SOLOPOS.COM - Ilustrasi Upacara Melasti (Farid Syafrodhi/JIBI/SOLOPOS)

Ilustrasi Upacara Melasti (Farid Syafrodhi/JIBI/SOLOPOS)

KLATEN- Ribuan umat Hindu di Kabupaten Klaten rencananya akan menggelar upacara Melasti di Umbul Geneng, Desa Geneng, Kecamatan Kebonarum, Minggu (18/3). Upacara Melasti merupakan rangkaian upacara perayaan Nyepi.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Ketua penyelenggara Hari Raya Nyepi Tahun Saka 1934, Sunarto, mengatakan dalam upacara tersebut, sebelumnya umat hindu berkumpul di Pura Tirta Buwana. Selanjutnya mereka harus berjalan menuju Umbul Geneng.

Ekspedisi Mudik 2024

Lebih lanjut Sunarto mengatakan, dalam upacara Melasti di Umbul Geneng, rencananya akan dipimpin oleh Pedande Sebali Tianar dari Bali. Umat hindu juga diminta untuk membawa Jempana, yakni simbol bethara-bethari dari berbagai pura yang ada di Klaten, untuk disucikan.

“Melasti ini merupakan rangkaian upacara awal dari perayaan Nyepi Tahun Saka 1934 yang jatuh pada Jumat (22/3) mendatang,” ungkap Sunarto saat ditemui wartawan, Jumat (16/3/2012).

Penyelenggaraan Hari Raya Nyepi 2012 ini secara keseluruhan diatur oleh pengurus Parisade Hindu Dharma Indonesia (PHDI) Propinsi Jawa Tengah.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya