SOLOPOS.COM - Panduan Informasi dan Inspirasi

Sampah membludak di Alun-Alun Utara.

Harianjogja.com, JOGJA— Pasar Malam Perayaan Sekaten (PMPS) di Alun-alun Utara (Altar) Jogja menghasilkan ber ton-ton sampah pada akhir pekan. Pada Minggu (12/11/2017), Satuan Tugas (Satgas) Kebersihan dari Dinas Lingkungan Hidup (DLH) Kota Jogja mengangkut hingga sepuluh ton sampah.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

DLH Kota Jogja mengerahkan hingga 30 orang Satgas Kebersihan. Puluhan petugas berhasil mengumpulkan 10 ton sampah untuk selanjutnya dibuang ke Tempat Pembuangan Sementara yang berada di Kompleks Purawisata Jl Brigjen Katamso.

Kepada Bidang Pengelolaan Persampahan DLH Kota Jogja, Udi Santoso, mengatakan, sebanyak dua truk dikerahkan  mengangkut sampah sisa PMPS. “Dump Truck-nya gantian, kalau sudah penuh disusul dengan lainnya,” katanya Minggu (12/10/2017).

Tiap satu truk sampah mengangkut lima hingga enam ton sampah di dalamnya. Menurutnya jumlah itu adalah perkiraan minimal. Pasalnya pada musim hujan ini, sampah sekaten bisa semakin berat akibat basah terkerna hujan.

Udi menambahkan bahwa 10 ton sampah itu masih bisa saja bertambah, jika pemulung tidak ikut mengambil sampah. Menurutnya kehadiran pemulung turut membantu tugas Satgas Kebersihan. “Bedanya kami semua diangkut, kalau pemulung hanya yang memiliki nilai ekonomi,” ujarnya.

Sampah yang diangkut dari PMPS didominasi sampah plastik. Kebanyakan sampah jenis plastik itu berasal dari bekas makanan dan minuman pengunjung PMPS. “Itupun juga sudah dikurangi oleh pemulung yang mengambil sampah terlebih dahulu,” lanjut dia.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya