Kategori: Kota Jogja

PERBANKAN JOGJA : UUS BPD DIY Raih Investor Best Syariah Awards 2016


Solopos.com/Kusnul Isti Qomah/JIBI/Harian Jogja

Perbankan Jogja meraih prestasi.

Solopos.com, JOGJA — Majalah Investor menggelar ajang penghargaan bagi institusi keuangan syariah baik bank baupun non-bank dengan tajuk Investor Best Syariah Awards 2016 di Jakarta, Rabu (10/8/2016). Pada kategori Unit Usaha Syariah (UUS) dengan aset dibawah Rp1 triliun, UUS Bank BPD DIY berhasil meraih penghargaan sebagai UUS terbaik.

Majalah Investor memberikan penghargaan kepada 13 institusi keuangan syariah terbaik yang dibagi dalam beberapa kategori. Penghargaan untuk BPD DIY diserahkan oleh Anggota Dewan Komisioner OJK Firdaus Djaelani kepada Direktur Pemasaran dan Usaha Syariah Bank BPD DIY Bambang Kuncoro.

“Penghargaan ini merupakan buah dari usaha keras seluruh jajaran Bank BPD DIY khususnya UUS yang berhasil mempertahankan bahkan meningkatkan kinerja di tengah perlambatan ekonomi,” ungkap Bambang Kuncoro dalam rilis yang diterima Solopos.com, Senin (15/8/2016).

Penghargaan tersebut diberikan berdasarkan penilaian tim juri Investor Best Syariah Awards yang terdiri atas para pakar di industri keuangan syariah yakni Adwarman Karim, Iggi Achsien, Shalfie Zein, dan Dr Josep Ginting. Penilaian dilakukan pada aspek kinerja keuangan institusi syariah yang sebagian besar mengacu pada penilaian institusi konvensional. Namun, untuk beberapa kriteria disesuaikan dengan parameter syariah. Sementara itu, pemeringkatan dilakukan dengan menggunakan penilaian kuantitatif berdasarkan kinerja finansial tahun 2015.

“Penghargaan ini melengkapi penghargaan-penghargaan yang telah diterima UUS Bank BPD DIY pada 2016 ini dan semakin memotivasi kami untuk melakukan spin off menjadi Bank BPD DIY Syariah,” ungkap dia.

UUS Bank BPD DIY berdiri sejak sembilan tahun yang lalu dengan kinerja yang sangat baik dari tahun ke tahun. Hingga Juli 2016, tercatat aset UUS Bank BPD DIY mencapai Rp509,2 miliar dengan jumah dana masyarakat yang berhasil dihimpun (DPK) sebesar Rp315,9 miliar. Pembiayaan mencapai Rp350,2 miliar. Selain itu, saat ini Bank BPD DIY Syariah telah mampu menjangkau wilayah DIY secara lebih luas karena telah memiliki 31 kantor Layanan Syariah termasuk office channeling di seluruh Kantor Cabang dan Kantor Cabang Pembantu Bank BPD DIY.

Sementara itu, Direktur Berita Satu Media Holdings Primus Dorimulu mengungkapkan, pemeringkatan institusi keuangan syariah merupakan satu upaya untuk mendukung pengembangan institusi keuangan syariah di Indonesia. Tahun ini adalah penyelenggaraan Investor Best Syariah Awards ke-11 yang diadakan majalah Investor.

Share
Dipublikasikan oleh
Mediani Dyah Natalia