SOLOPOS.COM - PEMBAURAN -- Pembauran budaya Jawa-Tionghoa terlihat dalam perayaan Tahun Baru Imlek di rumah Joko Susanto, 47, warga Dusun Cantelan, Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Senin (23/1/2012), dengan penampilan jathilan. (JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik P)

PEMBAURAN -- Pembauran budaya Jawa-Tionghoa terlihat dalam perayaan Tahun Baru Imlek di rumah Joko Susanto, 47, warga Dusun Cantelan, Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Senin (23/1/2012), dengan penampilan jathilan. (JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik P)

Imlek biasanya identik dengan pertunjukan kesenian China seperti liong atau barongsai. Nah, di Klaten, kesenian khas Jawa seperti jathilan justru ikut tampil. Hal ini terlihat dalam perayaan Tahun Baru Imlek 2563 di rumah warga etnis Tionghoa bernama Joko Susanto, 47, warga Dusun Cantelan, Desa Belangwetan, Kecamatan Klaten Utara, Klaten, Senin (23/1.2012).

Promosi Mitsubishi XForce: Stylish untuk Wanita, Praktis buat Ibu Muda

Di sana ada panggung yang dipersiapkan pemilik rumah yang menyajikan atraksi jathilan yang dihadirkan tuan rumah untuk memeriahkan perayaan Tahun Baru Imlek. Warga pun berbondong-bondong memadati tempat itu untuk menyaksikan pertunjukan jathilan mulai siang hingga sore hari.

Dalam perayaan tersebut, tampak pembauran antara budaya asal negeri China dan Jawa. Meski rumah Joko dihias dengan berbagai ornamen lampion yang menunjukkan budaya Tionghoa, namun hiburan yang disuguhkan mencirikan budaya Jawa mulai dari pakaian hingga atraksi yang ditampilkan.

Warga dari luar Cantelan juga berdatangan memeriahkan acara tersebut. Salah satunya adalah Widodo, 53, warga Dusun Ngaran, Desa Mlese, Kecamatan Ceper, Klaten. Ia menyatakan sengaja membawa serta seluruh anggota keluarganya untuk melihat atraksi jathilan dalam perayaan Tahun Baru Imlek tersebut. ”Anak hingga cucu semua saya ajak ke sini. Saya baru saja datang. Tadi mendengar dari teman terus saya ke sini. Sangat meriah. Saya sangat terhibur,” tuturnya saat ditemui Espos.

Sementara itu, Joko menjelaskan acara tersebut diselenggarakan setiap tahun, tepatnya saat perayaan Tahun Baru Imlek. Keramaian selalu digelar di tempat yang sama, yakni di halaman rumahnya. “Melalui perayaan Tahun Baru Imlek bersama warga ini bisa tercipta kerukunan dan rasa kebersamaan antarwarga. Menghormati satu sama lain juga terpupuk melalui kegiatan ini,” tuturnya.

Dalam perayaan Tahun Baru Imlek tersebut tidak dimeriahkan dengan seni barongsai yang identik dengan budaya Tionghoa. Joko memilih mengundang kelompok seni jathilan yang merupakan seni tradisi yang sangat populer di kalangan orang Jawa. Dan Joko menunjukkan kehadiran seni jathilan memberi warna lain dalam perayaan Tahun Baru Imlek.

JIBI/SOLOPOS/Taufiq Sidik Prakoso

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya