SOLOPOS.COM - Polwan Ponorogo melakoni perayaan HUT RI dengan futsal sarung, Jumat (14/8/2015). (Julian Tondo Wisudo/JIBI/Madiunpos.com)

Perayaan HUT RI membuat meriah Kota Madiun.

Madiunpos.com, MADIUN — Warga Kota Madiun, Jawa Timur menggelar berbagai macam perlombaan menarik dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan 2015. Perayaan HUT RI itu digelar di hampir setiap rukun tetangga (RT).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Salah satunya adalah aneka perlombaan yang dilakukan di lingkungan RT 009/RW 003, Kelurahan Nambangan Kidul, Kecamatan Manguharjo, Kota Madiun. “Sejak pagi hingga malam, kegiatan untuk merayakan HUT RI sangat banyak. Mulai tadi pagi ada kegiatan jalan sehat, lalu perlombaan, dan malam tujuh belasan ini ada tirakatan,” ujar Ketua RT setempat, Suwandi, kepada wartawan, Minggu (16/8/2015).

Menurut dia, lomba untuk perayaan HUT RI selalu digelar setiap tahunnya. Selain sebagai tradisi, kegiatan menyambut Hari Kemerdekaan tersebut juga merupakan ungkapan syukur atas kemerdekaan yang telah dicapai oleh negeri ini.

Ekspedisi Mudik 2024

“Kami berharap dengan adanya kegiatan perlombaan dapat meningkatkan rasa syukur serta memupuk persatuan dan kesatuan bangsa,” kata dia sebagaimana dikutip Kantor Berita Antara, Minggu (16/8/2015).

Sejumlah perlombaan yang digelar warga itu di antaranya lomba kelereng, tarik tambang, pukul air, makan kerupuk, balap karung, dan masih banyak lainnya. Peserta lomba pun bervariasi, mulai dari anak-anak, remaja, ibu-ibu, hingga para bapak.

Sementara itu, untuk malam tirakatan, selain menggelar doa bersama, juga dilakukan penukaran berkat makanan yang dibawa oleh masing-masing kepala keluarga. “Tujuannya adalah bersyukur atas berkah kemerdekaan dan mohon lindungan Allah SWT agar lancar dalam menjalani kehidupan di era kemerdekaan saat ini,” terang Suwandi.

Salah seorang warga RT setempat, Sriono Aris, mengaku senang dengan tradisi perlombaan dan tirakatan. Selain untuk memaknai kemerdekaan RI, kegiatan perlombaan dan tirakatan juga merupakan acara silaturahim dan memupuk kebersamaan dengan warga satu RT.

“Biasanya kita sibuk sendiri-sendiri sehingga jarang bersosialisasi dengan tetangga. Dengan momentum Agustusan ini kebersamaan warga lebih kentara,” kata Aris.

Asisten Administrasi Pemerintahan Umum Pemerintah Kota Madiun, Agung Marsudi, menyambut positif berbagai versi kegiatan perayaan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia yang dilakukan warga Kota Madiun. “Perayaan HUT Kemerdekaan RI adalah milik semua rakyat. Tidak hanya pemerintah saja, namun semua kalangan masyarakat terpanggil untuk merayakannya,” kata Agung.

Ia berharap, selain menjadikan wujud rasa syukur atas kemerdekaan, bangsa Indonesia juga bisa memanfaatkan momentum perayaan HUT RI itu untuk meningkatkan kinerja, kemampuan, dan persatuan guna menghadapi tantangan masyarakat ekonomi ASEAN atau MEA.

 

KLIK dan LIKE di sini untuk lebih banyak berita Madiun Raya

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya