SOLOPOS.COM - Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, bersama aparat dan masyarakat melakukan evakuasi korban tanah longsor di Desa Dukuh Waringin, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Minggu (28/5/2023). ANTARA/HO-BPBD Kudus

Solopos.com, KUDUS — Tiga buruh bangunan meninggal dunia akibat tertimbun material longsoran di Desa Dukuh Waringin, Kecamatan Dawe, Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, Minggu (28/5/2023). Ketiga jenazah korban kecelakaan kerja itu berhasil dievakuasi petugas.

Tiga buruh bangunan tersebut adalah Rasdi, 50; Sukaryadi, 38; dan Warsan, 45. Ketiganya merupakan warga Desa Dukuh Waringin, Kecamatan Dawe.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Kasi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kudus, Ahmad Munaji, mengatakan ketiga korban meninggal merupakan pekerja bangunan yang tengah melakukan perbaikan talud pada tebing setinggi 12 meter untuk penyangga jalan di Desa Dukuh Waringin-Ketanggi.

Ekspedisi Mudik 2024

Dia menuturkan kecelakaan kerja ini terjadi saat delapan orang pekerja, termasuk ketiga korban tersebut melakukan aktivitas perbaikan talud pada tebing setinggi 12 meter untuk peyangga jalan.

Namun, karena kontur tanah yang labil dan tidak adanya penyangga darurat sekitar pukul 13.30 WIB, tanah sandaran longsor. Material longsoran ini menimpa pekerja yang berada di bawah untuk membuat lubang pondasi.

“Ketiga korban tertimbun material longsor pada lubang yang sama,” ujarnya, Minggu.

Mengetahui ada pekerja yang tertimbun material tanah longsor, pekerja yang selamat meminta bantuan warga desa setempat dan pihak terkait untuk evakuasi korban.

Evakuasi korban, kata dia, berhasil dilakukan pada pukul 14.30 WIB, kemudian jenazah diperiksa oleh Tim Indonesia Authomatic Fingerprint Identification System (Inafis) atau Identifikasi Polres Kudus.

Kemudian ketiga jenazah korban dibawa ke Puskesmas Rejosari untuk dilakukan pemeriksaan. Hasilnya, pada jenazah korban tidak ada tanda-tanda kekerasan, melainkan luka di wajah dan dada akibat tertimpa material tanah longsor.

“Setelah itu, korban dibawa ke rumahnya masing-masing untuk dikebumikan pada Minggu malam,” ujarnya.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya