SOLOPOS.COM - Toyota All New Avanza dan All New Veloz dikenalkan untuk masyarakat Solo dan Yogyakarta di Kompleks Candi Prambanan, Yogyakarta, Rabu (24/11/2021). (Solopos-Bayu Jatmiko Adi)

Solopos.com, SOLO – Simak konsumsi BBM mobil-mobil Toyota Avanza matic berikut ini. Seperti diketahui, Avanza matic punya beberapa tipe dan masing-masing memiliki perbedaan soal konsumsi BBM.

Avanza matic dikenal untuk kelas mobil low MPV, itu sebabnya mobil Avanza matic menjadi salah satu mobil keluarga favorit di Indonesia. Menakar seberapa irit konsumsi BBM Avanza matic tentunya bertujuan untuk jangka panjang, yaitu dapat lebih menghemat biaya operasional mobil saat digunakan untuk mobilitas.

Promosi Ongen Saknosiwi dan Tibo Monabesa, Dua Emas yang Telat Berkilau

Semakin irit konsumsi BBM atau bahan bakar, tentu saja membuat pengeluaran untuk operasional hariannya juga akan semakin hemat. Untuk kamu yang penasaran apakah konsumsi BBM mobil Avanza matic boros atau tidak, dan juga seberapa banyak kadar konsumsinya, yuk simak ulasan berikut, dikutip dari Lifepal.

 

Konsumsi BBM Avanza Matic

Avanza sendiri terdiri atas berbagai tipe mobil Avanza dengan pilihan kapasitas mesin yang berbeda, misalnya Avanza matic 1.3 dan 1.5 serta ada juga Avanza Veloz.

Meski semuanya merupakan mobil besutan Avanza, namun masing-masing memiliki tingkat konsumsi bahan bakar yang berbeda.

 

1. Konsumsi BBM Avanza 1.3 G matic

Mobil Avanza Veloz 1.3 G matic dibekali dengan mesin 1NR-FE sekaligus teknologi Dual VVT-i yang diklaim mampu menghemat konsumsi bahan bakar. Dengan mesin tersebut mobil Avanza 1.4 G matic dapat menghasilkan tenaga hingga 95 hp pada 6.000 RPM serat torsi maksimum 125 Nm pada 4.000 RPM.

Untuk konsumsi BBM Avanza 1.3 matic sendiri bisa berbeda, tergantung pada kondisi jalan apakah macet atau lancar. Penggunaan bahan bakar untuk jenis mobil ini dalam kondisi jalanan lancar atau bebas hambatan adalah sekitar 14,8 km/liter.

Sedangkan, untuk penggunaan di jalan perkotaan atau jalan yang sering macet konsumsi bahan bakarnya adalah mencapai sekitar 12,4 km/liter. Konsumsi BBM Avanza ini merupakan hasil uji dengan kecepatan yang cukup stabil di 80 km/jam untuk jarak tempuh 100 km.

Bahan bakar yang digunakan adalah bensin Pertamax dengan RON 92. Penggunaan bahan bakar juga dapat mempengaruhi konsumsi bahan bakar, sehingga konsumsi BBM Avanza 1.3 G matic juga mungkin bisa berubah ketika mobil menggunakan bensin Pertalite dengan RON 90.

 

2. Konsumsi BBM Avanza 1.5 matic

Untuk mobil Avanza Veloz 1.5 matic sudah dibekali dengan mesin 2NR-FE sekaligus teknologi Dual VVT-i yang dapat menghemat penggunaan bahan bakar. Mesin ini dapat menghasilkan tenaga maksimum 102 Hp pada 6.000 RPM dan torsi maksimum 144 Nm pada 4.000 RPM.

Lalu bagaimana dengan konsumsi BBM Avanza Veloz 1.5 matic ini? Untuk penggunaan di jalanan perkotaan yang sering kali macet atau lalu lintasnya ramai, konsumsi BBM-nya adalah sekitar 11,6 km/liter.

Sedangkan, untuk penggunaan di jalan yang lancar dan bebas hambatan, konsumsi bahan bakar Avanza matic adalah sekitar 15,6 km/liter. Ini dengan asumsi bahwa mobil melaju dengan kecepatan stabil di 100 km/jam.

 

3. Konsumsi BBM Avanza Veloz matic

Toyota Avanza Veloz hadir dengan perbekalan mesin 1.500 cc kode 2NR-FE dan juga Dual VVT-i. Dengan mesin mobil ini Avanza Veloz mampu menghasilkan tenaga maksimum hingga 102 Hp pada 6.000 RPM dan torsi maksimum mencapai 144 Nm pada 4.000 RPM.

Avanza Veloz memiliki dua varian transmisi yaitu transmisi manual 5-speed dan otomatis 4-speed. Bagaimana dengan konsumsi bbm Avanza Veloz matic? Untuk penggunaan di jalur perkotaan, konsumsi BBM-nya mencapai 10,5 km/liter.

Sedangkan, untuk penggunaan di jalan tol atau jalan bebas hambatan adalah sekitar 14,8 km/liter. Konsumsi BBM Avanza Veloz ini juga diukur dengan menggunakan bahan bakar Pertamax RON 90.

 

 

Tips Menghemat Konsumsi BBM Avanza Matic

Pada umumnya pengukuran konsumsi BBM mobil memang bisa berbeda meskipun mobil yang digunakan sama. Hal ini tentu karena adanya faktor lain, mulai dari kondisi jalan, keramaian jalan, cara mengemudi, penggunaan bahan bakar dan sebagainya.

Ketika mengemudi mobil, ada beberapa trik untuk menghemat konsumsi bahan bakar mobil matic Avanza, di antaranya:

 



1. Terapkan eco driving

Eco driving merupakan gaya berkendara yang diklaim bisa menghemat penggunaan bahan bakar. Menerapkan eco driving artinya kamu harus berkendara secara wajar, tidak terlalu sering menginjak gas terlalu dalam dan juga mengerem secara mendadak.

Eco driving membuat kamu menghindari adanya hal-hal yang sifatnya mendadak. Misalnya saja saat kamu akan melakukan akselerasi, maka urut pedal gas perlahan hingga mendapatkan kecepatan maksimum.

Ketika akan melakukan deselerasi sebaiknya lakukan engine brake agar laju kendaraan melambat. Cara menyetir eco driving ini cukup efektif untuk menghemat bahan bakar mobil kamu.

 

2. Pastikan bahwa tekanan ban sesuai

Apakah tekanan ban memiliki korelasi dengan konsumsi BBM Avanza matic? Tentu saja ada. Tekanan angin ban mobil yang terlalu rendah akan membuat mobil mengeluarkan tenaga lebih besar ketika melaju, sehingga dapat mengakibatkan konsumsi bahan bakar menjadi lebih boros.

Akan tetapi jika tekanan ban dibuat terlalu tinggi juga bisa membahayakan pengendara, sebab mobil bisa saja goyang saat melaju dengan kecepatan tinggi. Untuk itu aturlah tekanan ban agar sesuai dengan rekomendasi pabrikan.

 

3. Gunakan bahan bakar RON 92

Untuk mobil Avanza sebaiknya gunakan bahan bakar dengan RON 92, salah satunya adalah Pertamax. Bahan bakar dengan RON 92 merupakan jenis bahan bakar yang paling sesuai dengan mobil Avanza. Dengan BBM RON 92, pembakaran akan berjalan lebih optimal sehingga konsumsi BBM juga akan semakin irit.

 

4. Mengurangi beban mesin

Tips selanjutnya untuk menghemat konsumsi BBM Avanza matic adalah dengan mengurangi beban mesin. Caranya tentu saja dengan menyingkirkan aksesoris mobil yang tidak terlalu penting, misalnya saja roof box, bumper dengan ukuran terlalu besar dan aksesoris berat lainnya.

Semakin berat beban mesin, maka akan semakin boros juga konsumsi bahan bakarnya.

Demikian perbandingan konsumsi BBM mobil Toyota Avanza matic.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya