Perbaikan Jalan di Grobogan Susut Karena Covid-19
Pekerja melakukan kegiatan perbaikan di salah satu jalan yang rusak di Kabupaten Grobogan. (Murianews.com- Dani Agus)

Solopos.com, PURWODADI — Proyek perbaikan jalan yang dilakukan Dinas Pekerjaan Umum dan Perimahan Rakyat atau DPUPR Kabupaten Grobogan, Jawa Tengah pada tahun anggaran 2020 ini menyusut gara-gara pandemi Covid-19. Tahun ini DPUPR hanya melelang 17 proyek perbaikan jalan.

Jumlah paket lelang pekerjaan perbaikan jalan di DPUPR Grobogan tahun 2020 yang menyusut jauh dari tahun 2019 itu ditekan oleh terpakainya dana daerah untuk penanggulangan Covid-19. Pada tahun anggaran lalu, Lembaga Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) dilelang ratusan paket pekerjaan.

Ini Catatan Sejarah Kantor Denhubrem 073 Salatiga

Kepala DPUPR Grobogan Een Endarto menyampaikan pada penetapan APBD 2020 anggaran yang dimiliki senilai Rp 220 miliar lebih. Anggaran senilau itu berasal dari Dana Alokasi Umum (DAU), Dana Insentif Daerah (DID), Bantuan Provinsi (Banprov), Dana Alokasi Khusus (DAK), dan dana tidak terduga.

Setelah ada wabah virus corona atau Covid-19, ada realokasi anggaran di semua OPD. Untuk anggaran DPUPR berkurang sekitar Rp 145 miliar. Anggaran yang tersedia untuk tahun ini tinggal sekitar Rp 75 miliar.

Paket Proyek Berkurang

Pengurangan anggaran untuk penanggulangan Covid-19 itu berimbas dengan berkurangnya paket pekerjaan perbaikan yang sudah direncanakan. Saat ini, hanya ada 17 paket pekerjaan perbaikan jalan yang dilelangkan dengan total anggaran sekitar Rp 9,4 miliar.

Di Vila Angker Jogja, Sosok Noni Belanda Kerap Terlihat

“Panjang perbaikan jalan dari 17 paket pekerjaan itu totalnya sekitar 3,1 kilometer. Saat ini, proses lelang untuk 17 paket pekerjaan itu sudah dimulai,” katanya, Kamis (21/5/2020).

Selain 17 paket pekerjaan perbaikan jalan itu, anggaran yang dimiliki Pemprov Grobogan akan dialokasikan untuk kegiatan lainnya. Proyek itu antara lain perawatan dan pemeliharaan jalan serta jembatan rutin, dan pembuatan talud jalan. Selain itu, anggaran juga disiapkan untuk penanganan bencana alam.

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Semarang Raya

Sumber: Murianews


Tulis Komentar Anda

Berita Terkini Lainnya






Kolom

Langganan Konten

Pasang Baliho