SOLOPOS.COM - Presiden Joko Widodo alias Jokowi (JIBI/Solopos/Antara/Irfan Anshori)

Perayaan HUT RI ditandai dengan penyerahkan penghargaan kepada para tokoh yang berjasa untuk negara.

Solopos.com, JAKARTA — Sebanyak 45 orang menerima penghargaan dari Presiden Joko Widodo (Jokowi). Mereka dianggap berjasa dan bermanfaat dalam pengembangan berbagai sektor di dalam negeri.

Promosi Jalur Mudik Pantura Jawa Makin Adem Berkat Trembesi

Berdasarkan Keputusan Presiden No. 83/TK/2015, Presiden Jokowi memberikan penghargaan Bintang Mahaputera Adipradana kepada empat orang, dan Bintang Mahaputera Utama kepada 18 orang lainnya.

Ekspedisi Mudik 2024

Bintang Mahaputera diberikan kepada orang yang dianggap berjasa luar biasa di berbagai bidang. Penghargaan tersebut juga diberikan kepada orang yang jasanya diakui secara luas di tingkat nasional hingga internasional.

Adapun yang memperoleh Bintang Mahaputera Adipradana adalah mantan Ketua Mahkamah Konstitusi Hamdan Zoelva, mantan Panglima TNI Jenderal TNI (Purn) Moeldoko, mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Sutanto, dan mantan Kapolri Jenderal Pol (Purn) Bimantoro.

Dalam kesempatan itu, Presiden juga mengeluarkan Keppres No. 84/TK/2015 yang menganugerahkan tanda kehormatan bintang jasa kepada 14 orang yang dianggap besar dalam peristiwa tertentu.

Heri Listyawati Burhan, istri Duta Besar Indonesia untuk Pakistan yang meninggal dunia saat kecelakaan helikopter di Pakistan beberapa waktu lalu pun mendapatkan Bintang Jasa Pratama. Sedangkan Burhan Muhammad, Duta Besar Indonesia untuk Pakistan yang juga meninggal beberapa saat setelah insiden tersebut mendapatkan Bintang Jasa Utama.

Presiden juga menganugerahkan tanda kehormatan Bintang Penegak Demokrasi Utama kepada Husni Kamil Manik yang saat ini menjadi Ketua Komisi Pemilihan Umum, dan Kepala Badan Pengawas Pemilihan Umum Muhammad. Tanda kehormatan tersebut diberikan berdasarkan Keppres No. 85/TK/2015.

Terakhir, Presiden mengeluarkan Keppres No. 86/TK/2015 yang berisi pemberian tanda kehormatan bintang budaya parama dharma kepada delapan orang.

Pemberian tanda kehormatan tersebut merupakan rangkaian dari peringatan kemerdekaan ke-70 Republik Indonesia pada 17 Agustus 2015.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya