SOLOPOS.COM - Ilustrasi Tawur Kesanga (Foto Antara)

Ilustrasi Tawur Kesanga (Foto Antara)

DENPASAR- Umat Hindu Dharma di Bali, Kamis melaksanakan Tawur Sesanga, sehari menjelang perayaan hari suci Nyepi Tahun Baru Saka 1934 yang dilakukan secara berjenjang, mulai dari tingkat Provinsi, Kabupaten/kota hingga tingkatan rumah tangga.

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

“Kegiatan untuk tingkat Provinsi Bali dipusatkan di Pura Besakih, kemudian dilanjutkan pada tingkat Kabupaten/Kota, Kecamatan, Desa adat dan berakhir pada tingkatan rumah tangga,” kata Ketua Parisada Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Bali Dr I Gusti Ngurah Sudiana, Kamis (22/3/2012).

Ia mengatakan, kegiatan ritual yang dilakukan secara serentak di Pulau Dewata itu bertujuan untuk menyucikan alam semesta dan isinya serta meningkatkan hubungan dan keharmonisan antara sesama manusia, manusia dengan lingkungannya serta manusia dengan Tuhan (Tri Hita Karana).

Sesuai pedoman yang dikeluarkan majelis tertinggi umat Hindu kepada seluruh desa pekraman (adat), tawur kesanga yang diakhiri dengan mengadakan persembahyangan bersama itu dilakukan sesuai dengan tingkatan masing-masing.

Kegiatan tersebut berakhir pada “Ngerupuk” yang diwarnai dengan arak-arakan ogoh-ogoh (boneka ukuran besar) oleh anak-anak muda.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya