SOLOPOS.COM - Ilustrasi pengguna kostum makhluk halus (Okezone.com)

Perayaan HUT RI di Pasuruan, Jawa Timur (Jatim) diwarnai dengan upacara yang diikuti “makhluk halus”.

Madiunpos.com, PASURUAN — Penampakan pocong, kuntilakan dan tuyul muncul saat upacara peringatan HUT ke-70 RI di Kabupaten Pasuruan, Jawa Timur (Jatim), Senin (17/8/2015) pagi. Jumlah penampakan pocong, kuntilakan dan tuyul pada perayaan HUT RI itu tidak sedikit, mencapai ratusan.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Namun, pocong, kuntilakan dan tuyul yang menampakkan diri saat perayaan HUT RI di halaman penggilangan padi di Dusun Ngayunan, Desa Kedungringin, Kecamatan Beji, Pasuruan, itu bukanlah benar-benar makhluk halus. Penampakan tersebut adalah para petani yang mengenakan kostum makhluk halus.

Ekspedisi Mudik 2024

Seperti diberitakan Okezone.com, Senin (17/8/2015), aksi petani menggunakan kostum makhluk halus saat mengikuti upacara perayaan HUR RI merupakan bentuk keprihatinan terkait gagalnya pemerintah untuk mengatasi perekonomian yang melemah. Meski peserta menggunakan kostum menyeramkan, proses upacara detik-detik proklamasi diikuti masyarakat dengan khidmat.

Berdasarkan pantaunan Okezone.com di lokasi, upacara peringatan HUT RI diawali dengan ritual doa dan meletakkan sesajen bunga tujuh rupa oleh para “makhluk halus”. Selain upacara, para petani juga memeriahkan perayaan HUT RI dengan menyalakan petasan.

Prosesi perayaan HUT RI tidak biasa juga terjadi di Sidoarjo, Jatim. Kantor Berita Antara memberitakan siswa Madrasah Aliyah (MA) Kholid bin Walid, Porong, Sidoarjo, menggelar upacara peringatan Hari kemerdekaan di dalam kolam penampungan lumpur, tepatnya di titik 42 lumpur Lapindo, Sidoarjo.

Kepala Sekolah (Kasek) MA Kholid bin Walid, Ali Masad, mengatakan selain unruk memperingatu HUT ke-70 RI, upacara di dalam kolam penampungan lumpur sebagai cara untuk mengenang sekolah MA Kholid bin Walid yang telah hilang tenggelam di dalam luapan lumpur.

 

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya