SOLOPOS.COM - Ilustrasi Covid-19 atau virus corona (Freepik)

Solopos.com, WONOGIRI - Satu pasien positif Covid-19 di Kecamatan Grogol, Kabupaten Sukoharjo, merupakan warga Wonogiri.

Bupati Wonogiri, sekaligus Ketua Gugus Tugas Percepatan Covid-19 Wonogiri, Joko Sutopo (Jekek), mengatakan pasien positif laki-laki berinisial A tersebut merupakan seorang perawat. Saat ini ia menjalani isolasi atau perawatan di RSUD dr. Moewardi Solo.

Promosi Selamat! Direktur Utama Pegadaian Raih Penghargaan Best 50 CEO 2024

"Pasien tersebut berdomisili di Grogol. Anggota keluarganya juga tinggal di sana. Tetapi alamat berdasarkan Nomer Induk KTP masih berstatus sebagai warga Wonogiri," kata dia kepada wartawan di pendapa Wonogiri, Rabu (29/4/2020).

Ekspedisi Mudik 2024

Cerita Perantau Dikarantina Di Grha Wisata Solo: Sing Jelas Diopeni, Makan Sehari Bisa 4 Kali

Ia mengatakan, pasien tersebut sudah lama tidak pulang kampung ke Wonogiri. Maka petugas kesehatan dan tim gugus tugas Wonigiri tidak melakukan proses tracing. Hal itu menjadi wewenang gugus tugas tempat ia tinggal. Meskipun demikian, pasien tersebut dimasukkan dalam daftar warga terkonfirmasi positif Covid-19 Wonogiri.

Ia mengatakan, Nomor Induk KTP tidak bisa menjadi kepastian bahwa suatu daerah sedang merawat pasien Covid-19. Banyak penduduk Wonogiri yang meratau ke luar daerah.

Gaji Pegawai Bank Indonesia Mei-Oktober 2020 Dipotong untuk Covid-19, Dapat Berapa?

Bisa jadi orang yang dinyatakan positif di Papua, Jakarta dan daerah lain alamat di KTP-nya masih tertulis Wonogiri. Kasus seperti ini sudah terjadi kali kedua. Kejadian pertama pasien positif Covid-19 yang tinggal di Semarang.

"Meskipun yang bersangkutan tidak tinggal di Wonogiri, kami berharap masyarakat tetap waspada. Jangan sampai lengah kemudian tidak menjalankan protokol kesehatan," terang dia.

Data Kumulatif

Hingga Rabu, jumlah pasien positif virus corona atau Covid-19 di Kabupaten Wonogiri berjumlah 10 orang. Perinciannya adalah satu orang meninggal, satu orang sembuh, dan delapan orang masih dirawat.

10 Berita Terpopuler: Bidan Sragen Positif Covid-19 hingga Ibu Kos Usir Perawat Dilaporkan ke Polisi

Sebanyak lima orang dirawat di RSUD Wonogiri, satu orang dirawat di RS. Kariadi Semarang, dan dua orang dirawat di RS. Moewardi Solo. Jumlah PDP mencapai 44 orang, satu orang meninggal, 34 orang sembuh, dan sembilan orang dirawat. Adapun jumlah ODP sebanyak 577 orang, 368 orang selesai pemantauan.

Cek Berita dan Artikel yang lain di Google News
Simak berbagai berita pilihan dan terkini dari Solopos.com di Saluran WhatsApp dengan klik Soloposcom dan Grup Telegram "Solopos.com Berita Terkini" Klik link ini.
Solopos Stories
Honda Motor Jateng
Honda Motor Jateng
Rekomendasi
Berita Lainnya