SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Solopos.com, WONOGIRI — Pasangan Hartanto-Joko Purnomo atau Harjo yang diusung tiga partai politik akan menantang pasangan Joko Sutopo atau Jekek-Setyo Sukarno dalam Pilkada Wonogiri.

Pasangan petahana diusung PDIP yang menjadi partai terbesar di Wonogiri. Dua partai lainnya telah memberikan dukungan yaitu Partai Golkar dan PAN, meski surat rekomendasi dari dua partai itu belum keluar.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Sedangkan pasangan Harjo bakal masuk gelanggang pilkada setelah PKS resmi mengeluarkan surat rekomendasi, Sabtu (29/8/2020). Sebelumnya, PKB dan Partai Gerindra lebih dahulu mengusung Harjo.

Dukungan dari tiga partai itu membuat Harjo memenuhi ambang batas pencalonan untuk Pilkada Wonogiri yaitu didukung partai atau koalisi dengan minimal 9 kursi di DPRD Wonogiri.

Ekspedisi Mudik 2024

TNI Polri Dikerahkan Untuk Tekan Kasus Covid-19 di Madiun

Bagaimana kekuatan pasangan Jekek-Setyo dengan Harjo dalam Pilkada Wonogiri bila dibandingkan dari modal dukungan partai politik? Dari hasil Pemilu 2019 lalu, PDIP meraup suara terbanyak di Wonogiri.

Sebagaimana dikutip dari laman resmi KPU, partai berlambang banteng moncong putih itu meraup 325.465 suara. Sedangkan Partai Golkar mendulang 88.747 suara dan PAN mendapat 27.889 suara.

Bila suara tiga partai itu digabungkan, modal dukungan untuk Jekek-Setyo dalam Pilkada Wonogiri mencapai 442.101 suara.

Sedangkan Harjo punya modal dukungan dari tiga partai menengah di Wonogiri. Partai Gerindra dalam Pemilu 2019 mendulang 36.717 suara.

Perjuangan Mengatasi Kekeringan di Wonogiri, Begini Beratnya Eksplorasi Luweng Jomblang

Kemudian PKB mampu meraup 30.106 suara dan PKS mendapatkan 44.422 suara. Bila suara untuk tiga partai dari hasil Pemilu 2019 itu digabungkan menjadi 111.245 suara.

Meski suara partai tidak selalu berkorelasi dengan suara dalam pilkada, namun suara dari partai itu bisa menjadi modal awal pasangan yang berkompetisi.

Patahkan Prediksi

Ketua Dewan Pimpinan Cabang atau DPC PKB Wonogiri, Sumarwoto Umar, kepada Solopos.com, Sabtu (29/8/2020), menyampaikan keberhasilan PKB-Gerindra-PKS mengusung Harjo mematahkan prediksi hanya akan ada paslon tunggal di Pilkada Wonogiri.

Dia menegaskan kehadiran Harjo bukan sekadar untuk mewarnai pilkada, tetapi lahir dari aspirasi sebagian masyarakat yang ingin perubahan di Wonogiri.

Aspirasi itu menunjukkan ada hal-hal yang perlu diperbaiki. Koalisi PKB-Gerindra-PKS menjawab harapan warga dengan menyajikan Harjo sebagai pilihan.

Resmi! Harjo Bakal Maju Lawan Jekek di Pilkada Wonogiri 2020

Sekretaris DPC PDIP Wonogiri, Setyo Sukarno, menyatakan partainya terbuka kepada partai mana pun yang ingin berjuang bersama pada pilkada tahun ini.

PDIP juga menghormati langkah partai lain yang berusaha membangun koalisi untuk mengusung Harjo. PDIP memilih fokus memenangkan Jekek-Setyo Sukarno dalam Pilkada Wonogiri.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya