SOLOPOS.COM - Ilustrasi, layanan perbankan (JIBI/SOLOPOS/dok)

Ilustrasi, layanan perbankan (JIBI/SOLOPOS/dok)

SOLO—Kalangan perbankan siap memberikan pelayanan penuh pascalibur Lebaran, Kamis (23/8/2012) besok.

Promosi Program Pemberdayaan BRI Bikin Peternakan Ayam di Surabaya Ini Berkembang

Pemimpin BNI Solo Slamet Riyadi, Azwir Sanur menyampaikan selama libur Lebaran kemarin perbankan hanya bisa memberikan layanan terbatas. Termasuk BNI. “Pada Sabtu (18/8) hingga Rabu (22/8) ini kami tetap buka hanya dengan layanan terbatas. Tetapi, Kamis kami sudah buka penuh,” kata Azwir, saat dihubungi Solopos.com, Selasa (21/8).

Dia mengatakan, selama pelayanan terbatas, banyak nasabah BNI terutama kalangan pebisnis dan stasiun pengisian bahan bakar umum (SPBU) yang memanfaatkan layanan yang disediakan.

“Memang untuk layanan terbatas ini banyak dimanfaatkan oleh nasabah kami yang punya usaha. Meskipun hari libur, mereka tetap bisa melakukan setoran di bank agar uang usahanya lebih aman.”

Azwir menuturkan, dalam pelayanan terbatas nasabah bisa mendapatkan layanan perbankan seperti pada hari biasanya. “Hanya saja, pada layanan terbatas ini kami tidak melayani transfer antarbank dengan proses kliring serta ada pembatasan penarikan. Lebaran ini, penarikan tunai di bank kami batasi Rp50 juta hingga Rp100 juta saja. Tapi, untuk setoran tidak kami batasi.”

Meskipun kliring tidak bisa dilakukan, tetapi nasabah tetap bisa melakukan transfer antarbank dengan menggunakan ATM atau internet banking. Dengan demikian, lanjut Azwir, pengguna jasa ATM pada musim Lebaran kali ini pun meningkat. Bahkan, menurut prediksinya, transaksi di ATM meningkat dibanding Lebaran tahun lalu.

Deputi Kepala Perwakilan Bank Indonesia (BI) Solo Bidang Sistem Pembayaran dan Manajemen Intern (SPMI), Tigor Silalahi menyampaikan Kamis (23/8) besok seluruh perbankan mulai dari bank perkreditan rakyat (BPR) hingga bank umum sudah membuka layanannya secara penuh.

Dia mengatakan, saat libur Lebaran beberapa bank yang banyak memiliki nasabah dari kalangan bisnis dan anggota Hiswana Migas, tetap beroperasi dengan layanan terbatas. “Pelayanan terbatas itu adalah kebijakan masing-masing bank yang ingin meningkatkan servis bagi nasabahnya. Memang tidak semua bank, hanya bank-bank yang punya banyak nasabah bisnis dan SPBU.”

Tigor melanjutkan, Kamis besok BI juga siap kembali melayani penukaran uang rusak bagi masyarakat. “Kamis besok juga kami sudah mulai melakukan penukaran uang reguler di kantor baru. Tapi, pengalaman tahun lalu, penukaran uang pascalibur Lebaran  itu sangat sedikit,” kata Tigor.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya