SOLOPOS.COM - ILUSTRASI (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

ILUSTRASI (Sunaryo Haryo Bayu/JIBI/SOLOPOS)

SOLO—BNI bakal fokus melakukan edukasi perbankan kepada pedagang di pasar tradisional. Menurut Pemimpin BNI Solo Slamet Riyadi, Azwir Sanur edukasi kepada pedagang pasar tradisional akan sejalan dengan upaya BNI dalam melakukan ekspansi dan pendekatan terhadap pelanggan di pasar tradisional.

Promosi Keren! BRI Jadi Satu-Satunya Merek Indonesia di Daftar Brand Finance Global 500

“Edukasi yang kami lakukan biasanya mengenai pembukaan usaha, karena selama ini pedagang banyak yang tidak tahu bagaimana membuat pembukuan. Kedua, kami juga mengedukasi pedagang bagaimana mengontrol rekening di bank dengan cara-cara yang mudah, seperti SMS banking atau internet banking,” kata Azwir, saat ditemui wartawan, di sela-sela peresmian kantor layanan baru BNI Pasar Legi yang berlokasi di Jl S Parman 28, Senin (3/9/2012).

Menurut dia, saat ini para pedagang di pasar sudah banyak yang memanfaatkan layanan perbankan modern seperti SMS banking dan internet banking.

Dia juga mengatakan, edukasi mengenai perbankan secara umum juga disampaikan. “Edukasi ini penting karena saat ini marak sekali penipuan melalui SMS yang membawa institusi perbankan. Dan yang lebih penting, edukasi yang kami lakukan juga untuk memberantas rentenir atau bank plecit.”

Pihaknya berharap, dengan semakin banyaknya bank yang masuk ke pasar tradisional, pedagang tidak lagi memakai jasa rentenir atau bank plecit saat membutuhkan dana. Di Soloraya BNI sudah masuk ke beberapa pasar tradisional seperti Pasar Legi, Pasar Klewer, Pasar Pedan dan Pasar Nusukan.

Mengenai peresmian kantor layanan BNI di Pasar Legi, Azwir mengatakan secara kinerja kantor layanan tersebut bisa mencatat pertumbuhan rata-rata 5% hingga 10% per tahun. Menurutnya, pertumbuhan ini belum sesuai dengan harapan pihak manajemen.

Maka, BNI pun mengubah kantor layanan BNI Pasar Legi sesuai dengan standar layanan BNI. “Kami ingin semua kantor BNI seragam sesuai dengan corporate identity. Saat ini, customer servis kami di BNI Pasar Legi sudah ada dua orang, sebelumnya hanya satu.” Dengan upaya peningkatan standar layanan ini, pihaknya pun berharap kinerja BNI Pasar Legi semakin meningkat. “Harapannya banyak pedagang yang memanfaatkan layanan kami.”

Di lingkungan pasar, lanjut dia, nasabah pada umumnya mengakses layanan pembiayaan untuk usaha dagang mereka. “Tapi di sini semua produk pembiayaan kami sediakan.”

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya