Mas syariah, BPN syariah, Permata bank syariah, BII syariah, OCBC NISP syariah.

”Selama berlangsung acara juga digelar berbagai lomba semisal mewarnai, ensambel, IB idol, hadrah, dan fashion anak dan karyawan,” ungkap dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya