SOLOPOS.COM - Ilustrasi kereta api (JIBI/Bisnis/dok.)

Perayaan HUT RI dibarengi dengan penambahan jadwal kereta.

Solopos.com, SOLO — PT Kereta Api Indonesia (KAI) Daerah Operasional (Daops) VI/Yogyakarta menambah perjalanan kereta api rute Solo-Yogyakarta-Jakarta (Stasiun Gambir) pada libur panjang saat perayaan Hari Ulang Tahun (HUT) Republik Indonesia (RI).

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Rangkaian KA yang ditambah adalah KA eksekutif, KA Argo Lawu dan KA Argo Dwipangga. Corporate Communications Manager PT KAI Daops VI, Gatut Sutiyatmoko, mengatakan penambahan jadwal rute ini dilakukan pada 14, 16, 17, dan 18 Agustus. Hal ini dilakukan untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. KA eksekutif memiliki peminat paling banyak. Tiket KA eksekutif reguler pada tanggal-tanggal libur panjang perayaan HUT RI telah banyak terjual bahkan ada yang habis, yakni pada Senin (17/8/2015).

“KA Argo Lawu fakultatif akan dijalankan pada Jumat [14/8/2015] sedangkan KA Argo Dwipangga fakultatif dioperasikan pada 16-18 Agustus 2015 [Minggu-Selasa]. Awalnya hanya dioperasikan hingga 17 Agustus tapi ternyata tiket pada 18 Agustus [Selasa] sudah mulai menipis sehingga ada kebijakan diperpanjang sehari,” ungkap Gatut saat dihubungi Solopos.com, Rabu (12/8/2015).

Ekspedisi Mudik 2024

Dia mengatakan tiket yang dijual untuk KA Argo Lawu senilai Rp285.000-Rp380.000 dengan jadwal keberangkatan dari Solo pada pukul 09.15 WIB, singgah di Jogja pada 10.12 WIB dan tiba di Stasiun Gambir pada 18.27 WIB. Harga tiket KA Argo Dwipangga sama dengan KA Argo Lawu tapi dijadwalkan berangkat pada 21.30 WIB dari Solo, singgah di Jogja pukul 22.30 WIB dan tiba di Jakarta pada 05.51 WIB.

Keberangkatan Malam
Dia menerangkan pada Sabtu (15/8/2015), tidak ada penambahan perjalanan kereta karena pada hari itu tiket yang terjual masih sangat minim, yakni di bawah 50%. Oleh karena itu, dinilai tidak diperlukan adanya kereta tambahan.

KA Argo Dwipangga yang dioperasikan berbeda karena pada Minggu-Selasa permintaan paling banyak adalah untuk keberangkatan malam. Dia mengatakan calon penumpang juga bisa memanfaatkan KA Taksaka Malam, KA Senja Yogyakarta, KA Senja Utama, KA Fajar Utama Yogyakarta, KA Bogowonto, dan KA Gajahwong untuk menuju ke Jakarta.

Tiket KA tujuan Bandung, Malang, dan Surabaya pada Jumat-Selasa masih tersedia sehingga tidak ada penambahan jadwal perjalanan. Kereta yang melayani rute tersebut di antaranya adalah Mutiara Selatan, Lodaya Pagi, Argo Wilis, dan Malabar, Sancaka, Bima, Turangga, dan Malioboro Ekspres.

Gatut mengimbau masyarakat untuk segera menjadwalkan perjalanan dan memesan tiket mengingat permintaan tinggi pada libur panjang kali ini. calon penumpang bisa memanfaatkan external channel maupun membeli secara online.

 

 

 

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya